Laptop  

Cara Mengatasi Laptop Not Responding dengan Mudah

Cara Mengatasi Laptop Not Responding
pexels.com

Cara mengatasi laptop not responding cukup beragam dan sebenarnya cukup mudah. Not responding tentu menjadi masalah yang sudah tidak asing bagi banyak pengguna laptop. Sebab masalah ini cukup sering terjadi dan bisa muncul tiba-tiba. Baik saat internetan maupun saat menjalankan berbagai jenis aplikasi.

Not responding tentu sangat mengganggu dan juga menyebalkan sehingga membuat para pengguna kesal bahkan emosi. Sebab ketika masalah ini muncul maka laptop tidak akan bisa digunakan. Para pengguna harus menunggu selama beberapa waktu hingga masalah not responding ini selesai dan juga hilang.

Jika hanya terjadi sekali, mungkin masalah laptop not responding tidak terlalu mengganggu. Namun berbeda jika masalah ini muncul terus menerus setiap hari bahkan setiap beberapa menit atau jam sekali. Masalah ini akan sangat mengganggu kegiatan pengguna laptop baik saat bekerja, belajar, mengerjakan tugas, dan lainnya.

Cara Mengatasi Laptop Not Responding Tutup Tab Browser hingga Pindai Virus

Laptop not responding tentu tidak bisa kita biarkan berlama-lama. Masalah ini harus segera diatasi agar tidak muncul kembali dan menyebabkan terganggunya pengguna laptop. Untuk mengatasi masalah ini pun cukup mudah dan bisa kita coba sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke tempat service.

Sebelum mengatasi masalah not responding ini tentu kita juga harus mengetahui apa saja penyebab dari masalah ini. Penyebabnya juga cukup beragam. Mulai dari terlalu banyak membuka tab ketika menggunakan Chrome atau Mozilla Firefox, membuka banyak aplikasi bersamaan, RAM kecil, terserang virus, dan lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi laptop not responding karena berbagai penyebab di atas? Berikut beberapa caranya:

Tutup Tab Browser

Jika Not Responding muncul saat sedang browsing di Chrome atau Mozilla Firefox dan membuka banyak tab sekaligus, maka pengguna bisa menutup tab browser yang terbuka dan tidak diperlukan lagi. Pastikan hanya membuka tab yang memang perlu untuk mencegah masalah not responding muncul kembali.

Tutup Aplikasi

Ketika masalah ini muncul saat membuka suatu aplikasi maka cara mengatasinya bisa dengan menutup aplikasi tersebut. Caranya yaitu dengan menekan tombol CTRL + Alt + Del secara bersamaan pada keyboard laptop. Lalu akan muncul jendela Task Manager dan klik End Task untuk menutup aplikasi tersebut.

Restart Laptop

Cara lainnya yaitu dengan merestart laptop. Restart memang menjadi cara mengatasi berbagai masalah termasuk cara mengatasi laptop not responding. Ketika not responding sudah hilang maka pengguna bisa mencoba untuk merestart laptop seperti biasa. Setelah selesai restart maka laptop bisa terhindar dari masalah ini lagi.

Tambah Kapasitas RAM

RAM yang kapasitasnya terlalu kecil tentu tidak bisa menjalankan banyak program secara bersamaan. Bahkan karena kapasitas RAM yang kecil, laptop tidak bisa menjalankan berbagai aplikasi yang berat. Hal tersebut juga bisa menyebabkan munculnya masalah not responding atau laptop ngelag. Solusinya yaitu dengan menambah kapasitas RAM agar lebih besar.

Pindai Virus

Virus yang menyerang laptop memang bisa menyebabkan berbagai masalah yang berbahaya dan merugikan, termasuk membuatnya sering not responding. Untuk mengatasinya maka pengguna bisa memindai virus menggunakan aplikasi antivirus yang terinstal. Jangan lupa pula untuk memperbarui antivirus tersebut agar bisa bekerja maksimal.

Cara mengatasi laptop not responding ini tentunya cukup mudah dan sangat simpel. Baik menutup tab browser, menutup aplikasi, restart laptop, menambah RAm, maupun memindai virus semuanya bisa kita coba sendiri di rumah. Dengan begitu maka masalah not responding bisa terselesaikan dan laptop kembali nyaman dan optimal.