Laptop  

6 Cara Mengatasi Laptop Ngelag Paling Efektif dan Tidak Ribet

6 Cara Mengatasi Laptop Ngelag Paling Efektif dan Tidak Ribet (pixels.com)
Ilustrasi Gambar (pixels.com)

Ada beberapa cara mengatasi laptop ngelag yang terbilang cukup mudah untuk dilakukan secara mandiri. Sehingga jika mengalami kondisi tersebut, kamu jangan langsung panik, melainkan mencari solusi terbaik untuk mengatasinya. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi laptop menjadi lemot atau ngelag tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag Dengan Mudah

Semakin lama digunakan, maka performa laptop juga akan semakin menurun. Biasanya masalah yang paling umum terjadi yaitu laptop menjadi sering ngelag dan lemot. Kondisi tersebut sebenarnya menjadi hal yang wajar, terlebih lagi jika kamu kurang melakukan perawatan. Selain itu, laptop menjadi sering ngelag juga dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang serta penyimpanan penuh. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa diterapkan seperti berikut ini.

1. Tutup Aplikasi yang Berjalan

Jika kamu mengalami kondisi laptop yang tiba-tiba ngelag, otomatis kursor akan menjadi tidak bergerak. Dengan begitu kamu akan sulit mengendalikan laptop. Untuk itu, ada cara yang bisa dilakukan dalam menangani hal tersebut, yakni menutup aplikasi yang berjalan menggunakan keyboard. Nah, berikut ini langkah-langkah melakukannya.

a. Pertama-tama, silahkan tekan CTRL + Alt + Del secara bersamaan.

b. Apabila sudah, tunggu hingga muncul jendela notifikasi “Close Program atau “Task Manager”.

c. Setelah muncul, silahkan pilih opsi “End Task” untuk menutup aplikasi yang not responding.

d. Setelah laptop kembali normal, kamu dapat mencoba membuka lagi aplikasi tersebut.

2. Lakukan Restart

Cara mengatasi laptop ngelag berikutnya yaitu dengan merestartnya. Biasanya metode ini kerap dilakukan banyak orang untuk mengatasi bermacam-macam masalah pada laptop, termasuk ketika dalam kondisi ngelag atau lemot. Namun, perlu kamu ketahui, metode ini bisa saja menghapus data atau progres terakhir kali sebelum laptop ngelag. Jika data data tersebut tidak terlalu penting, maka kamu bisa menggunakan metode ini.

3. Gunakan Antivirus

Penumpukan virus juga menjadi salah satu pemicu laptop menjadi sering ngelag. selain itu, performa laptop juga akan menurun apabila membiarkan virus atau malware semakin menumpuk. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu menginstall aplikasi Antivirus. Pastikan ketika ingin menginstall aplikasi tersebut carilah yang sudah resmi. Dengan rajin membersihkan virus-virus tersebut, tentunya juga akan membantu mengatasi lag pada laptop.

4. Update Sistem Operasi

Mengupdate sistem operasi yang digunakan juga menjadi salah satu cara mengatasi laptop ngelag yang terbilang efektif. Hal tersebut dikarenakan sistem operasi akan berubah ke versi baru serta juga melakukan perbaikan dari versi sebelumnya. Untuk caranya juga cukup mudah, yakni sebagai berikut ini.

a. Pertama-tama, silahkan klik “Start” yang berada di pojok kiri bawah.

b. Apabila sudah, pilih menu “Settings”, lalu pilih opsi “Update dan Security”.

c. Langkah selanjutnya, pilih opsi “Windows Update” dan pilih opsi “Check for Update” untuk melihat versi terbaru sistem operasi yang tersedia.

d. Dan yang terakhir, klik “Install Now”, untuk memperbarui sistem operasi pada laptop tersebut.

5. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting

Terlalu banyak menginstall aplikasi, tentunya juga akan membebani penyimpanan pada laptop. Hal tersebut juga akan menimbulkan masalah, yakni performa sistem menjadi lama membaca hard disk. Efek panjangnya, bisa saja membuat laptop menjadi sering ngelag dan lemot. Maka dari itu, kamu perlu menginstall aplikasi yang tidak terlalu atau jarang kamu pakai. Dengan begitu, penyimpanan laptop kamu akan sedikit longgar lagi.

6. Batasi Membuka Banyak Program

Ketika menggunakan laptop, usahakan jangan terlalu banyak membuka program atau aplikasi secara bersamaan. Biasanya laptop yang ngelag juga disebabkan karena program yang terlalu banyak dan berjalan secara bersamaan. Hal tersebut juga akan menambah beban kinerja laptop.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi laptop ngelag yang bisa kamu terapkan secara mandiri. Bagaimana, sangat mudah bukan? Dengan begitu, kamu tidak perlu terburu-buru untuk datang ke tempat service.