Laptop  

Cara Sleep Laptop dan Menghidupkannya dengan Mudah

Cara Sleep Laptop
unsplash.com

Cara sleep laptop sebenarnya cukup mudah dan juga simpel sehingga bisa diterapkan kapan saja. Sleep sendiri merupakan mode ketika laptop terlihat mati dengan layar gelap namun sebenarnya tidak benar-benar mati atau laptop berada dalam kondisi siaga. Mode sleep ini berguna untuk menghemat daya baterai saat laptop tidak digunakan.

Sleep berbeda dengan shut down. Sebab ketika shutdown maka laptop akan benar-benar mati dan sebelumnya pun pengguna harus menutup berbagai program atau aplikasi yang terbuka terlebih dahulu. Sedangkan sleep tidak akan membuat laptop benar-benar mati dan tidak perlu menutup berbagai program atau aplikasi yang terbuka.

Ketika menghidupkan laptop dari mode sleep maka pengguna bisa langsung melihat aplikasi yang sebelumnya masih terbuka. Sehingga pengguna bisa langsung melanjutkan pekerjaan atau kegiatan tanpa harus membuka aplikasi dari awal. Karena itu, sleep bisa menjadi pilihan daripada shutdown ketika pengguna ingin meninggalkan laptop sebentar.

Cara Sleep Laptop dengan Mudah

Laptop bisa sleep otomatis ketika tidak ada aktivitas selama beberapa waktu. Selain itu, ada pula beberapa metode untuk sleep laptop dengan mudah. Berikut beberapa caranya:

1. Sleep Lewat Tombol Windows

Cara pertama ini sangat mudah dan cepat karena mirip ketika hendal shutdown laptop melalui tombol Windows. Pengguna cukup menekan tombol Windows pada keyboard atau klik logo Windows pada ujung kiri layar laptop. Kemudian klik tombol power hingga muncul beberapa pilihan. Klik menu “Sleep” untuk sleep laptop.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol ALT + F4

Jika ingin sleep laptop sekaligus menutup berbagai aplikasi atau program yang terbuka, maka bisa menggunakan kombinasi tombol ALT dan F4 pada keyboard laptop. Kombinasi tombol satu ini memang terkenal berguna untuk menutup berbagai program dengan mudah. Kombinasi tersebut juga bisa menampilkan menu power.

Cara sleep laptop menggunakan kombinasi tombol ini maka pengguna cukup menekan tombol ALT  dan F4 secara bersamaan pada keyboard laptop. Setelah semua program yang terbuka sudah tertutup maka klik ALT dan F4 sekali lagi untuk menampilkan menu Power. Setelah itu pengguna bisa memilih sleep untuk membuat laptop sleep.

3. Menggunakan Kombinasi Tombol Windows + Tombol Huruf X

Selain menggunakan tombol ALT dan F4, bisa juga dengan menggunakan kombinasi tombol Windows dan X. Pengguna cukup menekan dan tahan tombol Windows lalu tekan tombol X. Kemudian arahkan kursor pada pilihan “Shut down or Sign out” hingga muncul menu Restart, Shutdown, Sleep, dan Sign out. Pilih Sleep dan selesai.

Cara Menghidupkannya

Menghidupkan laptop sleep cukup mudah dan simpel, berikut adalah caranya:

1. Sentuh Touchpad atau Gerakkan Mouse

Ketika meninggalkan laptop sebentar dan laptop sudah masuk mode sleep maka untuk menghidupkannya pengguna bisa menyentuh touchpad dan mengusapnya ke sembarang arah. Jika pengguna menggunakan mouse maka bisa menggerakkan mouse dan nantinya laptop akan hidup kembali.

2. Menekan Tombol Keyboard

Cara menghidupkan laptop sleep selanjutnya yaitu dengan menekan tombol pada keyboard. Pengguna hanya perlu menekan tombol seperti enter atau spasi pada laptop. Setelah menekan tombol tersebut maka secara otomatis layar laptop yang mati akan kembali hidup.

3. Menekan Tombol Power

Cara lainnya yaitu dengan menekan tombol Power seperti menghidupkan laptop setelah shutdown. Pengguna bisa menerapkan cara ini ketika laptop tidak bisa menyala meskipun sudah menyentuh touchpad, menggerakkan mouse, maupun menekan keyboard laptop.

Cara sleep laptop dan menghidupkannya kembali tentu sangat mudah dan menguntungkan karena bisa menghemat daya. Pengguna bisa memanfaatkan mode ini ketika hendak meninggalkan laptop sebentar.