Aplikasi Adalah Software yang Memiliki Beberapa Fungsi

Aplikasi Adalah
freepik.com

Dalam sebuah ilmu komputer, aplikasi adalah sebuah software (perangkat lunak) atau program komputer yang melakukan operasi terhadap sistem tertentu yang tercipta dan dikembangkan guna melakukan sebuah perintah.

Perlu Anda ketahui, istilah aplikasi berasal dari bahasa Inggris “application” yang bisa berarti menjadi penggunaan atau penerapan. Kemudian secara harfiahnya, aplikasi yaitu suatu penerapan software atau perangkat lunak yang dikembangkan dengan tujuan melakukan tugas-tugas tertentu.

Pada umumnya, sebuah aplikasi bisa berjalan dalam berbagai perangkat yang OS operasikan yang terdapat pada perangkat tersebut. Agar mengetahui lebih jelasnya, maka Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Pengertian Aplikasi Adalah Sebagai Berikut Menurut Para Ahli

Supaya lebih memahami pengertian sebuah aplikasi, maka Anda bisa mengacu pada sejumlah pendapat para ahli. Antara lainnya seperti di bawah ini.

Hengky W.Pramana

Pengertian aplikasi menurut Hengky W. Pramana yaitu sebuah software atau perangkat lunak yang pembuatannya khusus gua memenuhi keperluan berbagai kegiatan serta pekerjaan. Misalnya saja dalam pelayanan masyarakat, kegiatan niaga, periklanan, game, dan masih banyak aktivitas yang lainnya.

Harip Santoso

Kemudian pengertian aplikasi menurut Harip Santoso yaitu sekelompok file berupa report, class, form yang pembuatannya untuk melakukan eksekusi aktivitas tertentu yang saling berkaitan. Contohnya aplikasi Fixed Asset serta aplikasi Payroll.

Sri Widianti

Berikutnya pengertian aplikasi menurut Sri Widianti adalah sebuah software yang pembuatannya menjadi front end sebuah sistem yang digunakan dalam mengolah data sehingga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk para penggunanya.

Rachmad Hakim S.

Menurut Rachmad Hakim S, aplikasi adalah sebuah perangkat lunak yang pembuatannya memiliki tujuan tertentu. Contohnya untuk permainan atau game, mengolah dokumen, dan lain sebagainya.

Ali Zaki & Smitdev Community

Pengertian berikutnya yaitu sebuah perangkat yang memiliki manfaat menjadi media dalam mengoperasikan pengolahan data atau aktivitas lainnya. Contohnya membuat serta mengelola file atau dokumen.

Beberapa Fungsi Aplikasi

Sama seperti penjelasan sebelumnya dalam pengertian aplikasi bahwa sebuah aplikasi akan memberikan kemudahan serta kenyamanan untuk penggunanya dalam berbagai bidang kehidupan. Adapun fungsi dari aplikasi sebagai berikut.

Bidang Pendidikan

Fungsi pertama dalam bidang pendidikan yang menjadi bahan pengajaran. Contohnya saja sebuah aplikasi yang bermanfaat dalam penyajian materi yang bisa dilengkapi dengan adanya animas-animasi supaya lebih menarik. Antara lainnya seperti Microsoft PowerPoint. Dengan begitu suasana pengajaran akan menjadi lebih nyaman serta bisa memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Bidang Kedokteran

Peran aplikasi juga bisa menjangkau untuk bidang kedokteran. Contohnya dengan adanya sebuah aplikasi maka bisa membantu dokter dalam melakukan diagnosa penyakit, meracik obat, dan memberikan tawaran perawatan secara rutin. Sekarang ini sudah banyak pengembangan aplikasi yang berhubungan dalam dunia kesehatan.

Bidang Bisnis

Dalam dunia bisnis, fungsi aplikasi adalah guna membantu dalam menghitung besarnya keuntungan yang didapatkan. Sebab dalam sejumlah hal jika dilakukan dengan manual bisa memerlukan waktu yang lama. Dengan begitu memerlukan suatu aplikasi.

Bidang Ilmu Pengetahuan

Dalam bidang ilmu pengetahuan, aplikasi bisa membantu untuk mendapatkan sebuah informasi yang berhubungan dengan pengetahuan. Banyak pengembangan aplikasi yang membantu melakukan penelitian tertentu mengenai ilmu pengetahuan. Bukan hanya, belakangan ini juga terdapat aplikasi yang bisa mempertemukan antara siswa yang akan berkonsultasi kepada pengajar, guru, atau ahlinya.

Bidang Militer

Perlu Anda ketahui, fungsi aplikasi adalah di bidang militer. Fungsi aplikasi pada bidang militer mempunyai tujuan guna melakukan pengontrolan pesawat. Dengan begitu tidak lagi dilakukan dengan manual, sehingga hasil yang didapat juga menjadi optimal daripada memakai cara manual.