Cetak Kartu NUPTK, Mudah Hanya Menggunakan Aplikasi

Cetak Kartu NUPTK
istockphoto.com

Cetak kartu NUPTK sebenarnya mudah tidak butuh waktu dan tenaga banyak. NUPTK atau sering disebut dengan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan identitas resmi bagi guru serta tengah kependidikan di tanah air.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap guru serta tenaga Kependidikan mempunyai NUPTK.

NUPTK sendiri digunakan sebagai pengganti Nomor Induk Siswa Nasional untuk para guru dan tenaga kependidikan. Walaupun NUPTK penting sekali, ternyata masih banyak guru dan tenaga kependidikan lain kesulitan mendapat NUPTK.

Beberapa tahun lalu, tenaga kependidikan dan guru harus mengajukan permohonan NUPTK manual ke Dinas Pendidikan setempat.

Hal itu menunggu beberapa waktu guna mendapatkan NUPTK. Akan tetapi, sekarang ini kemudahan sudah tersedia dengan adanya aplikasi membuat kartu NUPTK online.

Pengertian Aplikasi Cetak Kartu NUPTK Online

Aplikasi cetak kartu NUPTK online tersedia di website resmi Kemendikbud. Aplikasi ini memungkinkan guru dan tenaga kependidikan guna membuat  kartu NUPTK online tanpa harus mengajukan permohonan manual ke Dinas Pendidikan setempat.

Untuk proses pengajuan NUPTK manual pasti butuh waktu lama dan ribet. Akan tetapi, adanya aplikasi membuat kartu NUPTK online, proses pengajuan NUPTK lebih mudah, efisiensi, dan cepat. Jadi setiap guru, bisa mencatat kartu NUPTK melalui aplikasi ini.

Cara Penggunaan Aplikasi Cetak NUPTK Online

Untuk menggunakan aplikasi membuat kartu NUPTK sendiri, para guru dan tenaga kependidikan bisa kangsu mengunjungi situs resmi dari Kemendikbud dengan alamat website https://nspk.kemedikbud.go.id/. Setelah itu masuk saja ke website, pengguna nanti harus mengisi data pribadi seperti nama, NUPTK, serta tanggal lahir.

Setelah itu, aplikasi akan menghasilkan kartu NUPTK berformat PDF bisa Anda unduh dan cetak. Mudah sekali bukan? Jadi hanya beberapa langkah saja, guru dan tenaga kependidikan sudah bisa membuat kartu NUPTK secara online tanpa perlu mengajukan banyak permohonan manual ke Dinas Pendidikan Setempat.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Buat Kartu NUPTK

Aplikasi membuat kartu NUPTK sendiri banyak memberikan manfaat bisa dirasakan oleh guru dan tenaga kependidikan. Berikut beberapa manfaatnya:

Pengajuan Prosesnya Cepat

Manfaat pertama yakni proses pengajuan yang cepat. Guru-guru dan tenaga kependidikan lain tidak perlu lagi mengajukan permohonan manual ke Dinas Pendidikan yang membutuhkan banyak waktu. Hanya dengan mengisi data pribadi saja sudah bisa membuat kartu NUPTK.

Meningkatkan Efisiensi Biaya dan Waktu

Menggunakan aplikasi membuat kartu NUPTK, guru dan tenaga kependidikan bisa hemat waktu dan biaya guna mengajukan permohonan NUPTK secara manual Dinas Pendidikan setempat.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga bisa mengurangi biaya membuat kartu NUPTK. Sebab, kartu tersebut bisa dicetak sendiri oleh pengguna.

Mengurangi Kegagalan dalam Pengajuan

Ketika mengajukan permohonan NUPTK secara manual ke Dinas Pendidikan setempat, akan sering mendapatkan kegagalan dalam proses pengajuan.

Hal itu bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kesalahan dalam pengisian data serta kekurangan persyaratan. Akan tetapi, dengan menggunakan aplikasi cetak kartu tersebut.

Pengguna bisa memastikan bahwa data yang diisi sudah benar dan lengkap. Sehingga mengurangi risiko kegagalan pengajuan NUPTK.

Aplikasi cetak kartu NUPTK menjadi solusi cepat bagi guru dan tenaga kependidikan dalam mendapatkan kartu NUPTK. Adanya, aplikasi ini proses pengajuan lebih singkat. Jadi para guru dan tenaga kependidikan, harus memanfaatkan adanya aplikasi satu ini.