Pengertian Internet, Manfaat dan Dampaknya Bagi Manusia

Internet
pexels.com

Internet atau interconnection-networking merupakan jaringan komunikasi global yang memiliki peran penting. Jaringan komunikasi di dunia menghubungkan banyak media elektronik. Di Indonesia sendiri adanya jaringan ini sudah resmi ada sejak tahun 1994. Pertama kali diperkenalkan oleh para IT profesional dan menyebarluaskan ke masyarakat di Indonesia.

Setelah ditemukannya jaringan, terus mengalami perkembangan. bahkan hingga saat ini penggunaannya mengalami peningkatan di berbagai negara. Jaringan ini dapat mengirim secara cepat melalui frekuensi khusus. Agar lebih jelas berikut ulasan selengkapnya.

Pengertian Internet

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya jika jaringan komputer yang menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia melalui interconnection-networking. Jaringan ini memungkinkan kita berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja.

Secara bahasa berarti “jaringan yang saling berhubungan”. Bisa dibilang sebuah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Sehingga memungkinkan komputer untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi.

Sedangkan secara istilah memiliki artian sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia.

Manfaat

Internet memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik secara pribadi maupun profesional. Berikut adalah beberapa manfaatnya yaitu:

  • Memungkinkan kita untuk mengakses informasi dari berbagai sumber, baik lokal maupun global.
  • Dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif.
  • Jaringan ini juga dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.
  • Bahkan melalui jaringan ini kita dapat memanfaatkannya untuk berjualan, mempromosikan produk, dan melayani pelanggan.
  • Memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain dari berbagai belahan dunia.
  • Jaringan tersebut juga menyediakan berbagai macam hiburan, mulai dari musik, film, hingga game.

Hal ini menandakan jika jaringan ini telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita. Bahkan telah mengubah cara kita hidup dan bekerja. Sehingga membuka peluang baru bagi kita untuk berkembang dan meraih kesuksesan

Fungsi Internet Secara Umum

Secara umum, fungsinya secara umum adalah untuk menghubungkan komputer dan jaringan komputer di seluruh dunia. Sehingga memungkinkan kita untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dari mana saja dan dengan siapa saja. Berikut adalah beberapa fungsinya secara umum:

  • Sebagai media untuk akses berita
  • Media bertukar sumber daya
  • Sebagai media komunikasi
  • Sebagai media untuk akses informasi

Dampak Positif dan Negatif

Sama seperti apa yang telah sering terjadi saat ini. Banyak kegiatan yang dilakukan dengan jaringan internet. Sayangnya selain kemudahan yang diberikan jaringan ini pun menawarkan dampak positif dan negatifnya. Adapun dampak yang ditimbulkan dari jaringan yang satu ini antara lain:

Dampak Positif

  1. Menciptakan banyak lapangan pekerjaan dan peluang usaha yang baru
  2. Mempererat relasi dan juga pertemanan melalui media sosial
  3. Membantu menggerakkan roda bisnis dan juga ekonomi melalui e-commerce
  4. Memudahkan proses pekerjaan manusia
  5. Mempercepat dan memudahkan arus informasi dan data

Dampak Negatif

  1. Adanya potensi kecanduan internet
  2. Penggunaan waktu yang tidak produktif
  3. Potensi tindak kejahatan melalui internet / cyber crime, seperti penipuan
  4. Adanya konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi anak di bawah umur
  5. Maraknya aksi cyber bullying.

Mengingat kemajuan dunia teknologi yang berkembang pesat, membuat banyak hal ikut berubah. Salah satu yang memiliki peran penting yaitu jaringan internet. Selain kaya dengan manfaat dan fungsi, namun pastikan Anda bisa menggunakannya secara tepat dan bijak. Sebab jaringan ini juga menawarkan berbagai dampak baik negatif dan positif bagi masyarakat.