Tekno  

Pengertian TIK Menurut Para Ahli serta Manfaatnya Bagi Manusia

Pengertian TIK
mygreatlearning.com

Pengertian TIK adalah singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dalam hal itu, TIK merupakan seluruh teknologi yang berhubungan dengan informasi serta komunikasi. Pasalnya teknologi yang semakin berkembang dalam berbagai bidang kehidupan manusia tidak luput dari TIK. Mulai dari bidang bisnis, ekonomi, pendidikan, politik, hukum, dan lain sebagainya.

Pengertian TIK Menurut Para Ahli

Secara terminologi, TIK merupakan sebuah proses yang melibatkan pengiriman serta penerimaan informasi dalam menyampaikan informasi melalui pengolahan data dengan memakai simbol tertentu.

Adapun menurut pendapat lain menyebutkan arti TIK yaitu hasil rekayasa manusia saat melakukan proses menyampaikan informasi serta pesan 9 (ide, gagasan) dari satu pihak terhadap pihak lainnya secara cepat, lebih luas sebarannya, serta lebih lama dalam penyimpanannya.

Kata lainnya, TIK Adalah semua teknologi yang berhubungan dengan peralatan teknis guna memproses serta menyalurkan sebuah informasi. Supaya lebih paham mengenai arti TIK. Maka Anda bisa mengacu terhadap pendapat dari para ahli. Antara lainnya sebagai berikut.

Eric Deeson

TIK menurut Eric Deeson yaitu keperluan manusia dalam melaksanakan proses mengambil serta memindahkan, mengolah, serta memproses sebuah informasi yang konteksnya sosial. Sehingga bisa menguntungkan diri sendiri serta masyarakat secara menyeluruh.

Willian E. Sawyer

Pengertian TIK menurut William E. Sawyer adalah sebuah struktur yang berasal dari teknologi. Melakukan kombinasi antara perangkat keras (komputer) dengan jaringan komunikasi yang kekuatannya tinggi guna membawa file, data, video, maupun audio. Biasanya jaringan tersebut dikenal dengan internet.

Anatta Sannai

Definisi TIK menurut Anatta Sannai yaitu sebuah alat yang dipakai oleh manusia guna memperoleh informasi atau pengetahuan dari orang lain.

Puskur Diknas Indonesia

TIK menurut Puskur Diknas Indonesia merupakan sebuah rangkaian sistem yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya yang mana didalamnya ada kegiatan proses, kelola, manipulasi, serta transfer data atau informasi dari sebuah media ke media yang lainnya.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Dalam KBBI tidak memberikan penjelasan mengenai TIK dalam bidang teknologi serta informasi, namun lebih ke pengertian teknologi informasi. Pengertian teknologi informasi menurut KBBI yaitu pemakaian teknologi seperti komputer, elektronik, serta telekomunikasi guna mengolah serta melakukan distribusi informasi berupa digital.

Kemendikbud

Menurut Kemendikbud (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) TIK yaitu teknologi informasi serta komunikasi yang membuat semua teknologi bisa berkaitan dengan penanganan suatu informasi.

Manfaat Penggunaan TIK

Setelah membahas mengenai pengertian TIK, maka Anda perlu mengetahui apa saja manfaat TIK untuk manusia.

Sarana Komunikasi

Cara melakukan komunikasi antar manusia sudah mengalami perubahan dari masa ke masa. Jika zaman dulu cara berkomunikasi yang banyak dilakukan dengan surat. Namun sekarang ini sarana berkomunikasi sudah menggunakan email, ponsel, serta media sosial.

Mempermudah Proses Belajar

Apabila dulunya media informasi serta pembelajaran hanya berasal dari media cetak. Misalnya seperti majalah, surat kabar, buku. Namun sekarang ini media tersebut sudah tergantikan dengan adanya internet yang bisa mengakses informasi dikemas dalam website, ebook, video, dan bentuk informasi lainnya.

Media untuk Bertukar Informasi

Dengan adanya TIK, manusia mempunyai kemudahan dalam mendapatkan informasi. Baik melalui perangkat mobile atau komputer. Bukan hanya itu, pengguna internet juga bisa saling bertukar informasi satu dengan yang lainnya. Dengan begitu, masing-masing orang bisa menambah pengetahuan.

Menghemat Biaya

Sekarang ini TIK mengalami pertumbuhan yang cukup pesat, sejumlah informasi bisa Anda akses dengan gratis, serta bisa melakukan komunikasi dengan orang lain menjadi murah hanya dengan memanfaatkan internet serta perangkat mobile atau komputer.

Meningkatkan Produktivitas

Manfaat dan pengertian TIK dalam meningkatkan produktivitas memang sangat masyarakat rasakan secara umum. Untuk contohnya, para pekerja bisa mengirimkan hasil pekerjaan terhadap atasan atau kolega melalui email yang mana prosesnya lebih aman serta cepat.