Tekno  

Apa yang Dimaksud dengan Media Sosial Intip Cari Tahu Yuk

Apa yang Dimaksud dengan Media Sosial
unsplash.com

Apa yang dimaksud dengan media sosial? Media sosial dianggap sebagai sebuah fenomena di era digital saat ini.

Dalam dunia maya, pengguna dapat menjalin komunikasi, berhubungan, berbagi, menjaring hubungan, dan terlibat dalam berbagai kegiatan lainnya. Media sosial menjalankan fungsi-fungsi sosialnya melalui berbagai platform dan aplikasi.

Beberapa contoh populer meliputi YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan berbagai platform lainnya. Namun, apa sebenarnya pengertian media sosial?

Apa yang Dimaksud dengan Media Sosial Menurut Para Ahli

Bagi yang ingin memahami lebih mendalam apa itu media sosial, para ahli telah memberikan berbagai pengertian.

Dalam pandangan Philip Kotler dan Kevin Keller, mengatakan media sosial memiliki artian sebagai sarana bagi para konsumen untuk berbagi informasi teks, video atau gambar, dan audio antara sesama dan dengan perusahaan.

Marjorie Clayman menggambarkan media sosial sebagai alat pemasaran baru yang memungkinkan pemahaman lebih dalam terhadap pelanggan, suatu hal yang sebelumnya sulit dicapai.

Sedangkan menurut Chris Brogan, media sosial adalah seperangkat alat komunikasi sekaligus kolaborasi baru yang memungkinkan interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi masyarakat umum.

Sementara itu, M. Terry mendefinisikan media sosial sebagai media komunikasi di mana pengguna dapat berkolaborasi dalam mengisi konten, menggunakan teknologi penyiaran berbasis internet yang berbeda dari media tradisional.

Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein melihat media sosial sebagai kelompok aplikasi berbasis Internet yang membangun ideologi Web 2.0, memfasilitasi penciptaan dan pertukaran User Generated Content.

Michael Cross, dengan sudut pandang yang lebih luas, menyatakan bahwa media sosial mencakup berbagai teknologi yang mengikat orang dalam kolaborasi, pertukaran informasi, dan interaksi melalui pesan berbasis web.

Karakteristik Media Sosial

Karakteristik media sosial merupakan identitas pengenal. Melalui karakteristik-karakteristik tersebut, kita mudah mengenali apa yang dimaksud dengan media sosial.

Pertama, partisipasi pengguna adalah ciri umum, di mana semua media sosial mendorong pengguna untuk berpartisipasi dan memberikan umpan balik terhadap pesan atau konten. Keterbukaan juga menjadi karakteristik, di mana pengguna dapat dengan bebas memberikan komentar, melakukan voting, dan berbagi tanpa hambatan.

Adanya perbincangan tercermin dari kemampuan media sosial untuk memfasilitasi interaksi dan reaksi terhadap konten. Terakhir, keterhubungan diwujudkan melalui fasilitas tautan dan sumber informasi, memungkinkan pengguna terhubung satu sama lain dengan cepat.

Fungsi Media Sosial

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan media sosial dan karakteristiknya, penting untuk mengetahui fungsinya. Media sosial memiliki beberapa fungsi umum.

Fungsi tersebut meliputi:

  • Meningkatkan akses interaksi sosial manusia dengan menggunakan teknologi internet.
  • Menciptakan komunikasi dialogis antara banyak audiens.
  • Membentuk personal branding bagi individu dan perusahaan.
  • Selain itu, media sosial juga berperan sebagai media komunikasi yang menghubungkan pengusaha atau tokoh masyarakat dengan pengguna lainnya.

Tujuan Media Sosial

Tujuan penggunaan media sosial sangat bervariasi. Aktualisasi diri menjadi salah satu tujuan utama, di mana orang menggunakan media sosial untuk menunjukkan bakat dan keunikan mereka.

Selain itu, media sosial digunakan untuk membentuk komunitas online, menjalin hubungan pribadi, dan sebagai media pemasaran yang potensial bagi bisnis online.

Jenis-Jenis Media Sosial

Dalam era digital ini, kita bisa menemukan berbagai jenis media sosial di internet. Social networks seperti YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya adalah jenis yang paling umum dan banyak digunakan.

Komunitas online (forum), situs blog, dan social bookmark juga termasuk dalam kategori media sosial dengan fungsionalitas dan konten yang beragam. Semua jenis media sosial tersebut mencerminkan evolusi konstan dalam cara kita berinteraksi dan berbagi informasi dalam era digital ini.

Kini, kita bisa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan media sosial dalam artian sederhana. Bahwa media sosial bukan hanya sebatas sarana pergaulan sosial online, tetapi juga sebuah wahana untuk memperluas, membangun, dan memelihara koneksi antar individu.