Laptop  

Asus Vivobook Pro 14 OLED, Performa Tak Tertandingi

Asus Vivobook Pro
unsplash.com

Asus Vivobook Pro 14 OLED hadir dengan spesifikasi yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan produktivitas Anda sehari-hari dengan harga terjangkau. Perkembangan seri Vivobook dari Asus memang terbilang cukup inovatif. 

Untuk seri terbaru ini, Asus menawarkan perpaduan antara desain dan kinerja laptop yang bertenaga. Sehingga laptop ini dapat Anda gunakan untuk pekerjaan kantoran maupun kebutuhan pembuatan konten kreatif.

Kehebatan Asus Vivobook Pro 14 OLED Sebagai Daily Driver

Vivobook Pro 14 OLED ini menjadi bagian dari seri ASUS Creator Series. Yang mana pangsa pasarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan kreatif dan menyasar para konten kreator saat ini. Masuk dalam jenis laptop mainstream, tidak menjadikan laptop ini hadir dengan spesifikasi yang mainstream pula. 

Justru dengan harga yang relatif terjangkau, laptop ini sanggup menawarkan spek yang mumpuni. Seperti apa kehebatan dari Vivobook terbaru ini? Berikut adalah beberapa poin unggulan Vivobook Pro yang menarik untuk Anda simak.

Kombo Desain Elegan dan Build Quality yang Mempesona

Asus Vivobook Pro terbaru ini mengusung desain sederhana namun tetap memancarkan aura elegan yang stylish. Bukan tanpa alasan, desain ini bertujuan untuk memikat para generasi milenial dan Gen Z yang kreatif dengan mobilitas tinggi. Laptop ini memang ditujukan untuk Anda yang terbiasa dengan pekerjaan hybrid maupun work from anywhere. 

Sehingga membutuhkan laptop yang tidak hanya ringan, namun juga memiliki tampilan yang membuat Anda percaya diri. Terlebih, Asus menyediakan dua pilihan warna yang cocok untuk mengekspresikan persona diri Anda. Tersedia pilihan warna Solar Silver dan Cosmos Blue yang dua-duanya memiliki finishing premium.

Laptop yang Membuat Anda Betah Berlama-lama Menggunakannya

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktu bekerja di depan laptop, dengan Asus Vivobook Pro kini tidak perlu khawatir saat menggunakannya. Pasalnya, laptop Asus ini sudah menggunakan panel OLED generasi terbaru. Pasalnya, yang diklaim tidak hanya mampu menampilkan warna yang akurat saja. Melainkan sangat nyaman untuk Anda gunakan bekerja dalam waktu yang lama.

Masih mengenai hal kenyamanan penggunaan, layar OLED dari Asus ini juga memiliki resolusi 2,8K dengan rasio 16:10. Rasio yang luas ini juga didukung dengan adanya refresh rate 90 Hz serta tingkat kecerahan hingga 600 nits. 

Dengan refresh rate 90 Hz tentu menjadikan konten dan transisi animasi tampilan akan lebih smooth dan nyaman untuk Anda lihat. Sedangkan level brightness yang mencapai 600 nits memungkinkan tampilan laptop tetap jelas meskipun di luar ruangan sekalipun.

Tampilan Warna yang Akurat Bersertifikasi

Masih di bagian display, Asus Vivobook Pro terbaru ini mempunyai tingkat reproduksi warna tinggi. Panel Asus OLED ini memiliki color gamut hingga 100%, sehingga mampu menampilkan cakupan warna yang luas. Layar laptop ini juga telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display dan VESA Display HDR True Black.

Keunggulan berikutnya dari panel OLED display dari Asus ini adalah kemampuannya mereduksi cahaya biru hingga 70%. Kelebihan ini juga sudah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland berkat teknologi low blue light dan anti-flicker. Inovasi yang menjadikan mata tidak mudah sakit dan lelah ketika menatap layar laptop terlalu lama.

Keyboard dan Trackpad yang Nyaman Seperti Macbook

Hal kecil yang kadang tidak sering menjadi perhatian utama adalah kenyamanan keyboard dan touchpad pada sebuah laptop. Untungnya, Asus memperhatikan detail akan hal kecil tersebut. Mengingat Asus Vivobook Pro 14 ini dikhususkan untuk konten kreator, maka tidak heran jika keyboard menjadi poin yang diperhatikan.

Keyboard ErgoSense dari Asus ini terbukti begitu responsif dengan key travel sedalam 1,35mm. Sehingga mampu memberikan umpan balik yang sangat nyaman ketika tombol Anda tekan. Bahkan, kenyamanannya bisa dibilang selevel dengan keyboard milik Macbook.

Beralih pada bagian touchpad, pada komponen ini Asus memberikan touchpad yang lebih luas. Tujuannya untuk memberikan keleluasaan pengguna dalam pengoperasian laptop ini. Touchpad pada Vivobook terbaru ini juga sangat responsif dan presisi. Bahkan Anda tetap dapat menavigasi dengan cepat tanpa menggunakan mouse sekalipun.

Performa Kelas Atas yang Membuat Anda Lebih Produktif

Asus Vivobook Pro 14 inch ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja sebagai konten kreator video. Entah untuk membuat konten berkualitas maupun pekerjaan yang membutuhkan fleksibilitas dan kenyamanan.

Untuk menyokong kebutuhan editing konten yang berat, laptop ini menggunakan prosesor performa tinggi AMD Ryzen 5000 H-Series. Prosesor ini memiliki 8 core dengan 16 threads yang bertenaga. Chipset fabrikasi 7nm dari AMD ini berkolaborasi dengan AMD Radeon Graphics yang terintegrasi dengan CPU. Ditambah lagi dengan pilihan kapasitas RAM DDR4 8GB dan 16GB. Opsi ini memberikan keleluasaan Anda untuk menentukan peranti yang sesuai dengan kebutuhan editing Anda.

Berlanjut ke media penyimpanannya, Vivobook Pro 14 ini telah menggunakan storage terkini. Bukan lagi menggunakan hardisk, melainkan M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD dengan kapasitas 512GB. Bukan sekedar gimmick, media penyimpanan NVMe SSD memang menjadi media storage paling canggih saat ini. Teknologinya mampu memberikan kecepatan akses yang lebih tinggi daripada HDD maupun SSD biasa.

Alhasil, dengan 3 spek utama di atas menjadikan Asus Vivobook Pro 14 ini mampu menangani proses editing video dengan baik. Laptop ini dapat merender video 4K 60fps berdurasi 8 menit 24 detik hanya dalam waktu 22 menit saja.

Laptop Tetap Dingin Meski Dibuat Kerja Keras

Sebagai salah satu inovasi laptop kekinian, Vivobook Pro terbaru ini sudah mengadopsi sistem cooling yang lebih mutakhir. Memang tidak dapat Anda pungkiri, kondisi laptop yang panas tentu akan berpengaruh pada performanya yang cenderung menurun. Akibatnya laptop akan mengalami lag dan hang.

Asus memahami hal tersebut, sehingga menghadirkan teknologi thermal Asus IceCool Plus. Inovasi ini hadir di Asus Vivobook Pro 14 inch berupa sistem kipas ganda di bagian dalam laptop. Sistem fan cooling ini memiliki tiga mode profile yang bisa Anda pilih untuk menyesuaikan performa yang Anda butuhkan.

Battery Life yang Tidak Merepotkan Saat Kerja di Luar Ruangan

Kerja secara hybrid dan WFA tentu membutuhkan gadget dengan daya tahan baterai yang lama. Sebab, bekerja dengan laptop yang boros baterai akan sangat merepotkan dan menghambat produktivitas. Sebagai laptop mainstream yang memang khusus untuk pengguna mobile dan hybrid. 

Vivobook Pro memiliki baterai Lithium Ion 3-cell dengan kapasitas 50 WHrs. Kapasitas baterai ini mampu memasok power daya hingga mencapai 8 jam lebih pada pemakaian normal. Klaim ini tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan di luar ruangan tanpa terkendala baterai boros.

Menjadi Salah Satu Best Gadget Tapi Low Budget

Meski memiliki spek tinggi dan segudang fitur canggih, harga varian tertingginya bahkan tidak sampai menyentuh 13 juta rupiah. Vivobook dengan AMD Ryzen 7 5800H, RAM 16GB hanya dibandrol dengan harga 12,7 jutaan. Sedangkan varian di bawahnya menggunakan Ryzen 5 5600H dengan pilihan RAM 8 dan 16 GB. Masing-masing memiliki harga 11,3 dan 11,7 juta saja.

Itulah beberapa ulasan dari Asus Vivobook Pro 14 OLED yang terlalu worth it untuk Anda gunakan sebagai daily driver. Banyak aspek yang membuatnya sangat layak menyandang gelar sebagai laptop Asus antimainstream terbaik tahun ini. Kelebihannya bahkan tidak sebatas pada spek, namun harga yang terjangkau membuatnya begitu populer di pasar gadget saat ini.