Rekomendasi Aplikasi Musik Offline untuk Android

Aplikasi Musik Offline
unsplash.com

Aplikasi musik offline tentu dapat Anda akses dengan mudah tanpa memerlukan kuota internet. Ya, berkat kemajuan zaman dan berkembangnya teknologi menjadikan pengguna internet bisa dengan leluasa dalam mengakses beberapa keperluan, salah satunya aplikasi musik.

Aplikasi untuk hiburan ini tersedia banyak sekali, mulai dari Youtube Music, Spotify hingga Resso. Namun, demi menghemat biaya dan kuota internet, maka Anda wajib menyimak beberapa rekomendasi aplikasi musik gratis untuk Android berikut ini.

Daftar Aplikasi Musik Offline

Saat Anda ingin menghemat kuota internet, maka tak perlu risau. Berikut ini merupakan daftar aplikasi-aplikasi gratis alias offline yang bisa Anda manfaatkan.

AIMP

AIMP dapat digunakan untuk memutar musik dalam format file umum seperti FLAC, MP3, MP4, dan lainnya. Pengguna memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan pengaturan, tema, dan lainnya. Selain merupakan aplikasi gratis, AIMP juga menyediakan versi desktop yang dapat diunduh dan digunakan di laptop.

Black Player

Black Player adalah aplikasi musik offline yang layak untuk digunakan. Platform ini dilengkapi dengan sistem antarmuka pengguna (UI) yang canggih untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Aplikasi ini mendukung berbagai format file lagu dan dapat digunakan pada platform Android maupun iOS.

Media Monkey

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, termasuk audiobook dan podcast, serta kemampuan untuk mengkategorikan musik. Tidak hanya berdasarkan nama artis, tetapi juga berdasarkan kriteria lain seperti komposer. Keunikan dari Media Monkey terletak pada kemampuannya untuk melakukan sinkronisasi koleksi musik dari komputer ke ponsel dengan menggunakan koneksi WiFi.

DoubleTwist Music Player

DoubleTwist Music Player hadir dalam versi berbayar dan gratis. Versi gratis dari aplikasi ini menyediakan fitur umum seperti daftar putar, dukungan untuk pemutaran berkas dengan tipe seperti FLAC dan ALAC. Antarmuka pengguna yang nyaman, serta dukungan untuk Chromecast. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati siaran radio lokal melalui aplikasi ini.

Pulsar

Pulsar memungkinkan pengguna memutar berbagai file audio, tidak hanya MP3. Tetapi juga format audio lainnya seperti AAC, FLAC, OGG, WAV, dan sebagainya. Aplikasi musik offline ini telah mendukung Chromecast dan Android Auto. Sementara antarmuka pengguna yang disediakan oleh pengembang cukup sederhana. Selain itu, terdapat fitur waktu tidur yang dapat disesuaikan sesuai keinginan pengguna.

Musicolet

Musicolet menyediakan fitur lirik untuk meningkatkan pengalaman mendengarkan musik pengguna. Platform ini juga dilengkapi dengan widget kecil untuk mempermudah penggunaan saat memutar lagu langsung dari homescreen. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur sleep yang disediakan oleh pengembang. Bahkan, Musicolet memiliki fitur untuk mengedit lagu yang sedang diputar.

Oto Music

Pengguna memiliki kemampuan untuk mengubah tema yang digunakan dalam aplikasi Oto Music. Selain itu, platform ini memiliki ukuran kurang dari 4MB, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang kapasitas penyimpanan perangkat mereka. Selain itu, aplikasi ini juga sudah mendukung Android Auto dan Chromecast.

Poweramp

Poweramp merupakan aplikasi musik offline yang telah lama menjadi pilihan banyak pengguna Android. Aplikasi ini diakui karena kecepatan dan efisiensinya, serta berbagai tema yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Poweramp menyertakan fitur gapless playback, crossfade, dan mendukung berbagai jenis file. Termasuk dukungan untuk Android Auto. Pengguna juga dapat mengunduh lirik lagu sesuai keinginan.

Music Player No Ads

Platform Music Player No Ads memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuat berbagai playlist lagu. Tampilan aplikasi ini dirancang dengan baik dan nyaman digunakan baik di malam hari maupun siang hari. Dengan ukuran aplikasi yang kurang dari 5MB, pengguna tidak perlu khawatir tentang kehabisan kapasitas penyimpanan.

Phonograph

Phonograph merupakan platform yang cukup ringan digunakan. Tidak hanya itu, aplikasi musik offline ini juga memiliki sistem interface yang sederhana. Pada Phonograph juga dibekali kecanggihan teknologi UI yang canggih. Ditambah penambahan play list lagu yang akan diputar cukup mudah digunakan.

Treble: Music Player

Aplikasi Treble juga merupakan pemutar musik offline cukup populer untuk digunakan. Pengguna dapat memilah musik yang akan diputar melalui berbagai kategori seperti tools, playlist, album, dan masih banyak lagi. Terdapat fitur equalizer lengkap bersama efek suara yang disediakan aplikasi ini. Bahkan terdapat kecanggihan dari teknologi UI yang ditanam pada aplikasi ini.

Rocket Music Player

Rocket Music Player juga termasuk menjadi aplikasi musik offline dengan tampilan yang cantik dengan fungsional bagi pengguna Android. Selain dari fiturnya yang mendukung tampilan lirik lagu dan 10-band EQ, aplikasi ini juga memiliki fitur niche seperti bookmark untuk menyimpan podcast.

TIDAL Music

Mungkin belum banyak yang familiar dengan nama TIDAL Music, sebuah aplikasi musik gratis yang mungkin terdengar agak asing. Hal ini wajar, sebab TIDAL Music merupakan produk terbaru dari rapper dunia, Jay-Z. Tujuan utama pembuatan aplikasi musik mp3 ini adalah untuk mengangkat dan mempromosikan karya para artis dan musisi.

Aplikasi ini bahkan dikenal sebagai layanan musik pertama di dunia yang menyajikan kualitas suara High Fidelity, dengan lebih dari 50 juta judul yang dapat dinikmati pengguna. Menariknya, TIDAL Music juga menyediakan konten editorial yang dikuratori langsung oleh pakar dan jurnalis musik.

Deezer

Bagi yang belum terlalu akrab, Deezer adalah aplikasi layanan streaming dan pemutar musik lokal. Selain berfungsi sebagai aplikasi musik offline, Deezer juga menyediakan fitur pengeditan musik dan pembuatan playlist yang lebih personal. Untuk pengalaman penuh, pengguna dapat melakukan upgrade ke Deezer Premium.

Dengan berlangganan, pengguna tidak akan mengalami iklan, dapat menggunakan mode offline, menikmati kualitas suara hingga 320kBps, dan berbagai fitur lainnya. Koleksi lagu Deezer mencakup sekitar 56 juta judul yang dapat diakses secara online maupun offline, asalkan lagu tersebut telah didownload terlebih dahulu.

AudioMack

Selanjutnya, kita punya AudioMack. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan layanan streaming, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh lagu. Jika Anda memiliki ketertarikan pada artis yang mungkin tidak terlalu dikenal, kemungkinan besar Anda akan menemukannya di sini.

Di Play Store, aplikasi musik Android ini mendapatkan rating yang cukup tinggi dibandingkan dengan aplikasi serupa. Mungkin karena berbagai fitur yang ditawarkan, salah satunya adalah kemampuan untuk mendengarkan lagu secara offline. Selain itu, terdapat playlist otomatis yang dibuat berdasarkan suasana hati, genre, dan faktor lainnya.

LangitMusik

Bagi Anda yang ingin mendukung karya anak bangsa, LangitMusik, hasil karya MelOn Indonesia, bisa menjadi pilihan tepat. Aplikasi ini telah menerima ulasan positif di Play Store dan diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna. LangitMusik, yang dapat diakses secara gratis, memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengakses lagu favorit mereka.

Koleksi lagu yang lengkap juga membuat pengguna tetap terhibur. Meski tersedia secara gratis tanpa membutuhkan kuota internet, namun beberapa lagu baru mungkin tidak segera di update, dan tidak semua lagu dapat dinikmati secara offline.

Aplikasi musik offline tersebut diatas dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan selera pribadi. Nikmati waktu luang dengan bermusik tanpa perlu memikirkan kuota internet atau aplikasi musik berbayar.