Aplikasi Pengolah Angka disebut dengan Apa? Yuk Cari Tahu

Aplikasi Pengolah Angka disebut dengan
unsplash.com

Ada yang menyebutkan bahwa aplikasi pengolah angka disebut dengan Spreadsheet. Namun, masih ada beberapa nama aplikasi pengolah angka yang lain. Sebut saja Excel. Aplikasi ini adalah yang paling populer. Hampir semua pengguna perangkat mengenal aplikasi Excel. Microsoft Office adalah penyedia program Excel.

Selain itu, masih ada aplikasi pengolah angka yang lain. Mengingat beberapa aplikasi ini sangat penting untuk keperluan bisnis maupun kehidupan sehari-hari, Anda wajib mencari tahu lebih banyak seputar aplikasi ini.

Aplikasi Pengolah Angka disebut dengan Apa?

Kegiatan menghitung membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Terlebih jika tersaji dalam bentuk tabel. Tentu lebih sulit.

Faktanya, beberapa pekerjaan menghitung justru melibatkan baris dan kolom. Tujuannya untuk menampilkan informasi supaya terlihat lebih terstruktur.

Aplikasi ini merupakan software yang menyajikan data berupa worksheet. Selain angka, biasanya data yang dimasukkan dalam kotak berupa teks atau rumus.

Seiring kebutuhan, perkembangan teknologi dan tuntutan zaman, kini telah hadir berbagai aplikasi pengolah angka. Jika dahulu orang ditanya tentang aplikasi pengolah angka, kebanyakan mereka menjawab spreadsheet.

Adapun aplikasi pengolah angka yang lain bisa Anda simak berikut ini.

Excel

Untuk kebutuhan menghitung dan menampilkan data dalam bentuk angka, Excel paling unggul. Interface aplikasi simpel dan terkenal user friendly.

Fiturnya pun tidak akan mengecewakan pengguna karena sangat lengkap. Selain fitur, Excel menawarkan berbagai format fungsi untuk memudahkan pengolahan angka.

Berkat semua fiturnya, Excel mendapatkan peringkat sebagai juaranya aplikasi pengolahan angka. Anda bisa mengandalkan aplikasi untuk melakukan operasi hitung nilai rata-rata, pembagian, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan masih banyak lagi.

Keunggulan lain aplikasi pengolah angka yang disebut dengan nama Excel ini adalah kecepatan loading-nya menakjubkan. Aplikasi juga memungkinkan penyimpanan dalam berbagai format, misal PDF dan Open Office.

Telah lama aplikasi kembangan dari Microsoft ini menjadi studi di sekolah-sekolah. Apakah Anda pernah mempelajari aplikasi Excel?

Open Office Calc

Berikutnya, ada aplikasi pengolah angka yang disebut dengan Open Office Calc. Aplikasi bersifat open source. Artinya, memungkinkan pengguna mengaksesnya dalam berbagai sistem operasi. Misalkan Windows dan Linux.

Adapun kebutuhan analisis data melalui aplikasi meliputi penggunaan rumus operasi hitung data dan menyajikan hasilnya dalam grafik. Sepintas, tampilan aplikasi hampir mirip dengan Excel. Anda bisa menggunakan 3 sheet yang tersedia. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa menambah atau bahkan mengurangi jumlah sheet yang telah tersedia.

Open Office Calc punya fungsi dan fitur yang tidak sama dengan Excel. Namun, sama halnya dengan Excel, siapapun mudah menggunakannya.

Google Sheets

Aplikasi ini juga termasuk aplikasi pengolah angka yang disebut dengan nama Google Sheets. Tak hanya mudah, tetapi fiturnya cukup lengkap dan mudah mengaksesnya.

Google Sheets kompatibel dengan Android, laptop, hingga PC. Fitur pengolahan data juga praktis berkat dukungan opsi penyuntingan yang telah ada. Ini membuat pengguna bisa menyelesaikan semua pekerjaan terkait data berupa angka-angka lebih cepat.

Fitur lain yang ada di aplikasi adalah menginput, memanipulasi, dan kegiatan lain terkait pengolahan data sesuai kebutuhan pengguna.

Terintegrasi dengan akun Google sehingga siapapun bisa mengakses aplikasi begitu mudah. Sama dengan aplikasi sebelumnya, interface Google Sheets sederhana dan terbilang user friendly.

Menurut Anda, apakah aplikasi pengolah angka hanya disebut dengan Spreadsheet? Mengingat ada banyak kebutuhan bisa terselesaikan dengan baik melalui aplikasi pengolahan angka, sebaiknya menguasai tidak hanya satu aplikasi. Ini untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah pada aplikasi yang sedang Anda gunakan.