8 Aplikasi Absensi Online Android dan iOS

Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online saat ini ternyata juga sudah banyak digunakan. Inovasi terbaru ini nyatanya juga menunjang kemudahan data kehadiran karyawan. Hal tersebut juga dibuktikan dengan sebuah perusahaan yang selalu membutuhkan absensi secara online. Karena harapannya dengan menggunakan software tersebut tim HR bisa bekerja dengan lebih efektif. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh karyawan ketika mengajukan absensi.

Misalnya adalah izin sakit ataupun cuti dan kepentingan lainnya hanya melalui 1 aplikasi saja. Dengan demikian itu, nantinya tim HR bisa melakukan rekapan absensi dengan lebih mudah dan otomatis. Jadi layanan tersebut juga memberikan kemudahan tersendiri. Belum lagi jika layanan tersebut bisa diakses melalui platform Android maupun iOS. Karena di sebuah perusahaan itu sudah pasti ada yang menggunakan ponsel berbasis Android dan iPhone.

Dengan demikian itu alangkah lebih baiknya perusahaan juga menggunakan layanan absensi online yang mendukung untuk semua platform. Perlu Anda ketahui bahwa absensi online adalah sistem kehadiran karyawan secara daring dengan menggunakan perangkat lunak, baik itu yang berbasis website maupun aplikasi platform iOS ataupun Android. Dengan adanya layanan secara online tersebut sudah pasti akan membuat perusahaan semakin mudah untuk meningkatkan produktivitas karyawannya.

Apabila sebelumnya absen karyawan masih manual menggunakan sidik jari ataupun kartu absensi, namun saat ini perusahaan di Indonesia juga akan semakin lebih mudah dalam melihat absensi karyawan. Bahkan untuk pembuatan laporan secara otomatis dan lebih menghemat biaya. Meskipun harus bekerja dari rumah, karyawan juga masih bisa melakukan absen dengan cara memanfaatkan layanan online tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik

Terdapat beberapa rekomendasi aplikasi absensi online terbaik yang bisa perusahaan-perusahaan gunakan, diantaranya:

Mekari Telenta

Rekomendasi pertama untuk absensi online terbaik ada Mekari Talenta. Layanan ini merupakan sebuah absensi online untuk manajemen sumber daya manusia yang sudah dikembangkan oleh Mekari.

Untuk Mekari sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Indonesia. Layanan ini bisa diakses oleh pengguna Android maupun iOS. Di dalamnya terdapat fitur berupa manajemen karyawan yang memungkinkan pengguna untuk bisa mengelola data karyawan termasuk juga data pekerjaan serta gaji dan tunjangan serta Informasi pribadi.

Ada juga fitur pengelolaan absensi kemudian manajemen cuti dan sistem aplikasi penggajian. Tidak boleh ketinggalan adalah analisis data. Melalui analisis data tersebut pengguna bisa menganalisis data SDM secara rinci guna membantu mengambil keputusan strategis untuk perusahaan.

Linov ESS

Berikutnya aplikasi absensi online ada linov ESS. Dimana layanan ini memiliki berbagai fitur menarik yang bisa membantu penggunanya dalam melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan karyawan. Beberapa fitur tersebut adalah fitur absensi kemudian ada fitur Payroll.

Untuk fitur absensi nya karyawan hanya harus melakukan sidik jari ataupun menggunakan face recognition. Sedangkan untuk payroll-nya berfungsi untuk melihat informasi Verrel yang diterima oleh karyawan.

Ada juga fitur reimbursement memudahkan pengguna dalam melakukan manajemen reimburse. Ada fitur request yang memudahkan untuk mengajukan lembur maupun cuti serta izin dan fitur time management. Fitur yang satu ini mempunyai fungsi membantu karyawan dalam melihat catatan kehadiran serta overtime request dan leave request maupun company kalender.

Time Clock Wizard

Selanjutnya ada aplikasi absensi online yang bernama Time Clock Wizard. Ketahuilah bahwa layanan ini juga ditawarkan secara gratis. Nantinya dalam layanan ini terdapat 4 fitur utama yang ditawarkan. Yaitu employee scheduling dan free online templok serta payroll reporting dan clock instan.

Melalui layanan ini karyawan semakin lebih mudah untuk melakukan absensi. Apalagi sudah bisa di-download untuk platform Android maupun iOS. Memiliki user interface yang sangat sederhana sehingga mudah untuk dijalankan meskipun baru pertama kali menggunakan dan minim teknologi.

Wifi Attendance

Tidak boleh ketinggalan adalah aplikasi yang bernama Wifi Attendance. Aplikasi absensi online yang satu ini berbeda dengan aplikasi pada umumnya. Apabila umumnya itu menggunakan sidik jari ataupun wajah, untuk yang satu ini menggunakan jaringan ataupun Wifi nirkabel supaya bisa melakukan absensi. Sebenarnya hal tersebut merupakan keuntungan serta keunikan tersendiri.

Terlebih dalam penggunaannya juga tidak sulit lebih praktis daripada aplikasi umumnya. Tapi yang perlu diingat adalah karyawan juga harus masuk ke dalam Jangkauan Wi-Fi yang terdapat di perusahaan itu sendiri agar nantinya proses absensi semakin lebih mudah. Apabila tidak masuk dalam Jangkauan Wi-Fi yang terdapat di perusahaan tersebut maka absensi juga tidak bisa dilakukan.

Time Doctor

Perlu Anda ketahui bahwa nama aplikasi absensi online yang satu ini sangat cocok untuk karyawan yang setiap hari datang ke kantor. Namun tidak direkomendasikan atau kurang cocok untuk karyawan lapangan. Pasalnya layanan ini bisa membantu perusahaan untuk melacak beberapa lama waktu yang dihabiskan karyawan untuk melakukan maupun mengerjakan pekerjaannya di kantor.

PHP Timeclock

Tidak boleh ketinggalan masih ada aplikasi absensi untuk karyawan yang online, PHP Timeclock. Pelayanan ini sudah ada sejak tahun 2016 dan mempunyai tampilan cukup sederhana. Walaupun begitu tetapi sangat efektif digunakan. Manfaat dari penggunaan layanan ini tidak hanya untuk mendata kehadiran karyawan saja tetapi juga dapat membantu HRD untuk melacak suatu kerja serta istirahat dan liburan karyawan itu sendiri.

Sama seperti dengan aplikasi yang sebelumnya layanan ini juga mempunyai fitur reporting yang membantu HRD untuk menggolongkan karyawan dengan berdasarkan pada indikator tertentu. Mulai dari divisi ataupun tempat mereka bekerja. Bukan hanya HRD saja melainkan layanan ini juga sangat bermanfaat bagi karyawan. Melalui aplikasi ini kalian bisa mengetahui Berapa durasi mereka ketika bekerja dan kapan harus masuk serta pulang dari kantor.

KaryaOne

Masih ada KaryaOne. Merupakan layanan yang berasal dari Indonesia. Sangat cocok untuk digunakan baik melalui ponsel maupun PC. Mempunyai fitur yang sangat banyak salah satunya ada multi shift.

Fitur tersebut memudahkan atasan untuk bisa membuat jadwal kerja shift sesuai dengan jam operasional dari perusahaan tersebut. Tidak perlu bingung dalam menggunakan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi absensi online terbaik ini. Pasalnya dalam layanan ini sudah terdapat tutorial yang membantu bagaimana cara lebih maksimal dalam memanfaatkannya.

Boss Pintar

Rekomendasi berikutnya adalah aplikasi Boss Pintar. Sebagai sebuah aplikasi absensi karyawan online nyatanya fitur yang terdapat dalam layanan ini juga berbeda. Salah satu contoh fitur yang terdapat di dalamnya adalah validasi absensi yang membuat perusahaan bisa menentukan dimana karyawan itu harus melakukan absensi itu sendiri. Informasi penting yang berkaitan dengan layanan ini adalah fitur yang terdapat di dalamnya tidak hanya cocok untuk digunakan karyawan saja.

Karena memang terdapat beberapa fitur yang bisa digunakan oleh perusahaan itu sendiri, contohnya adalah mencatat inventaris perusahaan. Dengan fitur tersebut perusahaan sudah pasti bisa mencatat beberapa inventaris yang mereka miliki serta siapa saja yang menjadi penanggung jawabnya. Hal tersebut tentunya sangat membantu perusahaan terlebih ketika ingin melaporkan inventaris tahunan.

Tertarik menggunakan aplikasi absensi online yang satu ini, Anda bisa mencobanya gratis selama 1 tahun. Untuk 1 tahun berikutnya bisa memilih paket yang sesuai mulai dari harga Rp 200 ribuan aja.