Rekomendasi Aplikasi Messenger Terbaik dan Populer 2023

Aplikasi Messenger
rocket.chat

Aplikasi messenger semakin hari nyatanya juga semakin populer. Biasanya layanan tersebut dimanfaatkan untuk chatting ataupun bertukar kabar dengan saudara jarak jauh. Selain itu mereka juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang sudah tersedia seperti halnya mengirim foto maupun video serta dokumen. Smartphone menjadi salah satu perangkat elektronik yang memberikan banyak manfaat. Apalagi saat ini terdapat dua pilihan yang bisa kita gunakan yaitu platform Android serta iOS.

Kedua platform tersebut bersama-sama mempunyai keunggulan. Meskipun tidak sedikit yang menggunakan platform iOS namun secara menyeluruh masyarakat Indonesia itu menggunakan Smartphone yang berbasis Android. Pada dasarnya Android itu memiliki keunggulan dari sistem operasinya yang memang dibuat untuk mendukung berbagai aplikasi yang bisa kita install. Pasalnya Android itu sendiri juga bersifat open source yang menyebabkan pengembang aplikasi bisa bekerja menggunakan shortcut kode dari Android itu sendiri.

Sehingga terdapat banyak aplikasi Android seperti halnya aplikasi chatting ataupun aplikasi musik dan yang lainnya. Namun diantara banyaknya aplikasi yang tersedia nyatanya aplikasi khusus untuk mengirim pesan saat ini sudah tersedia dengan adanya berbagai fitur menguntungkan. Penggunanya juga dapat mengirimkan gambar bergerak ataupun video serta stiker.

Melalui layanan untuk mengirim pesan ataupun Messenger ini kita juga bisa bertukar kabar dengan orang-orang yang ada di luar Indonesia. Misalnya mereka yang berada di Arab Saudi ataupun Eropa dan yang lainnya. Keberadaan smartphone dan layanan Messenger tersebut benar-benar menguntungkan karena bisa dikatakan kita bisa mengetahui aktivitas orang lain melalui layar ponsel tersebut dengan memanfaatkan aplikasi messenger.

Aplikasi Messenger
rocket.chat

Rekomendasi Aplikasi Messenger yang Populer

Seperti yang kita ketahui bahwa Melalui aplikasi Play Store maupun App Store terdapat banyak aplikasi messenger. Dengan demikian itu pengguna handphone bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

WhatsApp

Rekomendasi pertama ada WhatsApp. Sudah pasti untuk nama aplikasi messenger yang satu ini tidak asing lagi bahkan merupakan layanan komunikasi paling populer di Indonesia bahkan dunia. Sudah menjadi pengetahuan umum juga apabila WhatsApp itu diakuisisi oleh Facebook dan sudah digunakan oleh 2 miliar pengguna yang terdapat di 180 negara. Dalam layanan ini terdapat fitur untuk membagikan status ataupun fitur grup dengan kapasitas 250 orang serta bisa melakukan panggilan video maupun telepon.

Cara penggunaan dari WhatsApp Ini juga sangat mudah. Cukup download aplikasinya melalui Google Play Store maupun App Store setelah itu daftar ke nomornya. Maka semua fitur yang terdapat dalam layanan tersebut bisa Anda gunakan sebaik mungkin.

Telegram

Berikutnya ada aplikasi messenger yang bernama telegram. Hampir sama dengan layanan yang sebelumnya. Penggunaan dari telegram sendiri juga sangat mudah meskipun baru pertama kali menggunakannya. Cara mengunduhnya juga bisa didapatkan melalui Google Play Store. Sedangkan untuk fitur yang terdapat di dalamnya juga sangat banyak.

Sebagai pengguna nantinya Anda bisa mengirim foto ataupun video Dian membuat Story yang terdapat musiknya sama seperti kita ketika hendak membuat Story dari Instagram. Mungkin bisa dikatakan bahwa fitur yang terdapat dalam telegram lebih baik daripada Whatsapp.

Facebook Messenger

Bagi para pengguna Facebook tentunya keberadaan Messenger juga sudah tidak asing lagi. Layanan tersebut juga dijadikan layanan untuk chatting. Seperti yang kita ketahui bahwa Facebook Messenger adalah platform guna mengirimkan pesan antar pengguna Facebook juga. Planet satu ini juga mempunyai berbagai fitur standar seperti halnya panggilan suara ataupun video. Bisa juga untuk mengirim stiker ataupun foto dan dokumen penting lainnya.

Sama seperti halnya dengan platform chatting pada umumnya untuk Messenger Facebook ini juga berfungsi mempermudah komunikasi dengan pedagang yang terdapat di marketplace Facebook. Dengan begitu layanan ini juga dapat membantu bisnis menjadi lebih berkembang. Terlebih bagi Anda yang menggunakan Facebook untuk pemasaran produk maupun jasa.

Keberadaan dari Facebook Messenger ini juga bisa disamakan dengan direct message yang berada di Instagram. Sama-sama layanan yang mempermudah penggunanya untuk chatting sesama pengguna. Direct message Instagram tersebut juga membantu seseorang untuk adanya pemasaran produk maupun jasa melalui promosi Instagram itu sendiri. Jadi bukan hanya sebagai aplikasi untuk komunikasi jarak jauh. Melainkan juga dapat menghubungkan antara konsumen dan produsen.

Hungouts

Perlu Anda ketahui bahwa nama aplikasi messenger tersebut adalah layanan mengirim pesan yang sudah dikembangkan oleh Google. Layanan tersebut juga memiliki fitur lucu ketika penggunanya ingin mengirim pesan seperti halnya gif ataupun emoji dan stiker. Keistimewaan lain dari hangouts ini adalah sudah terintegrasi dengan Google Plus. Guna mempermudah komunikasi penggunanya ternyata layanan ini juga menawarkan fitur panggilan video dengan kualitas yang bagus.

Line

Sampai saat ini mungkin popularitas lain itu sudah dikalahkan dengan Whatsapp. Meskipun begitu tapi layanan ini juga tidak mati. Menawarkan berbagai keunggulan menarik. Adalah keunggulan dari aplikasi messenger ini. Menawarkan berbagai stiker yang menarik yang membuat penggunanya ketika chattingan itu merasakan hal yang berbeda. Meskipun popularitasnya sudah dikalahkan tetapi sampai saat ini masih terdapat banyak pengguna line untuk kebutuhan komunikasi.

Discord

Berikutnya ada aplikasi messenger yang bernama discord. Aplikasi ini para pengguna bisa mengirimkan pesan juga video serta foto dan kegiatan baik lainnya antar individu ataupun komunitas. Tapi secara umum penggunaan aplikasi ini untuk komunikasi antar pemain game. Sama dengan layanan Messenger yang lainnya untuk platform discord ini juga menawarkan banyak keunggulan. Misalnya adalah suara yang tidak putus-putus ketika digunakan serta pengguna bisa bergabung ke server akun teman ataupun komunitas favorit. Tak cukup itu saja pengguna juga dapat membuat komunitas sendiri.

MiChat

Untuk rekomendasi aplikasi Messenger yang satu ini mungkin bisa dikatakan sedang viral. Apalagi penggunanya bisa terhubung dengan user lain yang berada di sekitar. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan aplikasi Michat ini untuk mendapatkan atau mencari kenalan baru. Bahkan ada juga yang mencari jodoh melalui layanan ini. Pasalnya para pengguna itu bisa saling bertegur sapa hanya dengan satu platform ini saja. Bisa juga dikatakan bahwa Michat merupakan aplikasi kencan.

Untuk pengiriman pesan dan foto juga video serta emoji lucu layanan ini sangat mendukung. Penggunanya tidak perlu repot-repot mengundang teman untuk menggunakan layanan yang sama. Sebab hanya harus login menggunakan nomor telepon maka kontak secara otomatis akan masuk ke aplikasi itu sendiri.

Tips Penting

Pada intinya apapun aplikasi Messenger yang Anda gunakan untuk komunikasi dan kepentingan lainnya. Manfaatkan sebaik mungkin. Jangan digunakan untuk hal-hal yang sifatnya negatif dan merugikan. Karena memang saat ini terdapat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan menyalahgunakan beberapa aplikasi yang memang gratis dan bisa digunakan oleh semua platform.

Misalnya saja ada WhatsApp. Seperti yang kita ketahui bahwa layanan tersebut adalah aplikasi Messenger yang paling populer dari kemunculan pertama kali sampai saat ini. Semua kalangan dari yang muda sampai yang tua menggunakan WhatsApp untuk kebutuhan komunikasi dan yang lainnya. Seharusnya keberadaan layanan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik mungkin karena memang memudahkan.

Tapi tidak sedikit orang-orang yang menggunakannya untuk merugikan orang lain. Misalnya adalah penipuan. Mereka menelpon melalui nomor whatsApp kemudian mengatakan bahwa terdapat sanak saudara yang kecelakaan dan membutuhkan uang sekian ratus atau sekian juta untuk mempermudah pemrosesan hukumnya. Ketika menanggapi hal tersebut kita harus benar-benar berhati-hati jangan sampai menjadi korbannya Apalagi kita mengetahui bahwa tidak ada sanak saudara kita yang kecelakaan.

Contoh lainnya adalah ketika layanan tersebut digunakan untuk bisnis. Usahakan bisnis yang Anda tawarkan kepada konsumen itu benar-benar bisnis yang tidak menipu. Apa yang mereka pesan juga akan sampai kepada pembeli. Jangan hanya setelah uang dibayarkan tetapi apa yang mereka pesan tidak datang-datang. Biarkan aplikasi messenger tersebut berperan sebagaimana seharusnya dan sebagaimana semestinya. Jangan disalahgunakan untuk hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.