Aplikasi Pengolah Kata, Microsoft Word hingga WPS Office

Aplikasi Pengolah Kata, Microsoft Word hingga WPS Office
Foto: Pexels.com

Aplikasi pengolah kata merupakan aplikasi sekaligus perangkat lunak yang mempermudah kita menulis atau membuat sebuah dokumen. Aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja, mulai dari mahasiswa hingga pekerja kantoran.

Tidak hanya digunakan di laptop saja, melainkan juga dapat kita install melalui smartphone. Menawarkan beragam fitur andalan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam tulis menulis.

Aplikasi Pengolah Kata untuk Meningkatkan Produktivitas dalam Tulis Menulis

Ada banyak aplikasi yang bisa kita pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Lantas, apa saja pilihan aplikasinya? Berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

1. Microsoft Word

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Word? Microsoft Word yakni salah satu aplikasi pengolah kata yang sudah sangat familiar.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuat, mengedit, hingga memformat dokumen dalam bentuk teks. Kita juga bisa memanfaatkannya untuk menulis surat, artikel, esai, laporan, maupun jenis dokumen lainnya.

Menyediakan fitur yang lengkap seperti pengetikan teks, penomoran, penataan paragraph, pengaturan format, pemberian warna, dan fitur-fitur lainnya. Menariknya lagi, Microsoft Word telah mendukung berbagai macam template dokumen yang siap untuk kita gunakan.

Memiliki tampilan yang sederhana dan user friendly, sehingga dapat digunakan oleh semua kalangan, terutama para pemula. Bahkan, para profesional hingga pebisnis turut menggunakan aplikasi ini.

2. Google Docs

Google Docs merupakan aplikasi pengolah kata online yang dapat memudahkan kita untuk membuat dan mengedit dokumen secara profesional. Dengan menggunakan alat kolaborasi waktu yang nyata, Google Docs menyediakan platform bagi sekelompok orang.

Hal ini memungkinkan kita untuk berkolaborasi dalam satu proyek. Selain itu, membantu memastikan bahwa setiap orang selalu mengetahui perkembangan dokumen yang sedang dibuat.

Sama seperti aplikasi pada umumnya, Google Docs memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu pekerjaan kita. Beberapa fitur yang bisa kita gunakan seperti fitur pemformatan template, fitur otomatis, dan fitur-fitur lainnya.  Dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut, kita bisa membuat dokumen yang lebih profesional.

Kemudian, melalui Google Docs pengguna bisa melacak perubahan, komentar, maupun saran ketika sedang melakukan revisi maupun pengeditan. Tak perlu khawatir dokumen tiba-tiba hilang, karena semua dokumen yang kita buat di Google Docs secara otomatis tersimpan di cloud.

Anda pun bisa mengakses dokumen dari perangkat apa pun, baik laptop, smartphone, iPad, tablet, dan perangkat lainnya. Bahkan, bisa diakses kapan saja sesuai keinginan maupun kepentingan.

Sejumlah fitur penting yang ditawarkan seperti @sebutan untuk menarik orang, file, maupun acara yang relevan. Selanjutnya ada Smart Compose yang membantu kita menulis dengan lebih cepat dan sedikit melakukan kesalahan.

Google Docs mendukung aplikasi pihak ketiga dengan alat manajemen proyek. Ada pula fitur balasan komentar dari Gmail, batasan Google Docs, hingga sistem basis pengetahuan yang dapat diskalakan.

3. Grammarly

Grammarly tidak hanya sebagai aplikasi pengolah kata saja. Akan tetapi, menjadi salah satu aplikasi yang masuk dalam kategori perangkat lunak asisten penulisan AI.

Grammarly telah memberdayakan lebih dari 50.000 tim yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Dengan bantuan AI, dapat membantu penulis untuk meningkatkan pilihan kata, memperjelas setiap kalimat, memperbaiki kesalahan tata bahasa yang digunakan, hingga menyempurnakan nada.

Grammarly menjadi salah satu aplikasi yang mampu meningkatkan semua komunikasi kita. Mulai dari email, artikel, ataupun bentuk tulisan lainnya.

Cobalah untuk menggunakan aplikasi ini dan rasakan perubahan besarnya. Grammarly dapat memberikan berbagai macam saran yang sangat membantu, hal ini sangat membantu proses pengeditan kita saat melewatkan kesalahan.

Selain itu, aplikasi ini memberikan umpan balik yang dipersonalisasi dengan mempertimbangkan gaya maupun preferensi penulisan kita. Memiliki antarmuka yang mudah digunakan, sehingga bisa digunakan oleh semua kalangan.

Grammarly mendukung penggunaan pada berbagai macam platform, tak terkecuali browser web hingga aplikasi seluler. Menariknya lagi, aplikasi ini telah dilengkapi dengan pemeriksaan plagiarism yang dapat memastikan keaslian artikel atau tulisan kita.

4. ClickUp

ClickUp bukan sekedar aplikasi pengolah kata biasa. Namun, merupakan alat produktivitas yang sangat lengkap.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk semua kegiatan industri dengan memusatkan pekerjaan ke dalam satu platform yang kolaboratif. ClickUp sendiri telah dikenal sebagai aplikasi dengan serangkaian fitur canggih.

Fitur-fitur canggih tersebut, dapat kita sesuaikan dengan kegiatan maupun aktivitas yang ingin dikerjakan. Memiliki editor dokumen bawaan yang bisa digunakan untuk membuat daftar tugas sederhana hingga terperinci sekalipun.

Saat menggunakan aplikasi ini, bisa menghubungkannya langsung ke alur kerja kita. Dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan terkait pengolahan kata.

Seperti kemampuan untuk mengubah teks menjadi tugas yang bisa kita tindak lanjuti. Kemudian, menyematkan data dari sebagian besar alat kerja lainnya hingga berkolaborasi pada dokumen.

ClickUp Docs merupakan alat pengolah kata yang sangat ideal. Baik itu untuk tim, pelajar, maupun bisnis atau perusahaan.

Salah satu fitur penting yang bisa kita temukan dalam ClickUp seperti, fitur pengolah kata serta manajemen kerja tingkat lanjut pada setiap paket harga, bahkan gratis selamanya.  Menyematkan media, tabel, bookmark, dan dokumen lain ke dalam ClickUp Docs.

Dengan fitur ini kita dapat menghadirkan lebih banyak konteks serta nilai ke dalam peta jalan maupun basis pengetahuan. Deteksi dapat kita lakukan secara langsung dalam ClickUp Docs, sehingga memungkinkan tim untuk mengedit, berkontribusi, hingga mengomentari dokumen yang sama secara real time.

Kita dapat menautkan dokumen ke tugas serta tambahkan widget untuk memperbarui alur kerja secara otomatis dari editor dokumen.  Aplikasi ini memungkinkan kita untuk mengubah teks yang disorot menjadi item tindakan dan delegasikan ke tim dengan berkomentar secara berangkai dan menggunakan @sebutan. Setiap dokumen yang kita buat dengan ClickUp bisa dengan mudah dibagikan dan terbilang aman melalui URL untuk semua pengguna.

5. WPS Office

WPS Office merupakan aplikasi pengolah kata yang termasuk ke dalam kategori perangkat lunak office suites. Selain Microsoft Word, WPS Office juga menjadi salah satu aplikasi yang tak kalah populer.

Telah melalui lebih dari 1,2 miliar penginstalan, WPS Office merupakan rangkaian produktivitas terkemuka untuk laptop maupun perangkat seluler. Aplikasi ini memiliki kinerja tinggi dan terjangkau.

Selain itu, juga kompatibel dengan aplikasi-aplikasi lainnya, seperti Microsoft PowerPoint, Microsoft Excel, hingga Microsoft Word. Aplikasi yang juga bisa kita gunakan untuk mengedit ini tersedia untuk Linux, Windows, Android, maupun iOS.

Kelebihan aplikasi ini sangat disukai oleh pengguna. Misalnya saja, mampu memberikan solusi yang sangat mudah untuk mengakses dokumen dalam berbagai macam format.

Bahkan, semuanya dapat kita lakukan dalam satu aplikasi saja. Kemudian, salah satu fitur yang sangat berharga adalah mengonversi dokumen dari satu format ke format yang lainnya.

Selain itu, aplikasi ini telah mendapatkan dukungan untuk mencakup sistem penyimpanan data terintegrasi yang memudahkan kita mengakses dokumen masa lalu.

Itulah tadi sederet aplikasi pengolah kata yang bisa kita pertimbangkan. Pilih aplikasi yang paling sesuai dengan preferensi supaya semakin maksimal saat menggunakannya.