Laptop  

Lenovo IdeaPad Slim 3i Desain Minimalis, Usung Performa Handal

Lenovo IdeaPad Slim 3i
youtube.com

Lenovo IdeaPad Slim 3i salah satu rekomendasi laptop minimalis yang hadir dalam banyak pilihan warna. Sesuai dengan namanya, IdeaPad Slim 3i mengusung desain yang cukup ramping dengan ketebalan dalam kisaran angka 1.9 cm saja.

Dengan harganya yang cukup terjangkau, perangkat ini mendapatkan dukungan fitur lengkap. Performanya pun dapat dikatakan sangat kompeten dalam menangani berbagai kegiatan komputasi.

Hal ini berkat adanya sokongan dari prosesor Intel Core i3-1115G4 generasi Tiga Lake. Dalam prosesor ini menggunakan arsitektur Willow Cove yang terpadu dengan teknologi fabrikasi 10nm SuperFIN.

Tidak hanya prosesornya yang terbilang ngebut, IdeaPad Slim 3i juga cukup piawai dalam menangani grafis serta game casual. Ini berkat dukungan GPU yang telah terintegrasi cukup kompeten dari intel UHD Graphics Xe G4 (48 EUs) bersama kelengkapan media penyimpanan SSD berkapasitas 256GB yang sangat responsif.

Spesifikasi dan Fitur Utama Lenovo IdeaPad Slim 3i

Lenovo yang merupakan perusahaan teknologi terkemuka memiliki produk unggulan kelas entry level yang kaya akan fitur. Perusahaan ini telah menghadirkan IdeaPad Slim 3i untuk memenuhi kebutuhan komputasi para penggemarnya.

Perangkat ini dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan laptop dengan harga terjangkau. IdeaPad Slim 3i menjadi salah satu produk Lenovo yang dirancang khusus untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Dengan mobilitas yang tinggi baik untuk bekerja maupun di sekolah, Lenovo IdeaPad Slim 3i hadir dengan desain yang cukup ringkas dan portabel yang memiliki performa yang dapat diandalkan.

Produk ini memiliki dimensi 327.1 mm x 241 mm x 19,99 mm dengan menawarkan kinerja yang cukup baik untuk berbagai aktivitas. Seperti browsing web, menonton video, mengedit dokumen, dan lain sebagainya.

Desain Ringkas dan Minimalis

Hampir sebagian besar laptop entry level memiliki desain yang tidak kalah keren. Begitu Pula dengan IdeaPad Slim 3i yang hadir dengan yang polos dan minimalis.

Bagian cover pada perangkat ini mengusung motif garis-garis yang menjadikannya semakin terlihat stylish. Dengan memiliki sudut-sudut yang melengkung menjadikan bentuk laptop lebih menarik.

Sementara itu, pada bagian dalam memiliki motif yang sama dengan bagian cover. Sedangkan pada bagian keyboard cukup ramping dan masih tersisa area palm res yang cukup luas. Bagian hinge-nya mempunyai bentuk memanjang dan dapat ditekuk hingga posisi 180 derajat.

Dimensi laptop IdeaPad Slim 3i terbilang lebih ringkas dari laptop 14 inch lainnya. Hal ini berkat layar narrow bezel yang tipis.

Layar Full HD dan Berkualitas

Salah satu fitur utama yang cukup mengesankan pada Lenovo IdeaPad Slim 3i adalah mengenai tampilan layarnya. Perangkat ini mengusung layar Full HD dengan resolusi 190 x 1080 piksel.

Laptop entry level Lenovo ini menggunakan panel layar IPS yang dapat memudahkan pengguna dalam menikmati gambar yang lebih jernih dan tajam dengan sudut pandang yang luas.

Hadir dengan layar seluas 14 inch dengan teknologi panel TN (Twisted Nematic) LCD LED backlight yang menawarkan tingkat kecerahan hingga 300 nits. Ini dapat memastikan pengalaman visual yang lebih memuaskan dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Dukungan Performa Powerful dan Multitasking

Lenovo IdeaPad Slim 3i dapat dikatakan cukup powerful di kelasnya. Ini berkat dukungan tenaga dari prosesor Intel Core i3-1115G4 dual core generasi Tiger Lake atau Intel Core generasi ke 11. Prosesor ini mampu berlari cukup kencang dengan kecepatan standar 3GHz dan TurboBoost mencapai 4,1 GHz.

Selain itu, laptop unggulan Lenovo ini juga mendapatkan dukungan RAM berkapasitas 4GB onboard berjenis DDR4. RAM pada perangkat ini memiliki kecepatan hingga 300 MHz yang dapat pengguna upgrade hingga ukuran maksimal 12GB.

Meskipun berada dalam kisaran harga yang terjangkau, tapi performa pada perangkat ini tidak perlu Anda ragukan lagi. Pasalnya, Lenovo telah melengkapi IdeaPad Slim 3i dengan SSD 256GB.

Kapasitasnya memang tidak terlalu besar, akan tetapi para pengguna masih bisa menyiasatinya dengan menggunakan storage eksternal.

Keyboard dan Touchpad

Laptop ini memiliki keyboard yang cukup simple dengan layout tiap tombol memiliki jarak cukup renggang. Selain sangat nyaman saat digunakan mengetik, layout ini juga jadi tidak nampak terkesan padat dan rapat.

Pada sisi atas terdapat tombol Function, untuk tombol panah kiri dan kanan sama besar seperti tombol lain. Namun khusus tombol panah atas serta bawah hadir dengan ukuran yang lebih kecil.

Sementara saat Caps Lock aktif terdapat LED indikator juga tombol power posisinya bukan di area keyboard, akan tetapi berada tepat di pojok kanan atas. Keyboard pada perangkat ini belum memiliki backlit sehingga sedikit kurang nyaman saat dipakai di tempat minim cahaya.

Touchpadnya memiliki desain polos tanpa dedicated button. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu memakan area palm rest kiri dan kanan. Selain itu, touchpad pada IdeaPad Slim 3i sudah mendukung Windows precision driver yang bisa Anda fungsikan untuk multi gesture dengan dukungan hingga empat jari.

Kapasitas Daya

Sementara itu dari sisi kapasitas, IdeaPad Slim 3i mendapatkan sokongan daya dengan baterai berkapasitas 35 Wh. Terbilang kecil memang, akan tetapi ini disesuaikan dengan penggunaan CPU-nya yang menggunakan Intel Core i3 seri U yang hemat daya.

Hal ini terbukti pada saat melakukan pengujian pada PCMark 10 Modern Office dengan mode Power Saving menyala, WiFi aktif dengan koneksi internet dimatikan serta brightness diatur ke kondisi 50%.

Melalui pengujian ini diperoleh hasil, bahwa baterai dapat bertahan hingga 9 jam lebih. Dengan demikian, laptop ini tidak ada masalah apabila Anda gunakan dalam berbagai aktivitas apa saja dan dimana saja. 

Fitur Pendukung

Dari sisi grafis, Lenovo Ideapad Slim 3i cukup handal di kelasnya. Ini karena adanya dukungan GPU (Graphics Processing Unit) yang terintegrasi dari Intel UHD Graphics Xe G4 tanpa kehadiran adanya grafis diskrit.

Dalam hal ini Lenovo lebih mengandalkan GPU Intel HD Graphics Xe G4 yang mengusung 48 execution unit (EU) dengan kecepatan 400 hingga 1250MHz. Performa grafis Intel HD Graphics Xe G4 ini dapat dikatakan setara dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX230.

Sementara itu untuk sisi audio, Ideapad Slim 3i cukup bersaing di kelasnya dengan bekalan speaker stereo berdaya 2 x 1,5W. Speaker ini mendapatkan dukungan teknologi Dolby Audio untuk memberikan pengalaman multimedia pengguna yang lebih mengesankan.

Untuk konektivitasnya masih standar aja. Namun hal menarik dari perangkat ini adalah penempatan port yang fokus di sisi kiri. Sedangkan pada sisi kanannya tersedia slot card reader, lubang reset, serta jack audio.

Dengan demikian, para pengguna tidak akan terganggu saat menggunakan mouse di sisi kanan. Sedangkan sisi kirinya terdapat port DC-in, HDMI, satu USB 2.0, juga dua port USB 3.1 Gen 1. Sementara untuk konektivitas wirelessnya. IdeaPad Slim 3i menggunakan WiFi 6 dan Bluetooth 5.0.

Selanjutnya, Lenovo Ideapad Slim 3i telah mendapatkan kelengkapan dengan OS Microsoft Windows 10 Home x64 serta Microsoft Office Home and Student 2019 original pre-installed didalamnya. Melalui dua fitur ini para pengguna tidak perlu repot membeli lisensi juga melakukan instalasi lagi.