Laptop  

Cara Screenshot Panjang di Laptop dengan 3 Langkah Mudah

Cara Screenshot Panjang di Laptop
Istock

Cara screenshot panjang di laptop sejatinya sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan sejumlah platform online maupun aplikasi pihak ketiga untuk melakukan screenshot panjang. Sayangnya, tak banyak pengguna yang memahami tutorial laptop ini.

Membuat mereka seringkali kesulitan untuk mengambil gambar yang melebihi batas layar perangkat. Nah, supaya lebih praktis jika sewaktu-waktu memerlukan screenshot panjang mari kita bahas lebih detail terkait caranya pada artikel ini.

Simak Cara Screenshot Panjang di Laptop dengan Cepat dan Mudah

Sebelum masuk pembahasan utama, kita pahami dulu apa itu metode screenshot panjang, yang tentu berbeda dengan proses biasa. Screenshot panjang adalah teknik mengambil tangkapan layar yang mencakup area lebih besar daripada layar laptop.

Screenshot panjang ini cukup penting karena memungkinkan pengguna untuk mengambil seluruh tampilan yang mungkin memerlukan pengamatan detail. Dibandingkan metode biasa yang hanya menangkap sebagian kecil saja, screenshot panjang dapat menyajikan konteks lebih lengkap.

Metodenya sering digunakan saat ingin mengambil tangkapan layar dari suatu halaman web atau dokumen luas. Sehingga pengguna semakin mudah membagikan konten tanpa perlu mengirim beberapa gambar.

Prosesnya yaitu dengan menggulir layar untuk menangkap semua konten yang pengguna inginkan. Nantinya, file tersebut akan tersimpan dalam satu gambar panjang. Adapun cara screenshot panjang di laptop dapat Anda lakukan melalui langkah-langkah di bawah ini.

1. Melalui Google Chrome

Metode yang pertama adalah menggunakan bantuan Google Chrome. Ini menjadi opsi yang paling umum pengguna pakai. Namun sebelum memilih, pastikan menyediakan paket internet yang cukup supaya proses screenshot panjang berhasil. Sementara caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama, akses Google Chrome di perangkat laptop kemudian buka halaman yang ingin Anda screenshot.
  • Setelah itu, tekan perintah tombol Ctrl + Shift + I. Bisa juga klik kanan pada halaman web lalu pilih Inspect.
  • Di sisi kanan atas, pilih ikon “Toggle device toolbar”. Tujuannya untuk mengubah tampilan layar ke mode mobile. Jangan lupa atur juga resolusi dan ukurannya sesuai kebutuhan.
  • Terakhir, klik ikon titik 3 masih di menu kanan atas lalu pilih “Capture full size screenshot”. Nantinya, hasil screenshot akan langsung tersimpan di folder Download. Apabila tidak muncul, lakukan pengunduhan secara manual.
  • Selesai.

2. Melalui Mozilla Firefox Quantum

Cara screenshot panjang di laptop berikutnya yaitu melalui Mozilla Firefox Quantum. Sebuah perangkat lunak versi baru dari Mozilla Firefox. Dengan performa dan fitur-fitur baru, membuat proses screenshot panjang menggunakan Firefox Quantum menjadi semakin mudah seperti berikut ini.

  • Pertama, pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal software Mozilla Firefox Quantum di perangkat laptop.
  • Setelah itu, buka aplikasinya sekaligus akses halaman yang ingin discreenshot.
  • Klik kanan pada sisi kosong dalam halaman tersebut, kemudian pilih perintah “Take screenshot”.
  • Jika sudah, Anda akan mendapat 2 opsi di pojok kanan atas. Opsi pertama adalah “Save full page” sementara pilihan lainnya yaitu “Save visible”. Untuk menangkap layar panjang, pastikan memilih “Save full page”.
  • Terakhir klik “Download” dan hasilnya akan otomatis terunduh di perangkat laptop Anda.

3. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Saat ini tersedia banyak sekali aplikasi pihak ketiga yang bisa memudahkan cara screenshot panjang di laptop. Salah satunya Share X yang memiliki fitur-fitur lengkap seperti mengedit gambar, membuat video, hingga mengunggah file ke berbagai platform online.

Menariknya, aplikasi keren ini juga bisa Anda gunakan secara bebas alias gratis. Untuk menggunakannya, pastikan sudah mengunduh dan menginstal Share X di laptop Anda. Setelah itu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama buka Share X, lalu klik Hotkey Settings.
  • Jika tampilan utamanya sudah muncul, pilih menu dropdown di samping Alt + Print Screen.
  • Setelah itu, pilih Screen Capture > Scrolling Capture.
  • Selanjutnya, siapkan halaman web atau file yang ingin Anda tangkap layar dan tekan F9 untuk menampilkan mode Immersive Reader.
  • Jika sudah, klik tombol Alt + Prtsc letakkan pada halaman yang sudah disiapkan sampai muncul jendela interaktif.
  • Terakhir tinggal klik “Start scrolling capture”. Hasil tangkapan layar yang sudah jadi bisa langsung Anda simpan.

Nah, itulah beberapa cara screenshot panjang di laptop yang bisa Anda coba. Penting untuk menjadi catatan bahwa metode ini mungkin dapat memberikan hasil berbeda di setiap tipe laptop. Semoga membantu!