Laptop  

Langkah Memperbaiki Keyboard Laptop Lenovo Tidak Berfungsi

Keyboard Laptop Lenovo
freepik.com

Keyboard laptop Lenovo merupakan salah satu perangkat penting yang menjadi pendukung laptop atau komputer. Perangkat tersebut bisa memudahkan Anda dalam mengetik atau mengakses sesuatu. Terjadi kendala dalam keyboard laptop atau tidak berfungsi semestinya sudah sering terjadi. Hal itu bisa berpengaruh terhadap banyak hal terutama kegiatan kerja atau belajar Anda.

Penting sekali untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab kerusakan terjadi pada keyboard laptop. Di samping itu, Anda juga harus mencari solusinya saat keyboard laptop tidak dapat Anda gunakan.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Lenovo

Masalah yang sering terjadi pada keyboard laptop Lenovo yaitu salah satu tombol yang tidak berfungsi semestinya atau bahkan bisa semua tombol. Itu artinya, keyboard laptop tidak bisa menerima respon sekalipun meskipun Anda telah menekannya secara keras. Terlebih lagi layar laptop akan tetap tampak kosong sebab keyboard tidak dapat merespon untuk mengetik huruf.

Apabila keyboard laptop tidak bisa berfungsi, Anda tidak perlu panik atau buru-buru dengan mengganti sparepart laptop tersebut. Terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi keyboard laptop Lenovo yang tidak bisa berfungsi.

Membersihkan Keyboard Dari Debu

Apabila terdapat sejumlah tombol keyboard yang tidak bisa berfungsi, maka kemungkinan tombol tersebut bermasalah. Adanya kemungkinan bahwa tombol tersebut tidak bisa merespon perintah dikarenakan debu yang menumpuk.

Cara untuk mengatasinya, Anda hanya perlu memiringkan laptop pada sudut 75° serta menggoyangkan laptop untuk menyingkirkan debu-debu yang menumpuk. Anda bisa membersihkan bagian atas serta bawah keyboard memakai selotip untuk menyerap debu.

Merestart Laptop

Cara mengatasi keyboard laptop Lenovo yang tidak bisa berfungsi maka Anda bisa melakukan restart laptop. Perlu Anda ketahui bahwa penyebab rusaknya keyboard laptop bisa juga dikarenakan oleh software atau driver. Cara mengatasinya juga terbilang mudah, Anda hanya perlu melakukan restart laptop dengan tekan tombol power selama kurang lebihnya 5 detik saja.

Instal Ulang OS

Terdapat cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah keyboard laptop Lenovo tidak bisa berfungsi dengan baik. Dapat Anda lakukan restore ulang Windows guna pemulihan sistem.

Caranya, Anda klik Start pada menu, kemudian pilih Control Panel. Setelah itu lanjutkan dengan klik System and Security serta pilih Back Up Your Computer. Apabila sudah muncul halaman baru, Anda bisa Klik Recovery system Settings or Your Computer serta pilih Open System Restore.

Memperbaiki Driver Keyboard

Terdapat perbaikan lainnya yaitu update driver keyboard Anda. Caranya, Anda bisa membuka menu Control Panel kemudian memilih Sistem and Security serta klik Device Manager.

Dalam menu tersebut, Anda bisa menemukan driver untuk keyboard serta update driver keyboard tersebut dengan menyambungkan laptop ke koneksi internet.

Memakai Task Scheduler

Keyboard laptop Lenovo yang mengalami kerusakan bisa menghambat pekerjaan Anda untuk cepat selesai. Walaupun dalam situasi tersebut, Anda tidak perlu khawatir ketika keyboard mengalami kerusakan. Anda bisa mencoba membenahi keyboard dengan menggunakan Task Scheduler.

Task Scheduler sendiri yaitu salah satu fitur yang Windows miliki guna mengatur jadwal aktivitas terhadap komputer dengan otomatis sesuai jam serta tanggal yang sudah Anda Tentukan. Adapun cara penggunaannya yaitu terbilang mudah Anda hanya perlu memerintahkan saja tombol Run. Langkah berikutnya Windows akan memperbaiki secara otomatis.

Anda bisa Klik tombol Start, Tuliskan Scheduler pada Kolom pencarian memakai keyboard on screen. Hal itu berguna mengeluarkan jendela Task Scheduler. Apabila sudah terbuka, Anda bisa melihat pada bagian tabel sisi kanan. Buka Selected item, memilih perintah Run. Tunggu program berjalan, serta bisa menyelesaikan masalah yang sudah terjadi di keyboard Anda.

Memakai Task Manager

Task Manager adalah jendela yang berisikan barisan program yang sedang Anda jalankan di komputer atau laptop. Bisa mematikan salah satu fungsi program tersebut, supaya keyboard dapat kembali berfungsi normal. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keyboard laptop Lenovo sebagai berikut.

Tombol Start. Task Manager pada Kolom pencarian memakai keyboard on screen. Lanjutkan dengan Klik sekali program Task Manager guna menampilkan jendela. Apabila sudah terbuka, tap tombol More Details.

Pastikan Anda berada dalam Tab Processes. Gulir ke bawah serta cari yang bernama Cortana. Pelit sekali Cortana, kemudian klik kotak End Task. Setelah itu Anda bisa melakukan restart laptop.

Memakai Perintah Command Prompt

Cara berikutnya Anda bisa memakai perintah Command Prompt. Dapat Anda gunakan jendela Run guna memperbaiki keyboard laptop Lenovo yang tidak berfungsi semestinya. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ketik melalui on screen keyboard.

Pertama Anda bisa Klik tombol Start. Pada Kolom pencarian Anda bisa ketik peran memakai keyboard on screen. Setelah itu ketuk sekalian supaya jendela bisa terbuka. Lanjutkan dengan ketik pada Kolom pencarian “c:\windows\system32\ctfmon.exe ” kemudian OK. Tunggu serta restart komputer Anda.

Memakai Troubleshoot

Jika cara-cara yang sudah disebutkan di atas masih belum berhasil untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi. Gunakan fitur bawaan Windows yakni Troubleshooting. Layanan tersebut akan memudahkan Anda untuk menjalankan sebuah kasus error, serta memperbaikinya secara otomatis.

Pertama Anda bisa Klik tombol Start. Tab menu Settings. Klik pada pilihan Update and Security. Selanjutnya Anda bisa tab bagian menu Sisi kiri Troubleshoot. Gulir ke bawah serta klik tulisan keyboard. Tunggu Windows untuk menyelesaikan proses scanning. Setelah itu lanjutkan dengan repair otomatis.

Menonaktifkan Filter serta Kunci

Apabila keyboard tidak berfungsi namun masih berperilaku tidak terduga serta tidak mengetik tombol yang Anda tekan. Tentunya hal tersebut memungkinkan Anda dapat menonaktifkan tombol tempel, filter serta alihkan. Caranya sendiri Anda bisa memilih Setting kemudian Accessibility. Anda bisa lanjutkan ke keyboard kemudian nonaktifkan tombol saklar, tempel serta filter.

Mencoba F-Lock atau FN serta Numb Lock

Apabila tombol masih tidak berfungsi kemungkinan Anda perlu mengubah F-Lock atau FN. Tombol tersebut bisa Anda gunakan untuk menghidupkan serta mematikan tombol F atau F1 sampai F12 atau fungsi sekunder dari tombol F.

Sementara jika tombol angka yang tidak berfungsi, Anda dapat menekan Numb Lock yang dipakai untuk beralih fungsi utama angka serta sekunder seperti panah, home kemudian lihat, dan lain sebagainya dari keypad numerik laptop.

Mengganti Layout Keyboard

Layout keyboard merupakan pengaturan untuk menyelesaikan tombol keyboard dengan kebiasaan mengetik seseorang pada suatu negara. Terdapat salah satu contoh yaitu layout keyboard di negara Amerika Serikat dengan di Indonesia tentunya saja berbeda.

Hal tersebut dapat menimbulkan sebuah masalah contohnya keyboard laptop tidak bisa berfungsi sama sekali. Jika hal itu terjadi pada laptop Lenovo Anda. Berikut ini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk pembentukan layout keyboard.

Klik Start. Masuk ke bagian Setting. Pilihlah Time and Language. Ketuk Language. Anda bisa memilih bahasa yang akan Anda gunakan serta ketuk Option. Apabila sudah, hapus bahasa keyboard yang bukan QWERTY. Sedangkan Jika Anda ingin menambahkan lagi keyboard lain, maka Anda bisa klik menu Add a Keyboard.

Cara-cara yang sudah disebutkan di atas tentunya perlu Anda ketahui bagi pengguna laptop Lenovo. Anda bisa melakukannya dengan Mandiri jika kerusakan pada keyboard laptop Lenovo Anda belum begitu parah. Apabila cara-cara yang sudah disebutkan tidak membuahkan hasil juga. Anda bisa membawakan laptop Anda ke tukang service dengan segera. Hal itu supaya keyboard Anda mendapatkan penanganan secara baik, maka pekerjaan Anda tidak akan terganggu lagi.