Gadget  

Harga Poco F4 GT dan Fitur Lengkap di Dalamnya

Harga Poco F4 GT dan Fitur Lengkap di Dalamnya
unsplash

Harga Poco F4 GT saat pertama kali rilis berada di kisaran harga 8,9 juta hingga 9 jutaan rupiah. Smartphone ini masuk dalam kategori ponsel gaming kelas atas. Bersaing dengan HP gaming lain seperti ROG Phone 5, Black Shark, dan ZTE Nubia Red magic 7. Sebagai pendatang baru, tentunya F4 GT memiliki tugas berat untuk menggeser beberapa brand gaming lainnya.

Beragam Fitur Gaming Unggulan dan Harga Poco F4 GT

Masih sama dengan pendahulunya, yaitu Poco F3 GT, smartphone terbaru dari Poco ini membawa spek dewa. Spek yang diusung mampu melibas jajaran game berat dan terbaru sekalipun. 

Smartphone ini memakai chipset flagship terbaru di tahun 2022. Lalu, hal hebat apa saja yang F4 GT suguhkan dengan spesifikasi gahar ini? Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki ponsel gaming ini.

Snapdragon 8 Gen 1 yang Memberikan Performa Gaming Smooth dan Lancar

Chipset ini menjadi pilihan utama untuk smartphone dengan harga di atas 10 juta pada tahun 2022, merupakan chipset unggulan. Kinerjanya meningkat sebanyak 20% daripada pendahulunya, Snapdragon 888, sambil menghemat daya sebesar 30%.

Chipset ini menonjolkan konfigurasi prosesor octa core, termasuk 1 inti Kryo Prime (berbasis ARM Cortex X2) dengan kecepatan 3 GHz. 3 unit Kryo Gold (berbasis ARM Cortex A710) berkecepatan 2.5 GHz. 

Sedangkan 4 inti hemat daya Kryo Silver (berbasis ARM Cortex A510) dengan kekuatan 1.8 GHz. Selain itu, chipset ini telah beralih ke set instruksi ARMv9 dari ARM v8.2-1 yang digunakan pada Snapdragon 888.

Harga Poco F4 GT juga sangat worth it berkat hadirnya GPU Adreno 730 dengan frekuensi 818 MHz. Kemampuan GPU tersebut mampu meningkatkan kecepatan proses rendering sebesar 30% dan menghemat daya sebesar 25% dibanding GPU pada Snapdragon 888.

Varian dan Harga F4 GT

Smartphone dengan moto “Apex of Power” ini dapat Anda pilih dengan dua konfigurasi memori. Tersedia RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB, dan RAM 12 GB dengan memori internal 256 GB. Keduanya menggunakan teknologi terkini, yaitu LPDDR5 RAM dan standar internal UFS 3.1.

Untuk varian 8/128 berkisar di harga 5,3 jutaan rupiah. Sedangkan untuk varian tertinggi yaitu 12/256 harga Poco F4 GT mencapai 5,8 hingga 6 jutaan di tahun 2023 ini.

Desain Body Keren yang Memiliki Kesan Gaming

Karena merupakan ponsel gaming, penampilan POCO F4 GT tentu dirancang dengan sentuhan yang sangat kental untuk mencirikan performa yang tangguh. Desainnya sangat mencolok, dengan bilah segitiga yang menonjol dari luar ke dalam.

Di tengah-tengahnya, terdapat aksen satu garis yang mengalir dari atas ke bawah, memberikan tampilan futuristik. Tersedia tiga pilihan warna yang menarik, yaitu Knight Silver, Stealth Black, dan Cyber Yellow.

Untuk melindungi layar dari goresan, Xiaomi menggunakan lapisan Gorilla Glass Victus, yang merupakan generasi terkuat dari kaca pelindung Gorilla Glass di industri smartphone.

Bingkai ponsel ini terbuat dari aluminium, sementara bodi depan dan belakang menggunakan material kaca. Tidak ada lagi bahan plastik polikarbonat yang umumnya ditemui pada ponsel entry-level, memberikan kesan premium pada POCO F4 GT.

Inovasi Charger dengan Teknologi Fast Charging 120 Watt

Untuk aspek kecepatan pengisian daya menjadi ciri khas yang sangat istimewa. Harga Poco F4 GT yang hampir menyentuh angka 6 jutaan lebih tentu menawarkan kelebihan yang menarik. Poco memberikan charger 120 W di dalam paket penjualan. Suatu hal yang patut kita apresiasi mengingat tren untuk tidak menyertakan charger dalam kotak penjualan semakin umum.

Pihak produsen mengklaim bahwa fitur pengisian 120 W ini mampu mengisi baterai berkapasitas 4.700 mAh. Pengisian hanya membutuhkan waktu 17 menit dari 0 hingga 100%. Meskipun klaim tersebut memerlukan uji coba lebih lanjut untuk memverifikasinya sepenuhnya.

Dengan harga Poco F4 GT yang terjangkau untuk sekelas ponsel gaming, F4 GT memang menjadi salah satu yang terdepan. Khususnya dalam industri smartphone terjangkau dengan performa dan fitur yang lengkap.

Meskipun kapasitas baterainya tidak sebesar kebanyakan smartphone lain, hanya 4.700 mAh, di mana banyak ponsel lain menawarkan kapasitas 5.000 mAh. Namun daya tahan baterai Poco F4 GT ini dapat diandalkan untuk kebutuhan gaming dan multimedia sehari-hari.

Ponsel ini memiliki endurance rating sebesar 81 jam. Dengan durasi panggilan 3G selama 18 jam 36 menit, browsing web selama 11 jam 41 menit (120 Hz). Bahkan untuk pemutaran video selama 13 jam 30 menit (60 Hz).

Sistem Empat Speaker Stereo yang Menghasilkan Audio yang Bagus

Salah satu keunggulan lain berkat harga Poco F4 GT yang terjangkau ini adalah kehadiran quad stereo speaker. Ponsel ini memiliki empat speaker, dua di bagian atas dan dua di bagian bawah.

Penempatan keempat speaker ini juga cukup nyaman untuk menghasilkan suara yang lantang, terutama saat bermain game. Saat Anda gunakan dalam orientasi lanskap, keempat speaker tersebut berada di bagian atas, baik di sisi kiri maupun kanan. Sehingga tidak terhalangi oleh tangan ketika sedang Anda gunakan untuk bermain game.

Kualitas suara speaker ini juga sangat baik. Namun, sayangnya, hasil tersebut masih kalah dengan Motorola Edge 30 Pro (-24,2 LUFS) yang mendapat predikat “Very Good”. Ada pula ZTE nubia Red Magic 7 Pro (-22,6 LUFS) dengan predikat “Excellent”.

HP Gaming dengan Setup Kamera Terbaik

Harga Poco F4 GT yang terjangkau ini menyajikan konfigurasi Triple Camera. Terdiri dari sensor utama 64 MP (Sony IMX 686, 1/1,7 inci, f/1.9). Kemudian ada kamera ultrawide 8 MP (OmniVision OV08856, FOV 120 derajat, fokus tetap), dan kamera makro 2 MP.

Bagian depan ponsel ini menarik perhatian dengan kamera selfie 20 MP menggunakan sensor Sony IMX596. Mirip dengan kamera utama dengan teknologi Quad Bayer untuk menggabungkan empat piksel menjadi satu piksel besar. Pada kamera utama, sensor 64 MP menghasilkan output gambar 16 MP. Anda juga dapat memilih untuk mengambil foto dengan resolusi penuh 64 MP.

Poin yang Harusnya Bisa Lebih Bombastis

Sebagai ponsel gaming, meski harga Poco F4 GT terjangkau namun memiliki performa yang tidak bisa dianggap remeh. Namun, ada beberapa aspek yang sebenarnya bisa hadir lebih memikat. Seperti pada bagian body, ponsel ini masih menggunakan konsep yang kurang garang layaknya ponsel gaming lainnya. 

Desain bagian belakangnya masih terlihat sederhana dan polos. Meskipun demikian, tidak bisa kita pungkiri aspek ini masih bisa ditutup dengan fitur fast charging dan performa lainnya.

Berbagai fitur dan keunggulan tersebut sangat sebanding dengan harga Poco F4 GT. Meski bersaing dengan jajaran HP gaming lain yang lebih dulu rilis. Namun F4 GT mampu memberikan fitur unggulan yang lebih menarik. Mulai dari performa chipset, fast charging, hingga kualitas hasil jepretan kamera yang memukau. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh HP Android satu ini juga sangat terjangkau untuk sekelas smartphone gaming saat ini.