Gadget  

Cara Mengatasi Baterai Kembung, Tidak Perlu Beli Baru!

Cara Mengatasi Baterai Kembung, Tidak Perlu Beli Baru! (flckr.com) (pixabay.com)
Ilustrasi Gambar (flckr.com)

Cara mengatasi baterai kembung sangat penting untuk Anda ketahui agar tidak bingung ketika baterai mengalami masalah ini. Baterai merupakan komponen dalam smartphone yang sangat penting dan harus ada.

Baterai kembung juga sering disebut baterai hamil, dalam kondisi tersebut baterai akan kehilangan fungsinya yaitu untuk menampung daya. Jika HP Anda memiliki baterai yang kembung, ciri awalnya yaitu baterai mudah habis tanpa sebab.

Jika baterai dibiarkan begitu saja, maka hasilnya smartphone tidak bisa Anda gunakan lagi. Karena itu, Anda perlu membeli baterai baru yang harganya mungkin bisa ratusan ribu. Nah, dengan demikian Anda perlu tahu cara untuk mengatasinya sehingga tidak perlu beli baterai baru lagi.

Inilah Cara Mengatasi Baterai Kembung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, baterai adalah komponen penting dalam smartphone yang berguna untuk menyuplai daya. Sehingga, smartphone tersebut bisa menyala dan berfungsi sebagaimana mestinya. Jika baterai rusak, maka performa smartphone juga akan menurun, karena itu Anda perlu menjaga kesehatan baterai smartphone Anda.

Kondisi yang baterai yang harus dihindari adalah baterai kembung atau hamil. Anda pernah mengalami kasus baterai habis tiba tiba, padahal ponsel tidak digunakan? Jika iya, bisa jadi baterai smartphone Anda kembung.

Ada banyak penyebab mengapa baterai cepat habis, seperti menggunakan HP ketika di charge, membenarkan HP kehabisan daya, menggunakan charge kw dan sebagainya. Karena jika dibiarkan akan memperburuk keadaan smartphone, oleh sebab itu Anda perlu tahu cara mengatasi baterai kembung.

Melepaskan Baterai Dari Perangkat

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan HP terlebih dahulu. Untuk smartphone dengan jenis baterai removable akan lebih mudah dilepaskan. Namun jika non removable, maka disarankan untuk meminta bantuan yang lebih ahli.

Kipaskan Untuk Menurunkan Suhu Baterai

Baterai yang sudah kembung akan mengalami overheat, karena itu Anda perlu mengangin-anginkannya dengan menggunakan kipas. Anda juga bisa membiarkannya di ruang ber-AC.. Mengangin-anginkan bisa menurunkan suhu baterai sehingga tidak terlalu panas.

Namun kami sarankan jangan memasukan baterai smartphone ke kulkas, sebab hal ini justru akan memperburuk kondisi baterai. Jika hal tersebut dilakukan maka baterai akan basah karena suhu yang terlalu dingin. Dengan begitu, cara paling aman adalah dengan mengangin-anginkan saja menggunakan kipas.

Copot dan Pasang Kembali Baterai

Jika kondisi baterai sudah sedikit membaik, maka Anda bisa memasangnya kembali pada perangkat, lakukan dengan hati hati, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.  Jika memang tidak ahli dalam hal ini, maka Anda boleh minta bantuan orang lain.

Apalagi jika baterai smartphone Anda tipe non-removable yang membutuhkan keahlian khusus untuk membongkarnya. Ya, ketimbang membuat smartphone tersebut tambah rusak ada baiknya untuk membawa ke konter terdekat atau teknisi yang ahli.

Mengisi Daya Dengan Charger Original

Jika ingin baterai bisa digunakan dengan normal, maka Anda perlu menggunakan charge original atau bawaan dari ponsel. Apabila memang sudah rusak, maka belilah yang semerek dengan smartphone tersebut. Hindari menggunakan charger kw yang kualitasnya tidak jelas.

Jaga Suhu Baterai

Cara mengatasi baterai kembung lainya dengan menjaga subuh baterai. Sebaiknya pertahankan suhu baterai Anda, jangan sampai overheat karena akan memperburuk smartphone. Seperti sarankan sebelumnya gunakan saja kipas angin untuk menurunkan suhunya.

Menjaga Daya Dari 50% Hingga 90%

Kondisi terbaik baterai adalah 50% hingga 90%, jika baterai Anda masih penuh maka masih aman untuk digunakan. Namun jika sudah mendekati 30% maka sebaiknya segera cas. Jangan sampai ada peringatan baterai, atau kelebihan daya karena proses charger yang lama.

Itulah cara mengatasi baterai kembung yang mudah untuk dilakukan. Dengan cara tersebut Anda bisa lebih leluasa menggunakan smartphone tanpa takut baterai kembung.

Pencarian Popular

https://wartaterbaru com/4219/cara-mengatasi-baterai-kembung-tidak-perlu-beli-baru html