Gadget  

HP Panas Saat di Cas Ternyata Ini 5 Penyebabnya

HP Panas Saat di Cas Ternyata Ini 5 Penyebabnya (istockphoto.com)
Ilustrasi HP Panas Saat di Cas (istockphoto.com)

Kondisi HP panas saat di cas sebenarnya terdapat beberapa faktor atau aktivitas yang tidak benar ketika pengguna mengisi daya. Yakni di mana kondisi ini jika dibiarkan akan membuat HP rusak.

Terdapat banyak sekali penyebab dari ponsel panas ketika mengisi daya. Bukan hanya satu atau dua penyebab saja, melainkan bisa timbul dari banyaknya faktor. Dalam hal ini, biasanya para pengguna tidak tahu bahwa cara mengecasnya salah. Sehingga juga tidak mengerti jika demikian itu akan mengakibatkan komponen HP rusak serta lemot.

Maka dari itu, artikel kali ini akan memberikan sebuah solusi cepat dan mudah yang bisa Anda terapkan ketika mengisi daya HP agar tidak mengalami panas berlebihan. Langsung saja, baca dan simak artikel bawah ini.

HP Panas Saat Di Cas Ketahui Penyebabnya

Sudah pasti dan umum bagi para pengguna akan mengalami kondisi HP panas saat di cas. Kondisi HP panas, ketika pengguna mengisi daya itu memang wajar. Namun, jika Anda abaikan saja, maka jangan harap jika HP bertahan lama.

Justru kebalikannya, HP perlahan akan rusak dan komponen lemah. Memang bermain ponsel ketika isi daya dengan segala kondisi sangatlah menyenangkan. Terlebih jika Anda sedang berada di posisi bermain game. Tentu akan sulit berhenti lantaran masih asyik-asyiknya.

Akan tetapi hal tersebut tidak baik jika Anda terus-teruskan. Karena apa, sebab ponsel Anda nanti bisa mengalami beberapa kali pekerjaan dan menyebabkannya rusak. Selain itu, penggunaan baterai pada ponsel juga mudah cepat habis.

Langsung saja berikut penyebab kenapa HP Anda panas ketika dicas:

1. Kondisi Lingkungan yang Panas

Penyebab pertama mengapa HP panas ketika diisi daya yakni lingkungan sekitar memang sedang panas-panasnya. Bisa saja Anda sedang berada dalam ruangan panas ketika mengisi daya pada ponsel. Hal ini bisa mengakibatkan perangkat ponsel panas. Hindarilah menyimpan atau menggunakan perangkat di tempat panas guna meminimalisir kerusakan baterai.

2. Kinerja Prosesor

Kinerja prosesor tinggi tentu memicu handphone panas. Saat bermain game atau menonton video streaming, prosesor akan bekerja lebih cepat dari biasanya. Refresh rate yang tinggi akan membuat handphone berjalan mulus.

Namun hal ini juga memicu handphone panas dan baterai boros. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, sebab pada umumnya, HP sekarang ini prosesornya sudah dilengkapi fitur fast charging serta pendingin baterai.

3. Kebanyakan Aplikasi

Anda perlu mengecek aplikasi sedang dijalankan dalam perangkat ponsel. Banyaknya aplikasi yang terbuka secara bersamaan bisa menjadi penyebab ponsel cerdas menjadi panas. Sebaiknya Anda menutup atau uninstal aplikasi sudah tidak digunakan. Hal ini fungsinya agar perangkat tetap stabil dan baik kinerjanya.

4. Menggunakan HP Ketika Anda Isi Daya

Bermain HP ketika mengisi daya, sudah pasti akan membuat panas. Selain panas, HP juga mudah mengalami kerusakan serta baterai ponsel cepat habis. Ketika tengah mengisi daya, usahakan simpan HP hingga daya terisi penuh. Jangan sekali-kali ketika tengah mengisi daya menggunakan HP.

5. Tidak Menggunakan Charger Original

Faktor dari charger sendiri juga kerap menimbulkan adanya panas berlebih. Menggunakan charger yang bukan bawaan, akan membuat HP Anda ketika isi daya mengalami panas.

Ya, hal ini karena ketika menggunakan charger asli, komponen teruji secara baik bagi HP. Berbeda dengan charger non asli, maka komponen tentunya tidak mesti sesuai dengan Hp Anda. Wajar jika akan meningkatkan suhu Hp.

Jadi, tetap usahakan memakai cas asli saat pengisian. Atau jika charger Anda rusak, Anda bisa mencari ganti yang sejenis dari ponsel milik Anda untuk alternatifnya.

Ada 5 penyebab mengapa HP panas saat di cas. Jadi dari penyebab tersebut, Anda harus bisa menghindarinya. Agar HP tetap aman dan kinerjanya pada perangkat.