Contoh Jaringan Nirkabel, Penghubung Perangkat Tanpa Kabel

Contoh Jaringan Nirkabel
pixabay.com

Contoh jaringan nirkabel terdiri dari teknologi yang bisa menghubungkan perangkat tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel menjadi salah satu pendukung untuk mendapatkan kemudahan dalam penggunaan perangkat.

Penggunaan perangkat dengan koneksi tanpa kabel tentu lebih mudah dan praktis daripada menggunakan kabel. Selain itu, jaringan-jaringan tanpa kabel juga bisa membuat jangkauan koneksi lebih luas ke berbagai perangkat.

Contoh Jaringan Nirkabel
pixabay.com

Contoh Jaringan Nirkabel dan Kelebihannya

Jaringan nirkabel merupakan teknologi tanpa kabel yang bisa menghubungkan dua perangkat atau lebih. Penghubung dua perangkat atau lebih ini fungsinya ialah untuk berkomunikasi tanpa kabel dalam transmisi datanya. Kehadiran jaringan ini bisa membuat beberapa perangkat saling terhubung satu sama lainnya walaupun jauh dari router.

Jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik seperti radio, infrared, sampai mikro untuk mengirim data ke perangkat lainnya. Jarak yang bisa terjangkau dengan jaringan ini beragam bisa jarak jauh dan juga jarak dekat. Teknologi seperti ini terdapat pada beberapa barang seperti halnya smartphone.

Smartphone sudah mendukung jaringan wifi dan bluetooth untuk terhubung ke perangkat lainnya. Terdapat beberapa contoh dari jaringan tanpa kabel yang umum memiliki manfaat. Berikut ini merupakan beberapa contoh jaringan nirkabel:

WMAN

WMAN atau Wireless Metropolitan Area Network menjadi salah satu contoh jaringan tanpa kabel yang bisa menghubungkan pada beberapa titik wilayah metropolitan. Melalui jaringan ini para pengguna bisa menempuh jaringan dengan mudah.

Penggunaan jaringan WMAN contohnya yaitu seperti gedung perkantoran 1 dengan gedung perkantoran 2, dengan jangkauan satu kota sekaligus. Jaringan ini biasa disebut dengan istilah metropolitan yang menunjukkan bahwa suatu kota atau wilayah.

WLAN

WLAN atau Wireless Lokal Area Network bisa menghubungkan dua perangkat atau lebih untuk kebutuhan pertukaran data dan informasi. Jaringan nirkabel ini bisa memberikan beberapa koneksi melalui access point untuk jaringan lebih luas. Jaringan WLAN umumnya terdapat di tempat-tempat dengan wilayah kecil dan tidak terlalu luas.

Penggunaan jaringan WLAN umumnya terdapat di wilayah kecil seperti sekolah, bandara, perkantoran, sampai perpustakaan. Wilayah jangkauan WLAN ini cukup untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak terlalu luas dalam kebutuhan internet.

WPAN

Contoh jaringan nirkabel selanjutnya yaitu WPAN atau Wireless Personal Area Network. Salah satu jaringan nirkabel ini memiliki jangkauan yang paling kecil daripada lainnya. Hal ini terjadi karena jaringan bersifat mendadak dan umumnya tidak selalu dibutuhkan.

Jarak yang bisa terjangkau menggunakan jaringan WPAN yaitu 10 meter saja. Contoh dari jaringan WPAN ini seperti bluetooth yang terdapat pada smartphone, tablet, sampai laptop.

WWAN

WWAN atau Wireless Wide Area Network berfungsi untuk para pengguna untuk terkoneksi ke jaringan publik atau jaringan pribadi. Salah satu jaringan nirkabel ini memiliki jangkauan yang jauh dan bisa menjangkau gabungan beberapa wilayah sekaligus sampai membentuk jaringan satu negara.

Penggunaan jaringan WWAN saat ini umum terdapat pada smartphone untuk kebutuhan internet. Contoh penggunaan WWAN yaitu seperti 2G, 3G, 4G, sampai 5G. Semua pengguna yang memiliki smartphone pasti akan memanfaatkan jaringan WWAN. Dengan adanya jaringan ini pengguna smartphone bisa merasakan internetan sesuai kebutuhan di tempat manapun dan kapanpun.

Nah, itu dia beberapa contoh jaringan nirkabel yang bisa menghubungkan antara dua perangkat atau lebih tanpa menggunakan kabel. Keberadaan jaringan ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan pertukaran data atau informasi dengan mudah dan lebih cepat. Biaya penggunaan jaringan ini juga lebih terjangkau dan mampu menjangkau daerah terpencil. Tetapi jaringan nirkabel ini rawan gangguan sinyal karena menggunakan gelombang elektromagnetik.