Aplikasi Chat Selain WA, Gratis dan Banyak Fiturnya

Aplikasi Chat Selain WA
pixabay.com

Aplikasi chat selain WA sangat beragam. Ada banyak aplikasi chat populer lainnya yang bisa menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Saat ini memang WhatsApp menjadi salah satu aplikasi bertukar pesan paling populer. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi lainnya.

Aplikasi Chat Selain WA Gratis

Aplikasi chatting adalah sebuah kebutuhan. Dengan aplikasi ini, para penggunanya bisa terhubung kemana saja.

Kehadiran aplikasi chat memang sangat memudahkan komunikasi. Semua orang bisa bertukar pesan teks hingga suara kapan saja dan dimana saja.

WhatsApp adalah aplikasi chat dengan pengguna yang sangat banyak. Padahal, sebenarnya ada banyak pilihan aplikasi chat lainnya yang bisa digunakan.

Telegram

Aplikasi satu ini memiliki fitur yang mirip dengan WA. Telegram merupakan aplikasi bertukar pesan yang juga tidak kalah populer.

Pengguna Telegram tersebar di seluruh dunia. Aplikasi ini menjadi yang paling mirip, sehingga bisa menggantikan penggunaan WA.

Sayangnya, Telegram tidak menyediakan fitur video call yang sangat bermanfaat untuk sebagian besar orang. Menariknya, Telegram versi terbaru juga sudah terdapat fitur story.

Pengguna Telegram bisa mengirim file dengan bebas, maksimal sebesar 1,5 GB. Ada juga fitur Channel dengan kapasitas besar dan juga Bot yang jadi keunggulannya.

Instagram

Pilihan aplikasi chat selain WA berikutnya adalah Instagram. Sebenarnya Instagram merupakan platform media sosial yang sangat populer.

Berbeda dengan Facebook, Instagram memang lebih mengutamakan photo edit dan juga photo sharing. Pada awalnya, fitur chat pada Instagram memang kurang mumpuni.

Akan tetapi, DM Instagram kini sudah lebih update. DM Instagram bahkan memiliki berbagai jenis fitur menarik yang sama seperti aplikasi chat pada umumnya.

Bisa dibilang lebih menarik ketimbang Facebook, DM Instagram tidak perlu pengguna unduh secara terpisah. Bahkan, pengguna bisa mengirim pesan suara, video call, pesan teks, GIF, video, dan lain sebagainya.

Sayangnya DM Instagram kurang dari segi emoticon. Penggunaan volume data dari Instagram juga cukup besar, sehingga perlu pengguna pertimbangkan lagi.

Skype

Sebenarnya Skype lebih terkenal sebagai aplikasi video conference. Padahal, Skype juga bisa untuk mengirim pesan antar sesama pengguna.

Ketika dalam keadaan darurat, pengguna Skype bisa menggunakan aplikasi ini menggunakan enkripsi end-to-end. Sehingga, proses pengiriman pesan akan terjamin keamanannya.

Menggunakan Skype bisa dengan kuota internet maupun pulsa. Jadi, pengguna memilih banyak pilihan yang akan memudahkan penggunaannya.

Untuk pengiriman gambar, Skype jelas juaranya. Kualitas gambar dari Skype ini bahkan lebih jelas daripada Google Duo.

WeChat

WeChat jadi rekomendasi aplikasi chat selain WA berikut. Aplikasi ini sebenarnya sangat terkenal di China. Warga China menggunakan WeChat sebagai aplikasi utama bertukar pesan. Tidak hanya chatting, aplikasi WeChat juga bisa untuk mengirim gambar maupun video dengan fitur ‘moment’.

Penggunaan WeChat sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan WA. WeChat juga memiliki fitur nearby atau radar sekitar yang memudahkan penggunanya dalam mencari teman baru dengan smartphone.

Semua aplikasi tersebut dapat pengguna temukan dengan mudah di Google Play Store maupun AppStore. Menariknya, semua aplikasi chat bisa digunakan secara gratis.

Jadi, pengguna tidak perlu membayar ketika mengunduh atau menggunakan aplikasi tersebut. Jika sudah terbiasa menggunakan WA, maka menggunakan aplikasi tersebut juga tidak sulit.

Aplikasi chat selain WA tersebut tidak kalah menarik. Fitur mereka juga tidak jauh berbeda, sehingga pengguna bisa menggunakannya dengan baik kapan saja untuk berkomunikasi jarak jauh maupun dekat.