Laptop  

Cara Mengetahui Laptop Kena Hacker dan Tips Mengatasinya

Mengetahui Laptop Kena Hacker
pixabay.com

Penting sekali  untuk mengetahui laptop kena hacker, karena tak jarang orang-orang menyimpan data penting di laptop. Laptop adalah sebuah komputer pribadi yang memiliki banyak fungsi mudah dipindahkan dan dibawa ke berbagai tempat sesuai kebutuhan kita. 

Benda yang mudah dilipat ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan bermacam-macam pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi. Teknologi mempunyai peranan penting dalam pengolahan dan penyimpanan data.

Tanda-tanda untuk  Mengetahui Laptop Kena Hacker

Laptop memiliki banyak fungsi penting selain memudahkan pekerjaan laptop juga sebagai penunjang pendidikan, sarana komunikasi, membuat konten, edit foto maupun video, sebagai hiburan, tempat mengekspresikan bakat diri, dan yang paling terpenting sebagai penyimpanan data penting. Oleh karena itu, harus berhati-hati jangan sampai laptop kena hacker

Hacker bisa menyusup ke dalam laptop atau komputer tanpa kita sadari, akan ada banyak hal yang dapat diambil yang sekiranya menguntungkan bagi dirinya. Jadi, sangat penting untuk mengetahui tandanya seperti di bawah ini.

1. Terjadi Perubahan Pengaturan

Pengaturan berubah tanpa kita sadari seperti latar belakang, ikon yang hilang serta pengaturan lain yang aneh. Apabila seperti itu kemungkinan laptop kita disadap. Periksa dan kembalikan ke pengaturan semula.

2. Aplikasi lemot

Salah satu tanda laptop kita kena hacker terjadi performa yang lambat dan menurun. Bisa jadi ada perangkat lunak jahat yang masuk sehingga mempengaruhi kinerja laptop.

3. Baterai Low

Tanda selanjutnya sebagai cara mengetahui laptop kena hacker yaitu adanya aplikasi lain yang masuk tanpa sepengetahuan kita. Aplikasi tersebut bertujuan untuk mencari informasi dengan niatan jahat, menyebabkan daya baterai akan cepat habis.

4. Software Antivirus dinonaktifkan Hacker

Pengaturan software antivirus yang non aktif akibat ulah hacker, sehingga virus akan lebih mudah masuk dan merusak kinerja laptop atau komputer kita.

5. Mouse yang Bergerak Sendiri

Ketika mouse bergerak sendiri tanpa adanya interaksi langsung dari pengguna, itu bisa menjadi tanda bahwa laptop telah diremote oleh seorang hacker dari jarak jauh. Aktivitas semacam ini sering kali merupakan upaya penyadapan yang berbahaya, karena hacker dapat mengakses dan mengontrol sistem tanpa sepengetahuan pemiliknya.

6. Terjadi Perubahan Aktivitas Online

Ada perubahan dalam aktivitas online ketika mendapati ada email baru muncul saat membuka laptop, meskipun tidak pernah mengubah email tersebut. Meski teknologi semakin maju, tetap penting untuk berhati-hati dalam penggunaannya.

7. Munculnya Iklan Setelah Pencarian

Selalu muncul iklan secara tiba-tiba saat mencari sesuatu produk yang kita butuhkan, meskipun tidak memesan produk tersebut. Bukti bahwa dalam hal ini internet memang disadap.

Tips Mengatasi  Laptop Agar Terhindar dari Hacker

Setelah kita mengetahui laptop kena hacker dengan ciri-ciri yang telah disebutkan di atas, tentu bisa lebih waspada lagi dalam penggunaanya, berbagai cara dapat dilakukan seperti.

1. Memperbarui Perangkat Lunak

Selalu melakukan pembaruan sistem operasi karena sangat penting dan membantu melindungi laptop. Periksa apakah ada virus malware yang masuk dan menginstal perlindungan komprehensif dengan memastikan perlindungan data telah diperbarui.

2. Putuskan koneksi internet

Matikan segera laptop dan memutuskan koneksi internet yang bertujuan mengurangi kerusakan yang terjadi dan untuk mencegah penyadap melanjutkan aktivitasnya.

3. Safe Mode

Langkah lain untuk menghindari hacker dengan menyalakan laptop tanpa jaringan dan tanpa aplikasi tambahan agar meminimalisir penyadapan. Sebaiknya menggunakan sistem operasi dengan fitur sederhana.

4. Selalu Memeriksa Aktivitas Laptop

Memeriksa semua aktivitas yang terjadi apakah ada perubahan data atau email baru, aktivitas pembelian online yang terakhir. Batalkan apabila merasa tidak melakukanya dengan memeriksa percakapan terbaru saat bertransaksi untuk memastikan kebenarannya.

5.Membuat Sandi yang Kuat

Gunakan kata sandi yang kuat agar akun ataupun data tetap aman. Buat sandi dengan kombinasi huruf besar dan kecil serta angka. Usahakan snsd yang dibuat tidak mudah ditebak.

Setelah membaca uraian tentang cara mengetahui laptop kena hacker dan bagaimana solusi untuk mengatasinya semoga menambah pengetahuan serta semakin mengurangi kejadian penyadapan yang tidak diinginkan. Keamanan laptop sangat penting dalam dunia digital seperti sekarang ini untuk itu berhati-hati lah dalam menggunakan internet agar tidak mudah terkena hacker.