Laptop  

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Mudah Dilakukan

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi
id.pinterest.com

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi dapat dilakukan secara mandiri. Pasalnya baterai laptop tidak mengisi dapat menjadi masalah yang berat bagi penggunanya. Hal ini membuat laptop yang sering dipakai untuk belajar, bekerja, atau aktivitas lain tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Terlebih lagi jika baterai sudah benar-benar tidak dapat diisi dalam keadaan 0%. Tentu akan membuat pengguna merasa bingung seandainya laptop diperlukan mengerjakan sesuatu. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai laptop tidak dapat mengisi.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi dengan Mandiri

Beberapa cara mengatasi baterai laptop tidak bertambah ketika pengisian bisa dilakukan secara mandiri maupun membawanya ke tukang service. Di bawah ini adalah langkah yang bisa diterapkan dalam meningkatkan performa baterai kembali.

Mengganti Baterai

Jika permasalahan terjadi karena baterai laptop bocor, maka pengguna dapat membeli baterai baru serta merawatnya supaya lebih awet. Sekarang ini sudah tersedia banyak toko elektronik yang menyediakan komponen tersebut. Pengguna bisa membelinya, baik melalui online maupun offline pada kios tertentu.

Mencoba Melepas Baterai

Baterai yang tidak bisa menampung daya, maka pengisian baterainya dapat terhenti. Untuk itu, pengguna bisa mencoba melepas baterai tersebut, kemudian matikan laptop, serta colokan charger. Apabila sedang berjalan maka pengguna harus segera mengganti komponennya dengan barang yang baru.

Menutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi berikutnya dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Pasalnya laptop yang keberatan memproses aplikasi akan membuat laptop hang sampai pengeluaran daya baterai berlebih. Pengguna bisa menutup aplikasi yang tidak digunakan. Dalam hal ini juga bisa meringankan kinerja baterai serta membuat isinya bertambah.

Memeriksa Sambungan Listrik

Sambungan antara listrik ke laptop yang terhubung oleh kabel serta adaptor charger. Pastikan colokan ke stop kontak tersebut benar-benar sempurna. Jangan sampai kendor maupun terganjal sesuatu.

Memeriksa Sambungan

Dalam hal ini memeriksa sambungan konektor atau port charger. Banyak sekali pengguna laptop selalu menanyakan alasan charger laptop terkadang tidak masuk. Hal itu bisa juga karena kendornya konektor charger, sehingga pengguna bisa memutar colokan untuk memperoleh titik keterhubungannya.

Mencoba Charger Sembari Mematikan Laptop

Laptop tidak dapat di charger ketika hidup bisa diatasi dengan pengecasan dalam mode mati. Kinerja yang berat ketika aktif dapat membuat pengisian tertahan. Untuk itu, pengguna bisa mencoba untuk mematikan dan melakukan pengisian sampai penuh.

Menggunakan Charger Asli Bawaan Laptop

Cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi berikutnya yaitu dengan menggunakan charger asli bawaan dari laptop atau orisinil. Dalam ini memang perlu diperhatikan sebab produk tersebut telah dibuat secara khusus untuk masing-masing merek.

Membeli Charger Baru

Baterai laptop yang plugged in charging namun tidak mengisi bisa diatasi dengan penggantian charger yang baru. Lantas apa maksud dari plugged in not charging? Pasalnya istilah ini menggambarkan kabel cas terhubung, namun pengisian tidak bisa berjalan.

Memilih Cara Mengatasi Baterai yang Tepat

Dari banyaknya cara yang sudah disebutkan, maka pengguna bisa memilih salah satu diantaranya. Cobalah satu persatu dari cara yang ada sampai memberikan hasil yang maksimal. Apabila semua cara sudah dilakukan namun tidak ada hasilnya. Pengguna bisa membawa laptop ke tempat service.

Pasalnya cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi ke tempat service menjadi pilihan terakhir. Membawa laptop ke tempat service juga akan membutuhkan biaya yang sesuai dengan kerusakan serta komponen apa saja yang perlu diperbarui.