Tekno  

Media Sosial Adalah Wadah untuk Saling Berinteraksi Via Online

Media Sosial Adalah
simplilearn.com

Media sosial adalah wadah daring yang digunakan untuk interaksi sosial secara online melalui internet. Di dalam platform ini, pengguna dapat berkomunikasi, berinteraksi, berbagi informasi, berjaringan, serta melibatkan diri dalam beragam aktivitas lainnya.

Media Sosial menggunakan teknologi berbasis website atau aplikasi untuk memfasilitasi dialog interaktif. Contoh media sosial yang populer meliputi YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain sebagainya.

Media Sosial Adalah? Ini Definisinya Menurut Para Ahli

Media sosial merupakan platform atau situs web yang digunakan untuk berinteraksi, berbagi konten, dan berkomunikasi dengan orang lain secara online. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat profil pribadi, berbagi foto, video, dan teks, serta terlibat dalam berbagai aktivitas seperti komentar, suka, dan berbagi konten dari pengguna lain.

Media sosial telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang, dan telah mengubah cara kita berkomunikasi, berbagi informasi, dan terhubung dengan orang lain di seluruh dunia.

Para ahli telah memberikan beragam pengertian mengenai media sosial, di antaranya adalah:

1.Terry

Media sosial adalah media komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk bersama-sama menghasilkan konten dan menggunakan teknologi penyiaran berbasis internet yang berbeda dari media cetak dan siaran tradisional.

2. Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien

Media sosial ialah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun dengan dasar ideologi Web 2.0, yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran User Generated Content.

3. Philip Kotler dan Kevin Keller

Menurut mereka, media sosial merupakan sarana bagi konsumen untuk bertukar informasi teks, gambar, video, dan audio dengan sesama pengguna dan perusahaan.

4. Michael Cross

Medsos adalah istilah yang mencakup berbagai teknologi yang mengikat orang dalam kolaborasi, pertukaran informasi, dan interaksi melalui pesan berbasis web.

5. Marjorie Clayman

Media sosial merupakan alat pemasaran baru yang memungkinkan untuk memahami pelanggan dengan cara sebelumnya tidak mungkin.

6. Chris Brogan

Media sosial adalah serangkaian alat komunikasi dan kolaborasi baru yang memungkinkan berbagai jenis interaksi yang sebelumnya tidak tersedia bagi masyarakat umum.

Jenis-Jenis Media Sosial

Ada berbagai jenis media sosial yang dapat ditemukan di internet, termasuk:

  1. Jejaring Sosial: Contohnya YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Google Plus, dan Pinterest.
  2. Komunitas Online (Forum): Seperti Kaskus.co.id, Ads.id, dan Brainly.co.id.
  3. Situs Blog: Contohnya Maxmanroe.com, Sugeng.id, dan Bloggerborneo.com.
  4. Social Bookmark: Termasuk StumbleUpon, Reddit, dan Slashdot.

Karakteristik Media Sosial

Media sosial memiliki sejumlah karakteristik yang membedakannya, termasuk:

  • Partisipasi pengguna

Semua media sosial mendorong pengguna untuk berpartisipasi dengan memberikan umpan balik terhadap pesan atau konten. Pesan ini dapat diakses oleh banyak orang.

  • Keterbukaan

Mayoritas media sosial memberikan pengguna kesempatan untuk memberikan komentar, voting, berbagi, dan lainnya tanpa perlu melalui gatekeeper.

  • Perbincangan

Media sosial memungkinkan interaksi dengan konten, baik dalam bentuk reaksi maupun perbincangan antar pengguna, dengan penerima pesan dapat menentukan kapan melakukan interaksi.

  • Keterhubungan

Melalui media sosial, pengguna dapat terhubung dengan orang lain melalui tautan dan sumber informasi lainnya, dan pengiriman pesan lebih cepat dibandingkan media lainnya.

Tujuan Media Sosial

Tujuan media sosial adalah sebagai berikut:

  • Aktualisasi diri

Sebagai tempat bagi individu untuk mengekspresikan diri, menunjukkan bakat, dan keunikan mereka.

  • Membentuk komunitas

Media sosial memfasilitasi komunitas online dengan minat yang sama.

  • Menjalin hubungan pribadi

Memungkinkan orang untuk menjalin hubungan personal.

  • Media pemasaran

Menjadi platform efektif untuk promosi bisnis.

Fungsi Media Sosial

Setelah memahami pengertian dan karakteristik media sosial, penting untuk memahami fungsinya. Beberapa fungsi media sosial umumnya mencakup:

  • Memperluas interaksi sosial

Media sosial memanfaatkan teknologi internet dan website untuk memperluas interaksi sosial manusia.

  • Komunikasi dialogis

Media sosial menciptakan komunikasi dialogis antara banyak audiens (many to many).

  • Transformasi isi pesan

Mengubah manusia dari pemakai isi pesan menjadi pesan itu sendiri.

  • Personal branding

Membangun personal branding bagi pengusaha dan tokoh masyarakat.

  • Media pemasaran

Media sosial merupakan platform yang potensial untuk memasarkan produk dan layanan.

Demikianlah pengertian, karakteristik, fungsi, tujuan, dan jenis media sosial. Jaid, media sosial adalah sebuah media yang menyediakan fasilitas bagi penggunanya agar saling berinteraksi atau membagikan konten dalam bentuk apapun. Baik teks, video, foto, serta video. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pemahaman Anda.