Tentang SIM Akademik Universitas Mercubuana, Sarana Mempermudah Akses Kampus Secara Digital

sim akademik universitas mercubuana

Perkembangan zaman digital memang mempermudah aktivitas setiap manusia yang berada di seluruh negeri. Melalui akses internet dapat mempermudah mencari dan mendapatkan informasi bermanfaat. Salah satu perkembangan dunia digital pada basis pendidikan perguruan tinggi adalah kehadiran SIM Akademik Universitas Mercubuana pada saat ini.

Apa Itu SIM Akademik Universitas Mercubuana

Secara sederhana SIM akademik dapat diartikan sebagai sebuah sistem berbasis online yang mempunyai fungsi mempermudah kegiatan akademik. Kemampuan sistem ini adalah dapat memudahkan menyebarkan link pendaftaran mahasiswa baru, upload jadwal kuliah, pengisian nilai dan semacamnya. Lebih menariknya lagi bahwa sistem akademik dengan basis online dapat melakukan analisis terhadap perkembangan kampus.

Pada Universitas Mercubuana ini telah menggunakan sistem akademik model online ini sebagai sarana dalam mengelola kampus secara kompleks. Melalui sistem ini akan lebih memudahkan dalam mengontrol aktivitas kampus dengan menggunakan perangkat komputer atau hp dan jaringan internet saja. Dengan demikian akan melakukan akses kampus akan jauh lebih mudah dan dapat dilakukan dimanapun keberadaannya.

Fitur Canggih SIM Universitas Mercubuana

Penggunaan sistem akademik informasi dengan basis online memang menjadi solusi terbaik bagi setiap universitas. Pasalnya penyampaian informasi atau hal lainnya akan dapat tersebar secara cepat tanpa menunggu lama lagi. Untuk fitur-fitur sistem ini masih dikembangkan dan akan dibahas seperti ulasan berikut:

1. Fitur Perencanaan Studi

Perlu diketahui bahwa SIM Universitas Marcubuana mempunyai kemampuan dalam mengatur perencanaan studi mahasiswa secara online. Melalui fitur ini para mahasiswa dalam mengatur mata kuliah, cek KRS, validasi dari Dosen, data IPS dan lainnya. Tentu saja kehadiran fitur ini akan memudahkan mahasiswa mengakses persyaratan kuliah menuju tahap berikutnya.

2. Fitur Perkuliahan

Fitur menarik selanjutnya yang ada pada sistem akademik informasi adalah fitur perkuliahan. Keberadaan fitur ini sangat membantu dalam menjalankan proses perkuliahan pada setiap semesternya. Melalui fitur ini akan memudahkan dalam melakukan setting ujian, mencantumkan nilai hasil ujian dan mentransfer mahasiswa.

3. Fitur Pengisian Absensi

Prestasi seorang mahasiswa dapat diketahui dengan sering hadirnya pada jam kuliah sedang berlangsung. Untuk mempermudah pemantauan apakah mahasiswa hadir atau tidak, maka penggunaan sistem akademik informasi sangat cocok. Sebab terdapat sebuah fitur absensi mahasiswa secara online melalui jaringan internet.

4. Fitur Forum Diskusi Kelas Online

Menjalani masa-masa pandemi memang mengharuskan mahasiswa belajar dengan dosen secara online. Guna mendukung proses tersebut, maka Universitas Mercubuana telah memakai sistem akademik informasi berbasis online. Hal ini diharapkan mahasiswa mampu berdiskusi secara online melalui fitur yang telah disediakan di dalamnya.

5. Fitur Data Pegawai

Penyimpanan data kampus memang akan lebih maksimal tersimpan dengan menggunakan website. Kelebihan dalam penggunaan website adalah penyimpanannya sangat luas dan dapat diakses dimanapun keberadaannya. Fitur data pegawai ini mempunyai keunggulan yakni dapat memberikan informasi secara detail para dosen maupun mahasiswanya.

6. Fitur Pembayaran

Setiap mahasiswa yang menggunakan jalur reguler pastinya akan memperoleh tanggungan membawa semester. Pembayaran bagi mahasiswa kini dapat dilakukan secara online melalui fitur pembayaran di sistem akademik informasi online kampus. Tentu saja ini akan memudahkan mahasiswa karena tidak perlu membawa banyak uang untuk pergi mentransfer ke bank.

7. Fitur Setting Dokumen Pendaftaran

Kehadiran SIM Universitas Mercubuana memang sangat memudahkan para administrasi dalam melakukan perombakan tentang persyaratan pendaftaran. Melakukan perombakan melalui fitur ini akan jauh lebih mudah karena hanya mengubah tulisan yang akan di update. Dengan begitu penyebaran akan informasi pendaftaran akan segera diterima calon mahasiswa.

Demikian tadi ulasan tentang SIM Akademik Universitas Mercubuana yang mempunyai banyak sekali manfaat di dalamnya. Silahkan memanfaatkan fasilitas tersebut dengan bijak agar tercipta sebuah manfaat dalam bidang pendidikan.