Teknologi WAN, Jaringan yang Berbasis Area Luas

Teknologi WAN, Jaringan yang Berbasis Area Luas (pixabay.com)
Teknologi WAN, Jaringan yang Berbasis Area Luas (pixabay.com)

Teknologi WAN atau singkatan dari Wide Area Network yang definisinya adalah salah satu jaringan dengan wilayah cakupannya sangat besar. Jaringan yang satu ini sangat berguna untuk berbagai sektor.

Misalnya saja pendidikan, bisnis, perkantoran, dan lainnya untuk mengakses internet atau kemudahan dalam bertukar informasi, alasanya karena saling terintegrasi.

Teknologi WAN, Jaringan yang Berbasis Area Luas

Dengan menggunakan jaringan yang memiliki cakupan area atau wilayah luas ini banyak keuntungan yang akan didapatkan. Namun, juga ada kerugian yang harus dipertimbangkan. Jaringan WAN sendiri ini sebuah jaringan komputer yang bisa menghubungkan banyak komputer dengan jarak jauh.

Cakupan luas yang dijangkau oleh jaringan WAN ini sendiri mulai dari antarkota hingga satu negara. Biasanya jaringan ini digunakan untuk bidang bisnis profesional yang menghubungkan jaringan kantor mereka. Setiap kantor biasanya memiliki jaringan lokal atau LAN yang kemudian terhubung melalui WAN.

Karakteristik Jaringan WAN

Setiap jaringan tentu saja memiliki karakteristik yang berbeda, misalnya saja seperti kinerja dan luas cakupannya. Berikut ini karakteristik dari jaringan WAN.

  • Cakupan jaringan WAN yang sangat luas.
  • Jaringan ini bekerja dengan cara melalui data link pada layer OSI dan physical.
  • Selanjutnya pengguna juga dapat mengakses bandwidth meskipun jaraknya jauh.
  • Kemudian jaringan WAN ini memungkinkan sebuah komputer atau perangkat dapat terhubung dalam satu jaringan yang sama. Hal ini dalam jarak yang tidak lagi bisa dijangkau oleh MAN atau LAN.

Cara Kerja Teknologi WAN

Jaringan WAN sendiri biasanya memakai dua komponen teknologi komunikasi, yaitu komponen switching dan kabel transmisi. Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari satu computer ke yang lainnya. Sementara itu komponen switching komponen dari sebuah komputer khusus untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih.

Saat data dikirimkan oleh suatu komputer hingga ke kabel penerima, maka komponen switching akan memilih kabel penerima untuk kemudian menyalurkan paket-paket berisi data yang telah diterima. WAN sendiri tidak memiliki perbedaan signifikan dengan LAN dalam fungsionalnya.

Akan tetapi yang membedakan keduanya adalah perangkat yang dipakai dalam membangun jaringan dan berapa banyak biaya yang diemban untuk mengakses jaringan-jaringan tersebut.

Layanan Jaringan WAN

Layanan dari jaringan WAN ini sebagian besarnya disediakan oleh perusahaan penyedia jaringan atau ISP dengan memberlakukan beberapa layanan teknologi jaringan WAN, yakni:

  • X.25 adalah suatu teknologi jaringan WAN yang terdapat dalam switching melalui jaringan PSTN.
  • Leased lines yang merupakan salah satu teknologi jaringan WAN dengan menggunakan suatu koneksi secara langsung yang mempunyai sifat permanen antara piranti yang berhubungan dan memberikan suatu koneksi konstan dengan layanan koneksi berkualitas atau QoS.
  • Frame Relay yang merupakan salah satu layanan teknologi jaringan WAN dan masih masuk dalam paket switching. Dimana paket ini memungkinkan adanya suatu komunikasi WAN melalui line digital berkualitas tinggi.
  • PSTN atau Public Switched Telephone Network, yang merupakan teknologi WAN dengan memanfaatkan line telepon. Cara kerjanya dengan mengubah data digital dalam komputer menjadi data analog dengan memanfaatkan perangkat keras, yakni modem.

Fungsi Jaringan WAN

Meskipun jaringan ini terbilang jaringan yang ekslusif, tentu saja WAN memiliki berbagai fungsi yang tidak ada pada jaringan lainnya.

  • Biaya pembangunan yang tergolong terjangkau untuk perusahaan, sehingga akan mengurangi biaya operasional.
  • Dapat mendukung operasional perusahaan.
  • Dapat mempermudah komunikasi.
  •  Bisa diintegrasikan dengan MAN dan LAN.

Teknologi WAN sendiri memiliki banyak kelebihan dengan kelas luas cakupan yang mampu dijangkau. Sehingga jaringan ini cocok untuk perusahaan yang ingin mendapatkan efisiensi dan efektivitas data dalam jaringan sama.