Laptop  

Cara Meredupkan Layar Laptop yang Beragam Secara Mudah

Cara Meredupkan Layar Laptop
id.pinterest.com

Cara meredupkan layar laptop dapat dilakukan dengan mudah. Layar laptop mempunyai pengaturan gelap terang yang bisa pengguna atur sesuai dengan keinginan.

Berbeda halnya dengan layar handphone atau smartphone yang mana pengaturan cahayanya berada di menu depan, untuk mengatur pencahayaan layar laptop sendiri bisa pengguna lakukan melalui monitor maupun keyboard.

Bagi pengguna pemula laptop, tentu akan merasa bingung bagaimana caranya mengatur pencahayaan laptop secara mudah. Untuk itu, simak ulasan berikut ini mengenai beberapa cara alternatif untuk meredupkan layar laptop.

Cara Meredupkan Layar Laptop Secara Mudah

Seringkali ketika sedang menggunakan laptop, kecerahan layar bisa mengganggu pekerjaan. Terutama Windows yang memiliki fitur meredupkan layar, memungkinkan para pengguna untuk mengatur pencahayaan layar, namun tombol tersebut tersembunyi. Nah, berikut ini alternatif mudah untuk meredupkan layar laptop.

Memakai Kecerahan dari Monitor

Untuk cara yang pertama dalam meredupkan layar laptop yaitu menggunakan pengaturan tingkat kecerahan monitor menggunakan monitor secara langsung. Pada umumnya, monitor PC atau Personal Computer Desktop mempunyai tombol khusus untuk mengatur kecerahannya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu merasa repot. Cukup dengan memencet tombol kecerahan untuk mengatur cerah tidaknya dari layar laptop.

Menggunakan Menu Personalize

Tidak hanya dengan menekan tombol kecerahan pada area monitor, pengguna juga bisa memakai menu personalize. Benar sekali, umumnya menu ini dipakai untuk mengganti wallpaper pada PC atau laptop.

Kendati demikian, menu tersebut juga bisa pengguna memanfaatkan untuk mengatur kecerahan layar laptop. Untuk caranya sendiri terbilang sangat mudah. Anda bisa ikuti tutorial berikut.

  1. Pertama, masuk halaman Windows bagian utama.
  2. Klik kanan pada mouse.
  3. Setelah itu bisa klik personalize.
  4. Pilihlah display untuk mengatur kecerahannya. Umumnya, menu Display ini berada pada bagian pojok kiri bawah serta dekat See Also.
  5. Berikutnya, klik Adjust Brightness dan atur sesuai dengan kebutuhan

Klik Kanan pada Windows

Sebelumnya, cara ini bisa digunakan untuk Windows 10. Untuk pengguna yang memakai PC atau laptop berbasis Windows 10, terdapat cara yang lebih mudah dalam mengatur kecerahan layar. Pengguna tidak perlu repot-repot untuk klik menu Personalize lagi.

Nantinya hanya membutuhkan mouse, pengguna sudah dapat mengatur tingkat kecerahan secara mudah. Cara meredupkan layar laptop Windows 10 dengan menggunakan klik kanan mouse sebagai berikut.

  1. Pertama, bisa meletakkan kursor di halaman utama Windows.
  2. Setelah itu, klik kanan serta pilih yang ada pada menu Display Setting.
  3. Pilihlah bagian Brightness and Colour, Change Brightness.
  4. Nantinya terdapat sebuah bar serta sebuah garis yang dapat digeser ke kanan serta kiri untuk mengatur tingkat kecerahan layar laptop atau PC

Shortcut Keyboard

Bagi pengguna Windows 10, terdapat alternatif cara meredupkan layar laptop yang mudah. Pasalnya cara paling sederhana untuk mengatur kecerahan layar dengan memakai pintasan keyboard laptop. Untuk setiap laptop mempunyai tombol kecerahan yang tidak sama. Pada biasanya tombol tersebut terdapat tanda icon cahaya.

Contohnya saja untuk laptop HP, pengguna bisa mengatur kecerahan laptop melalui tombol F2 serta F3. Sementara untuk penggunaan laptop Asus, bisa menggunakan tombol kecerahan layar yang ada pada tombol F5 serta F6.

Memilih Cara yang Tepat serta Mudah Sesuai dengan Windows

Dari beberapa cara meredupkan layar laptop yang sudah disebutkan di atas, tentu pengguna bisa memilih cara yang paling mudah serta sesuai dengan Windows yang digunakan. Nah, untuk pengguna Windows 10, maka cara-cara tersebut bisa dilakukan secara mudah. Jika cara yang dipilih belum membuahkan hasil, maka bisa mengganti dengan cara yang lainnya. Dengan begitu, laptop dengan kecerahan layar yang sesuai dengan kebutuhan mata tentu akan membuat mata pengguna tidak merasakan sakit.