Fungsi Brainware Sistem pada Komputer dan Jenisnya

Fungsi Brainware Sistem
unsplash.com

Fungsi brainware sistem pada sebuah komputer merupakan bagian penting. Perangkat keras tidak bisa berfungsi optimal tanpa perangkat lunak. Begitu pula dengan sebaliknya. Sedangkan keduanya juga tidak dapat bekerja tanpa adanya brainware. Sehingga tiga komponen penting ini saling terkait dan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.

Fungsi Brainware Sistem, Jenis, dan Komponennya

Istilah brainware digunakan untuk menghubungkan manusia dengan ciptaannya, dalam hal ini adalah komputer. Sayangnya, tidak sedikit yang belum memahami betul mengenai brainware. Meskipun mereka rutin menggunakan perangkat komputer dan sistem aplikasi di dalamnya. Padahal ini adalah satu dari beberapa aspek penting yang perlu dipahami dalam dunia komputer. Berikut inilah uraian penjelasan mengenai brainware pada sistem komputerisasi.

Pengertian Brainware

Sederhananya, brainware yaitu seseorang yang mengoperasikan sebuah perangkat dan sistem komputer. Selain itu, istilah tersebut juga memiliki arti sebagai perangkat intelektual yang mampu mengeksplorasi hardware dan software pada sistem komputer. Perangkat intelektual tersebut adalah semua profesional yang membuat sistem dan menangani langsung pengolahan data.

Fungsi Brainware Sistem Pada Perangkat Komputer

Dalam sebuah sistem komputer, brainware adalah poin penting utama yang tidak dapat lepas kaitannya dengan hardware dan software. Tanpa adanya perangkat intelektual ini, software maupun hardware mustahil dapat berjalan dengan benar.

Ketiga unsur ini saling berhubungan dan saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Brainware di sini memiliki fungsi sebagai pembangun sistem komputer.

Selain itu juga melakukan monitoring data supaya komputer dapat bekerja secara maksimal. Kemudian untuk pengguna komputer memiliki sebutan user. Secara umum, user terbagi menjadi beberapa, yaitu programmer, admin, dan operator.

Jenis-Jenis Brainware

User atau pengguna komputer terbagi menjadi beberapa mengacu pada fungsi brainware sistem. Pertama ada project manager yang memimpin suatu project tertentu. Komponen ini berfungsi sebagai pengawasan dan mempunyai peranan langsung pada optimasi sistem.

Kedua ada programmer yang memiliki keahlian untuk menguasai bahasa pemrograman. Tugas dari programmer ini adalah membuat program yang bisa mendukung sistem komputer bekerja dengan optimal.

Selanjutnya ada operator komputer yang mempunyai kemampuan dalam mengoperasikan sistem dan suatu program. Entah itu membuat dokumen, mengedit, menyimpan, dan aktivitas lainnya.

Kemudian ada pula peran teknisi yang merupakan seorang ahli dalam melakukan perawatan dan perbaikan. Baik permasalahan pada hardware maupun software. Ada juga yang disebut dengan sistem analis yang memiliki tanggung jawab dalam meneliti dan manajemen. Terutama untuk mengatur kebutuhan komputerisasi suatu lembaga.

Komponen Brainware

Selain memiliki beberapa jenis, brainware juga terdiri dari beberapa komponen. Secara umum perangkat intelektual ini dibagi menjadi dua komponen. Terutama dalam pengoperasian dan pengelolaan setiap elemen komputer.

Ada hardware engineer dan software engineer. Kemudian berdasarkan platformnya, brainware terbagi menjadi beberapa komponen. Antara lain yaitu administrator, backup, network configurator, power user, remote user, replicator, dan debugger.

Kemudian berdasarkan pada web platform, user terdiri dari webmaster, designer, operator, dan user atau pengguna. Selanjutnya brainware berdasarkan pada software builder terdiri atas 4 user. Beberapa diantaranya adalah system analyzer, programmer, operator, dan yang terakhir adalah user.

Dalam setiap lembaga, fungsi brainware sistem harus mampu bekerja secara optimal. Komponen perangkat intelektual tersebut harus selalu ada dan terhubung dengan hardware serta software secara baik. Tujuannya adalah supaya sistem dapat beroperasi secara selaras demi keteraturan sistem maupun manajemen. Sistem yang baik tentunya harus mampu menghasilkan informasi bermanfaat secara langsung dan akurat.