Fungsi Jaringan PAN, Sebagai Jaringan Pusat Berbagai Perangkat

Fungsi Jaringan PAN, Sebagai Jaringan Pusat Berbagai Perangkat (istockphoto.com)
Fungsi Jaringan PAN, Sebagai Jaringan Pusat Berbagai Perangkat (istockphoto.com)

Fungsi jaringan PAN tentu berbeda dengan jaringan internet yang lainnya. Diman PAN atau sering disebut dengan Personal Area Network, merupakan sebuah koneksi yang dimanfaatkan para pengguna internet agar tersambung ke perangkat elektronik.

Semisal mouse, wireless, keyboard, speaker, dan komputer. Tentu bagi sebagian orang belum tahu-menahu mengenai jaringan PAN ini. Apalagi bagi orang awam yang jauh dari teknologi.

Untuk itu, Anda wajib tahu mengenai jaringan PAN ini beserta fungsinya. Tepat sekali, artikel kali ini akan memberikan penjelasan mengenai jaringan PAN khususnya fokus pada fungsi jaringan satu ini. Selain fungsi, kami juga memberikan ulasan lain dari jaringan PAN seperti keuntungan.

Pengertian dan Fungsi Jaringan PAN

Terdapat dua fungsi jaringan PAN yang perlu Anda ketahui. Sebelum mengetahui fungsi dari jaringan Personal Area Network, Anda harus tahu apa itu PAN? PAN sendiri merupakan jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi jarak dekat antar perangkat pribadi.

Jaringan PAN juga melibatkan sejumlah perangkat elektronik pribadi, mulai dari smartphone, PC, dan masih banyak lagi. Sebab jangkauannya terbilang dekat, kurang lebih 10 meter. Pastinya jaringan PAN ini berbeda jauh dengan jaringan lainnya yang dimana memiliki jangkauan luas.

PAN bisa berupa jaringan nirkabel atau kabel. Untuk jaringan nirkabel PAN menggunakan metode seperti bluetooth, WiFi, IrDA. Sementara untuk jaringan kabel bisa menggunakan sebuah USB.

Berbagai perangkat dalam PAN bisa saling terhubung satu sama lain dan bisa terhubung pada jaringan LAN. Walaupun perangkat bisa saling terhubung. Pada saat ingin terhubung ke internet hanya PC yang dapat tersambung secara langsung.

Hal itu menjadi salah satu faktor dari jaringan PAN yang tidak menyertakan router Sehingga tidak bisa terhubung ke internet langsung.

Berikut fungsi dari PAN:

1. Sebagai Pusat dan Titik Awal Berbagai Perangkat

Fungsi pertama dari jaringan PAN adalah sebagai pusat awal dari berbagai perangkat guna bisa saling terkoneksi dari jarak dekat. Yakni misalnya smartphone dengan PC dan lain sebagainya.

2. Sebagai Komunikasi/Transmisi Data

Fungsi kedua dari jaringan PAN yakni bisa untuk melakukan komunikasi ataupun transmisi data dengan jarak yang dekat. Keuntungan seperti itu tidak akan bisa Anda dapatkan dari jaringan internet lainnya. Fungsi itu memiliki perang penting dalam membuat aktivitas orang lebih produktif.

Seputar PAN

Setelah Anda tahu fungsi dari jaringan PAN, kini ke informasi tambahan dimana akan membahas keuntungan dari PAN sendiri. PAN memang sebagai jaringan yang memiliki karakteristik tersendiri.

Dimana karakteristiknya itu menjadikannya berbeda dengan jaringan lainnya. Karakteristik pertama dari jaringan PAN adalah sebagai jaringan komunikasi dengan jangkauan jarak dekat.

Selain sebagai jaringan komunikasi jarak dekat, PAN juga bisa terhubung ke internet menggunakan WPAN. Lebih menariknya lagi dari PAN yakni tidak membutuhkan daya yang besar dan biaya besar juga.

Bahkan PAN ini juga mempunyai keuntungan besar bagi para penggunanya. Dimana keuntungan ini tidak bisa pengguna rasakan ketika menggunakan jaringan lain. Setiap keuntungan tentunya memberikan kepuasan tersendiri bagi pengguna PAN. 

Langsung saja berikut ini beberapa keuntungan PAN:

  • Tidak membutuhkan ruangan luas dan besar.
  • Tidak membutuhkan kabel tambahan.
  • Bisa terhubung dengan banyak perangkat dalam waktu bersamaan.
  • Hemat biaya, mudah digunakan, aman serta praktis.
  • Data bisa disinkronkan antar perangkat yang saling terhubung.
  • Bisa Anda gunakan di kantor, konferensi, dan meeting.

Fungsi jaringan PAN sudah Anda ketahui beserta seperti informasi tambahan mulai dari karakteristik dan keuangan PAN itu sendiri. Kini Anda tinggal memilih dan menggunakan jaringan network PAN untuk mempermudah kegiatan Anda setiap hari.