Mengenal Lebih Detail Jaringan Internet ADSL, Koneksi Cepat dan Kilat

Mengenal Lebih Detail Jaringan Internet ADSL, Koneksi Cepat dan Kilat
Ilustrasi gambar dari act.net.id

Jaringan internet ADSL merupakan teknologi komunikasi data yang bisa mentransmisikan data secara cepat melalui kabel tembaga telepon. Jaringan internet ini mempunyai sifat asimetrik.

Artinya, bahwa data yang ditransferkan dengan menggunakan kecepatan berbeda dari suatu sisi ke sisi yang lainnya. Teknologi ADSL mampu mengirimkan sebuah data dengan kecepatan 1,5 Mbps hingga 8 Mbps bagi yang untuk arah sentral ke pelanggan.

Untuk 16 Kbps sama 640 Kbps bagi pelanggan ke sentral atau Upstream. Hadirnya ADSL Network membuat masyarakat bisa mudah mengirimkan layanan interaktif multimedia hanya dengan jaringan akses kabel tembaga saja.

Pada intinya fungsi ADSL yakni sebagai teknologi komunikasi data bisa digunakan untuk mentransfer data dan kebutuhan internet secara fisik menggunakan line telepon.

Pengertian Jaringan Internet ADSL

Jaringan internet ADSL sebagai jenis internet lebih tuan dan populer dimana juga sering disebut dengan Asymetric Digital Subscriber Line. Jadi teknologi satu ini cara kerjanya melalui kabel tembaga dari saluran telepon yang ada dan terutama digunakan untuk broadband rumah.

 ADSL mempunyai berbagai jenis macam kecepatan diantaranya USB, router, dan perangkat lain. Misalnya ada yang bisa digunakan untuk 2 komputer dengan menggunakan USB dan ada juga bisa digunakan hingga 4 komputer. Bahkan lebih menariknya, menggunakan Ethernet LAN.

Untuk modem ADSL sendiri mempunyai fungsi guna mengetahui jalannya proses koneksi yang sedang terjadi. Umumnya lampu yang ada pada modem ADSL contohnya adalah lampu PPP, lampu power, serta lampu DSL.

Adanya lampu tambahan jika memakai koneksi USB dan Ethernet LAN. Lampu ADSL ini menunjukkan koneksi jika sudah terhubung atau belum pada line telepon serta lampu PPP menunjukkan adanya arus data ketika melakukan searching.

Hal paling penting untuk pengguna ketahui ketika menggunakan ADSL yaitu IP modem dan kata sandinya, kenapa hal ini begitu penting? Sebab menyangkut keamanan dari penggunaan layanan untuk konsumen diberikan kepada pihak provider.

IP menjadi salah satu syarat guna memasuki jaringan internet. Jika pengguna ingin mengubah kata sandi biasanya butuh memasukkannya kembali sesuai dengan perubahan Anda lakukan. Jadi jika semua proses telah berhasil maka nanti secara otomatis terhubung ke jaringan internet dengan ADSL.

Kelebihan Menggunakan ADSL

Setelah Anda tahu pengertian dari jaringan ADSL kini giliran Anda harus tahu apa saja kelebihan dari menggunakan teknologi ADSL. Pada intinya kelebihan yang nanti Anda rasakan bisa mempermudah adanya kegiatan Anda. Salah satunya akan hal komunikasi dunia digital.

Berikut kelebihan ADSL:

1. Akses Kecepatan Tinggi

Kelebihan pertama ADSL adalah memiliki layanan broadband dengan kecepatan unggul atau tinggi. Kecepatan ADSL ini lebih besar daripada jaringan narrowband seperti ISDN dan modem analog dial up.

Asymmetric Digital Subscriber Line memudahkan penggunanya dalam mengunduh file data kapasitas tinggi. Anda juga bisa menonton video, mendengarkan musik tanpa harus menunggu loading lama.

2. Koneksi Selalu Aktif

ADSL merupakan layanan koneksi internet selalu aktif dimana tidak membutuhkan proses dial up. Selama komputer Anda menyala, Anda bisa mengunjungi berbagai web kapanpun Anda mau.

Informasi real time yang ada melalui koneksi yang selalu aktif. Menariknya lagi Anda tidak akan melewatkan pesan atau berita yang sensitif untuk waktu. 

Kelebihan lain dari ADSL adalah tidak adanya biaya telepon untuk menggunakan internet. Dimana ADSL ini memberikan koneksi akte rate tersedia sepanjang waktu. Jadi pengguna bisa bermain game sepuasnya tanpa khawatir menghabiskan waktu lama.

Sudah tahu bukan mengenai seputar jaringan internet ADSL mulai dari pengertian hingga kelebihan dari teknologi koneksi internet tercepat ini. Kini Anda tinggal menggunakan dan memanfaatkan saja.