Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing, Kini Gunakan Teknologi Baru

Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing, Kini Gunakan Teknologi Baru (youtube.com)
Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing, Kini Gunakan Teknologi Baru (youtube.com)

Aplikasi penerjemah bahasa asing saat ini banyak yang membutuhkan. Hal ini mengingat kebutuhan menerjemahkan untuk berbagai macam kegiatan. Mulai dari kegiatan pada ruang pendidikan hingga aktivitas saat melakukan perjalanan wisata.

Terdapat banyak aplikasi yang bisa Anda pilih dari Google Play Store maupun App Store milik Apple. Jenis aplikasi penerjemah yang dibutuhkan sebenarnya tergantung dari kebutuhan masing-masing. 

Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa menerjemahkan teks, ucapan, serta gambar. Bahkan juga bisa melakukan percakapan real time bersama seseorang dengan berbicara bahasa yang berbeda.

Ada juga beberapa aplikasi lainnya yang menawarkan pengucapan audio seperti kalimat. Tak perlu khawatir, ada aplikasi yang mengemas dukungan offline agar bisa terus menerjemahkan tanpa adanya koneksi internet.

5 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Asing

Kemajuan teknologi saat ini memudahkan untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk bepergian ke luar negeri. Sebab, tidak harus menguasai bahasa negara yang akan Anda kunjungi.

Hanya perlu instal aplikasi penerjemah di ponsel untuk berkomunikasi. Apalagi saat ini semakin banyak aplikasi yang memiliki fitur penerjemah dari bahasa negara apapun ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya.

Teknologi yang digunakan pada aplikasi penerjemahan tersebut juga melibatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) serta pemrosesan bahasa alami (natural language processing). Penggunaan kecerdasan buatan dalam mengembangkan model bahasa dan algoritma. Hal ini akan akan memungkinkan aplikasi mengenali serta memahami bahasa asing.

Adapun rekomendasi aplikasi penerjemahan bahasa asing yang banyak digunakan saat ini, adalah sebagai berikut.

Google Translate

Google Translate adalah salah satu platform penerjemahan yang populer dan mudah digunakan. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dari berbagai platform, termasuk situs web, aplikasi seluler, hingga fitur terintegrasi dalam Google Chrome.

Aplikasi ini menerjemahkan lebih dari 100 bahasa. Bahasa yang tidak umum yakni bahasa Swahili dan bahasa Yiddish juga tersedia. Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat fitur seperti pengenalan tulisan tangan, foto, serta suara.

Microsoft Translator

Microsoft Translator juga termasuk aplikasi penerjemahan yang mendapatkan dukungan dari teknologi kecerdasan buatan. Untuk menggunakannya bisa secara online maupun offline. Aplikasi ini bisa menerjemahkan lebih dari 60 bahasa. Fitur unik yang tersedia seperti penerjemahan real-time untuk percakapan dua arah serta mode kamera dalam menerjemahkan teks langsung dari foto. 

iTranslate

Aplikasi penerjemah bahasa asing yang populer pada kalangan pengguna iOS dan Android adalah iTranslate. Aplikasi ini juga akan mendukung lebih dari 100 bahasa. Bahkan, memiliki fitur seperti terjemahan real-time dan terdapat pengenalan suara. Fitur unik pada aplikasi ini seperti terjemahan tulisan tangan serta kamera yang bisa membaca teks dalam bahasa asing.

DeepL Translator

Aplikasi penerjemahan selanjutnya ini yang menggunakan teknologi neural machine translation sehingga mampu menghasilkan terjemahan lebih akurat dan alami. Aplikasi ini bisa menerjemahkan lebih dari 20 bahasa. Fitur unik yang tersedia untuk memperbaiki kesalahan terjemahan serta mendukung penerjemahan dokumen lebih mudah.

Papago

Papago merupakan aplikasi penerjemahan yang populer di Asia, khususnya Korea Selatan. Aplikasi ini bisa menerjemahkan lebih dari 13 bahasa termasuk bahasa Korea, Jepang, China, Inggris, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini memiliki fitur penerjemahan real-time serta kamera untuk membantu membaca teks berbahasa asing. Bahkan tersedia fitur untuk memperbaiki kesalahan terjemahan dengan cara lebih mudah.

Aplikasi penerjemah bahasa asing saat ini menjadi alat yang sangat berguna. Memudahkan komunikasi dengan orang dari negara-negara berbeda serta mengakses informasi dalam bahasa yang tidak Anda pahami.