Berikut 4 Jenis Teknologi Internet yang Bagus Anda Gunakan

Berikut 4 Jenis Teknologi Internet yang Bagus Anda Gunakan (pixabay.com)
Berikut 4 Jenis Teknologi Internet yang Bagus Anda Gunakan (pixabay.com)

Siapa di antara kamu yang penasaran dengan jenis teknologi internet? Mungkin sebagian dari kamu ada yang belum tahu, namun kini ada banyak sekali teknologi dalam internet. Bahkan sejauh ini sudah ada berbagai macam teknologi yang digunakan untuk melakukan akses internet, baik itu dalam bentuk kabel maupun tanpa kabel. Selain itu dengan hadirnya teknologi ini, maka memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi serta mempermudah jalur komunikasi.

Bahkan saat ini perkembangan teknologi kian canggih dengan hadirnya inovasi baru di kalangan masyarakat, tak terkecuali jaringan internet. Jaringan tersebut juga memiliki peran teknologi informasi dan komunikasi yang terus mengalami kemajuan, serta mempunyai tujuan untuk jalur komunikasi antar masyarakat. Bahkan atas dukungan teknologi tersebut, kamu dapat dengan mudah menghubungkan laptop dan ponsel melalui berbagai cara.

Beberapa Jenis Teknologi Internet yang Sangat Membantu Aktivitas Masa Kini

Mungkin bagi kamu yang sangat penasaran dengan informasi teknologi ini, silahkan simak penjelasan di bawah. Karena memang teknologi di zaman sekarang sangat mempermudah jalur komunikasi, sehingga ulasan berikut wajib disimak bagi pengguna laptop hingga ponsel.

1. Teknologi LAN

Menjadi salah satu teknologi yang dapat kamu gunakan untuk menghubungkan laptop dan hp ke jaringan internet, sehingga namanya sangat populer di kalangan masyarakat. Selain itu jaringan LAN ini memang pada dasarnya sudah banyak digunakan tak terkecuali di kalangan kampus, perusahaan, hingga warnet. Sedangkan teknisnya sendiri sebuah komputer atau laptop akan dijadikan sebagai layanan, kemudian kamu tinggal menghubungkan ke internet. Biasanya komputer atau laptop tersebut akan berfungsi sebagai server yang dihubungkan dengan ISP melalui kabel telepon, sehingga sangat praktis dan memudahkan jalur penyambungan.

2. Teknologi GPRS

Jenis teknologi internet satu ini merupakan hasil dari kepanjangan General Packet Radio Service, dimana itu menjadi salah satu alat komunikasi data dan suara yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan gelombang radio. Selain itu, GPRS juga mempunyai beberapa kemampuan yang dapat mengomunikasikan data atau suara saat alat bergerak, sehingga sangat menarik bukan? Sistem GPRS sendiri juga dapat kamu gunakan untuk mentransfer data seperti ketika browsing, kirim email, atau data gambar. Bahkan jenis teknologi ini memiliki hubungan erat dengan aktivitas internet, sehingga namanya sangat terkenal di kalangan masyarakat.

3. Teknologi Dial-Up

Biasanya digunakan oleh perorangan yang ingin mengakses internet dari rumah, sedangkan jenis komputernya adalah tunggal. Selain itu komputer yang digunakan untuk dial-up memang harus tunggal, dan pastikan bukan jaringan komputer. Hal tersebut dikarenakan akses internet yang menggunakan dial-up mempunyai kecepatan maksimal 56 KBPS, sehingga banyak orang tertarik menggunakan teknologi jenis ini. Selain itu ada 2 jenis dial-up yang dapat kamu temukan yaitu internal dan eksternal, kemudian semua itu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

4. Teknologi Jaringan WiFi

Hampir semua orang mengenal dengan yang namanya WiFi, dimana jaringan ini tidak menggunakan kabel apapun. Mungkin gambarannya hampir sama seperti hp yang menggunakan teknologi radio, sehingga proses mentransfer data dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan WiFi juga tidak hanya dapat kamu gunakan untuk mengakses internet, tetapi bisa dimanfaatkan ketika akan membuat jaringan tanpa kabel di sebuah perusahaan. Oleh karena itu banyak orang yang tertarik menggunakan WiFi daripada kuota, sebab kebebasan aksesnya jauh lebih baik. Selain itu WiFi juga sangat praktis, karena kamu tidak perlu repot memasang kabel network.

Sekian jenis teknologi internet yang dapat kamu simak ketika akan menggunakannya, hal ini juga sangat bermanfaat serta dijamin praktis.