Gadget  

Layar HP Tidak bisa Disentuh, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Layar HP Tidak bisa Disentuh
Foto: unsplash.com

Layar HP tidak bisa disentuh merupakan salah satu masalah yang cukup serius. Pasalnya, pengguna tidak bisa menggunakan HP tersebut sebagaimana mestinya.

Layar HP yang tidak responsive, disebabkan karena berbagai macam faktor. Seperti RAM HP yang sudah terlalu penuh, perangkat tidak sengaja tertimpa benda berat, pemakaian charger yang kurang tepat, hingga HP kemasukan air.

Layar HP Tidak bisa Disentuh, Begini Cara Memperbaikinya

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa pengguna terapkan untuk mengatasi layar HP tidak berfungsi. Mulai dari restart HP, membersihkan layar, mencabut SIM card, setel HP ke mode pabrik, hingga membawanya ke tempat service.

1. Restart HP

Restart HP adalah salah satu cara yang paling praktis untuk memperbaiki layar HP tidak bisa disentuh. Mengingat layar tidak responsif, bisa menggunakan tombol yang ada di bagian sisi HP.

Setiap HP memiliki tombol kombinasi yang berbeda. Umumnya, tombol yang sering digunakan yakni tombol untuk menurunkan volume, menaikan volume, tombol turn off atau turn on.

2. Membersihkan Layar dan Mengganti Lapisan Pelindung

Layar tidak bisa disentuh seringkali terjadi karena sudah terlalu kotor atau banyak debu yang menempel. Penyebab lainnya, lapisan pelindung HP mengalami kerusakan.

Kerusakan pada lapisan pelindung atau screen protector karena basah atau terlalu panas, berdampak buruk pada fungsi layarnya. Screen protector memang berperan penting untuk melindungi layar HP dari goresan, baret, atau retak. Namun, tetap saja ada faktor risiko yang dapat mempengaruhi fungsinya.

Sebaiknya, segera lakukan penggantian screen protector. Lepas screen protector dari layar HP. Kemudian, bersihkan layar HP dengan menggunakan kain yang lembut dan kering.

Usap semua bagian layar secara menyeluruh. Setelah itu, pasang lapisan pelindung layar yang baru. Silakan coba kembali, apakah layar sudah berfungsi seperti semula.

3. Mencabut SIM Card

Cara lain yang bisa pengguna terapkan, yakni dengan mencabut SIM card dari HP. Sebelum mencabutnya, pastikan gangguan pada layar bersumber dari SIM card-nya. Sebab, masalah pada layar jarang disebabkan karena kondisi SIM card, perangkat USB, atau kartu memorinya.

Jika ingin melepas SIM card, matikan HP terlebih dahulu. Setelah itu, cabut SIM card. Tunggu sampai beberapa saat dan pasang kembali SIM card tersebut.

4. Setel HP ke Mode Pabrik

Setel HP ke mode pabrik memang cara yang cukup berisiko. Pasalnya, semua data yang tersimpan dalam HP, baik itu foto, video, dokumen, dan aplikasi, bisa hilang terhapus.

Meski begitu, cara ini dinilai cukup efektif untuk mengembalikan kondisi layar seperti semula. Sebelum memulainya, pastikan semua data sudah dicadangkan agar tidak terhapus.

Mengingat layar HP tidak bisa disentuh, pengguna bisa memanfaatkan kombinasi tombol. Caranya, tekan tombol daya dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa saat.

5. Membawa HP ke Tempat Service

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membawa HP ke tempat service. Biasanya, pihak service akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Setelah penyebabnya ditemukan, layar HP akan langsung diperbaiki.

Jangan sungkan untuk bertanya perihal harga atau biaya servicenya. Jika lebih mahal dari harga HP baru dengan tipe yang sama, sebaiknya membeli HP baru saja.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh. Setiap penyebab kerusakan, memiliki cara penanganan yang berbeda-beda. Sebab itulah, gunakan cara yang sesuai dengan jenis kerusakan layarnya, sehingga hasil perbaikan semakin maksimal dan HP bisa segera digunakan.