Mengenal Apa Itu E-commerce, Pengertian Hingga Tantangan

Mengenal Apa Itu E-commerce, Pengertian Hingga Tantangan
freepik.com

Istilah e-commerce tentunya sudah tidak asing di era sebab canggih seperti sekarang ini. Kendati demikian, masih ada sebagian orang yang mempertanyakan sebenarnya apa itu e-commerce. Apabila Anda juga belum memahaminya dengan baik, pastikan mencermati pembalasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Apa Itu E-commerce

Ada sejumlah ahli yang mengemukakan definisi mengenai e-commerce. Adapun beberapa diantaranya yaitu:

Jane P. Laudon dan Kennet C. Loudon

Ahli ini berpendapat bahwa e-commerce merupakan proses transaksi antara pembeli dan penjual ketika membeli maupun menjual produk secara elektronik. Transaksi tersebut berlangsung dari perusahaan ke perusahaan lainnya dengan komputer yang berperan sebagai perantara.

Jony Wong

Pengertian e-commerce juga bisa Anda temukan dari pendapat ahli yang bernama Jony Wong. Ia menyebut bahwa e-commerce merupakan penjualan, pembelian, dan pemasaran barang maupun jasa lewat sistem elektronik.

Selain itu, pengertian e-commerce juga tertuang dalam pendapat ahli Misty E. Vermaat, Andrew B. Whinston, dan Ravi Kalakota. Lantas sebenarnya apa itu e-commerce?

Istilah tersebut sebenarnya singkatan dari electronic commerce. Karena hal itu, e-commerce ini memiliki pengertian sebagai aktivitas transaksi yang berlangsung secara elektronik. E-commerce ini juga memiliki beberapa komponen yang mencangkup produk, tempat, cara menerima pemesanan, metode pembayaran, pengiriman, dan customer service.

Jenis E-commerce

E-commerce juga tersedia dalam beberapa jenis. Sebut saja e-commerce business to business, business to consumer, consumer to consumer, consumer to business, e-commerce administrasi publik, sampai dengan online to offline.

Untuk e-commerce administrasi publik sendiri juga terbagi menjadi dua jenis. Keduanya yaitu business to administration dan consumer to administration.

Kelebihan E-commerce

E-commerce memiliki banyak kelebihan yang pastinya menguntungkan setiap penggunanya. Adapun beberapa keunggulannya yakni:

Harga Lebih Murah

Salah satu keunggulannya yaitu harganya lebih murah. Kelebihan ini tentunya menguntungkan setiap konsumen. Bahkan konsumen juga bisa membandingkan harga secara mudah.

Menghemat Biaya Operasional dan Promosi

Kelebihan lainnya dari e-commerce yaitu bisa menghambat biaya operasional dan promosi. Tentu saja keunggulan ini menguntungkan setiap pebisnis.

Jangkauan Pemasaran Luas

Pebisnis bisa merasa beruntung karena e-commerce memiliki kelebihan berupa jangkauan pemasarannya lebih luas. Mengingat, internet memang bisa diakses oleh siapa saja di penjuru dunia ini.

Selalu Buka

E-commerce memungkinkan toko online bisa buka kapanpun itu. Hal ini bisa membantu pebisnis dalam menggaet pelanggan tanpa batasan waktu. Konsumen juga bisa memanfaatkan e-commerce kapan saja.

Transaksi Lebih Mudah

Kelebihan selanjutnya dari e-commerce yaitu menawarkan transaksi lebih mudah. Hal ini karena transaksinya bisa Anda lakukan dari mana saja tanpa perlu keluar rumah. Untuk bertransaksi, Anda memang hanya perlu menyambungkan perangkat ke internet yang stabil.

Produk Lebih Banyak

Produk yang ada di e-commerce seringkali lebih banyak. Hal ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan banyak pilihan produk.

Metode Pembayaran Beragam

E-commerce menawarkan metode pembayaran yang beragam. Mulai dari COD, lewat transfer, maupun pembayaran elektronik.

Tantangan E-commerce

E-commerce juga memiliki tantangan yang tak kalah penting untuk Anda ketahui. Adapun salah satu tantangan yaitu ada penipuan yang memicu kerugian material maupun nonmaterial. Tantangan berikutnya yaitu risiko pencurian data rahasia, penyalahgunaan promosi, dan lainnya.

Kini Anda sudah bisa tahu apa itu e-commerce. Selain memahami pengertiannya, Anda juga bisa mengenal apa saja jenis dan kelebihan e-commerce. Menariknya lagi karena pada pembahasan ini Anda juga bisa memahami berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis tersebut.