Metode Kejahatan Dunia Maya Disebut dengan Cyber Crime

Kejahatan Dunia Maya Disebut dengan
id.pinterest.com

Kejahatan dunia maya disebut dengan cyber crime. Apakah Anda sudah mengetahui apa itu cyber crime? Pasalnya cyber crime merupakan sebuah kegiatan kejahatan yang terdapat di dunia maya dengan menggunakan alat berupa jaringan komputer serta medianya jaringan internet.

Kemudian untuk pengertian secara luasnya, cyber crime merupakan sebuah tindakan ilegal yang pelaku lakukan melalui jaringan komputer serta internet. Adapun tujuannya supaya bisa mengeruk keuntungan dengan cara merugikan pihak lain. Sementara untuk pengertian arti sempit yaitu semua tindakan ilegal yang tertuju pada penyerangan sistem keamanan pada komputer serta data yang prosesnya melalui sebuah sistem komputer.

Cyber crime sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara serta tujuan. Pada umumnya yang melakukan kejahatan tersebut pihak-pihak yang memahami serta menguasai bidang teknologi informasi. Untuk pertama kali muncul kejahatan di dunia maya disebut Cyber Attack pada tahun 1988. Yang mana pelaku waktu itu menciptakan virus atau worm guna menyerang komputer yang menyebabkan kurang lebih 10% komputer di dunia yang tersambung ke internet mengalami mati total.

Penjelasan Metode Kejahatan Dunia Maya Disebut dengan Cyber Crime

Banyaknya jenis kejahatan dunia maya disebut dengan cyber crime. Maka metode dalam melakukannya juga sangat bermacam-macam. Untuk itu, berikut ini beberapa metode cyber crime yang kerap kali dilakukan, penting diketahui.

Password Cracker

Hal tersebut merupakan sebuah tindakan pencurian password orang lain dengan memakai sebuah program yang bisa membuka enkripsi password. Pasalnya tindakan tersebut kerap kali terjadi untuk menonaktifkan sebuah sistem pengamanan password.

Spoofing

Spoofing merupakan tindakan memalsukan data atau identitas milik seseorang. Maka pelaku atau hacker bisa melakukan login ke dalam sebuah jaringan komputer sama seperti user yang asli.

DDoS

Hal tersebut merupakan serangan yang kerap kali dilakukan pada suatu komputer atau server dalam jaringan internet. Pelakunya seorang hacker atau attacker. Pasalnya serangan DDoS bisa menghabiskan resource atau sumber daya yang terdapat dalam sebuah komputer atau server sampai tidak bisa lagi berfungsi dengan benar.

Sniffing

Sniffing merupakan bentuk kejahatan dunia maya disebut dengan cyber crime yang pelakunya akan mencuri password dan username milik orang secara sengaja maupun tidak. Pelaku akan menggunakan akun korban guna melakukan aktivitas penipuan atas nama korban. Bisa juga merusak atau menghapus data milik korban.

Destructive Device

Destructive Device merupakan sebuah program atau software yang isinya virus. Adapun tujuannya yaitu untuk menghancurkan atau merusak data-data yang berada dalam komputer korban. Antara lainnya meliputi Worms, Trojan Horse, Nukes, Email Bombs, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Kejahatan Dunia Maya

Terdapat banyak jenis kejahatan dunia maya. Antara lainnya sebagai berikut.

1. Hacking serta Cracking

Hacking sendiri merujuk dengan aktivitas mempelajari sistem komputer dengan detail serta meningkatkan keahlian komputer. Akan tetapi sebagian besar hacker menyalahgunakan keahlian dengan melakukan tindak kejahatan di dunia maya.

Sementara cracking merupakan tindakan pembajakan pada hak cipta orang lain. Contohnya bajak akun, bajak situs website, penyebaran virus, probing, dan lain sebagainya.

2. Pemalsuan Data

Data Forgery atau pemalsuan data merupakan kejahatan dunia maya disebut dengan cyber crime yang memalsukan data dalam sebuah dokumen penting. Pasalnya dokumen tersebut disimpan menjadi scriptless document pada internet. Adapun salah satu praktik pemalsuan data, contohnya pemalsuan data pada situs perbelanjaan online yang dibuat seperti terjadi salah ketik atau typo maka menguntungkan bagi si pelaku.