Tekno  

Apa Itu Email, Pahami Cara Kerja dan Berbagai Kelebihannya

Apa itu email
proton.me

Apa itu email? Masyarakat yang sudah melek teknologi tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah email. Email atau dengan kata lain surat elektronik dapat menjadi salah satu identitas di ranah digital.

Hingga saat ini email menjadi salah satu media komunikasi yang cukup populer di dunia baik profesional maupun personal.

Hal ini karena email menjadi cara yang cukup efektif dan efisien agar dapat berkomunikasi melalui internet dengan orang lain. Lalu apa sebenarnya pengertian email itu sendiri? dan apa saja kelebihannya?

Mengenal Apa itu Email

Email merupakan singkatan dari Elektronik Mail, dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah Surat Elektronik. Ini merupakan sarana dalam mengirim surat, dilakukan melalui adanya media internet.

Kemudian media internet yang dimaksud bisa melalui smartphone atau komputer yang mempunyai akses internet. Umumnya mengirim surat biasa dikenakan biaya seperti membeli perangko. Akan tetapi dengan menggunakan Surat Elektronik hanya dibutuhkan adanya sambungan internet.

Dapat dikatakan bahwa email merupakan alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email, maka kita bisa terhubung dalam berbagai kegiatan internet.

Seperti bergabung pada situs jejaring sosial Facebook dan twitter, karena saat pendaftaran akan memerlukan email. Saat ini, Email telah mengalami perkembangan hingga mempunyai fungsi sangat beragam. Diantaranya mengirim file, video, foto, hingga chat dengan teman atau keluarga akan menjadi lebih mudah.

Bagaimana Cara Kerja Email

Setelah mengetahui apa itu email, lalu akan muncul pertanyaan bagaimana cara kerja dari email itu sendiri? Sebenarnya cara kerja email tersebut cukup sederhana.

Sama seperti kita saat menulis surat yang ditujukan kepada orang lain. Hal yang membedakan, surat yang kita kirim dalam bentuk digital. Dengan email maka seseorang akan dapat mengirim surat secara lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang akan dikirim. Berikut cara kerja dari email secara lebih singkat:

  1. Pertama para pemilik email membuka emailnya.
  2. Selanjutnya akan menuliskan isi pesan yang akan dikirim.
  3. Kemudian saat akan mengirimkan pesan, pengguna email memberikan instruksi pada aplikasi email
  4. Berikutnya Email server akan mengidentifikasi alamat email tujuan. Setelah itu akan mengirimkan pesan tersebut ke email server lain, lokasinya dekat alamat tujuan.
  5. Pada saat pesan email telah terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersebut tersimpan pada email server hingga pihak penerima membukanya.
  6. Ketika penerima membuka pesan yang tersimpan pada kotak pos atau inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang terdapat pada email server. Selanjutnya  akan mengunduhnya ke dalam komputer si penerima email.
  7. Langkah berikutnya penerima email dapat melihat serta membaca isi pesan yang telah diunduh sebelumnya.

Kelebihan Menggunakan Email

Dengan menggunakan email sebagai surat elektronik, maka akan terdapat beragam kelebihan yang akan pengguna peroleh antara lain:

1. Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Dengan mengirim email akan lebih cepat dibandingkan dengan melakukan persuratan secara tradisional. Selain itu, Anda bisa mengirim satu email ke lebih dari satu penerima  secara langsung. Dengan demikian, Anda pun akan dapat lebih menghemat waktu dalam mengirim surat.

2. Lebih Terorganisir

Email cukup mudah Anda organisir berkat adanya fitur tag-nya. Dengan demikian, Anda dapat memilah email yang bersifat personal dengan profesional.

3. Aksesibilitas

Kelebihan menggunakan email lainnya adalah terkait dengan aksesibilitas. Anda dapat menggunakan sebanyak apapun perangkat untuk mengakses email. Hal ini memungkinkan Anda dalam mengakses email di berbagai tempat.

Terkait dengan apa itu email, kelebihan dan bagaimana cara kerjanya, tentu surat elektronik ini sangat menunjang Anda dalam melakukan berbagai pekerjaan. Bahkan dapat dikatakan bahwa email saat ini tidak dapat dipisahkan dari pekerjaan seseorang.