Tekno  

Apa Itu IMEI: Serangkaian Angka Unik yang Banyak Fungsinya

Apa Itu IMEI
id.pinterest.com

Jika Anda belum mengetahui apa itu IMEI, maka Anda bisa simak artikel berikut ini. IMEI sendiri merupakan serangkaian angka yang unik dengan jumlah 15 digit yang disematkan dalam setiap perangkat seluler. Antara lainnya berada di telepon genggam serta tablet. International Mobile Equipment kepanjangan dari IMEI, memiliki fungsi menjadi identifikasi unik sebagai pembeda untuk setiap perangkat dari yang lainnya berada di seluruh dunia.

Perlu Anda ketahui, bahwa seluruh perangkat seluler mempunyai IMEI yang tidak sama. Baik iPhone atau Android. Hampir sama dengan nomor seri pada produk elektronik yang lainnya. Nantinya setiap kali membeli perangkat smartphone. Anda bisa memastikan untuk memeriksa apakah nomor IMEI tersebut sudah disertai dengan cap secara resmi oleh Kemenperin.

Pada intinya, IMEI merupakan kunci untuk melakukan identifikasi serta manajemen perangkat seluler yang ada di seluruh dunia, dan mempunyai peran penting dalam menjaga keamanan serta integritas ekosistem perangkat mobile.

Apa Itu IMEI dan Fungsinya

Setelah mengetahui apa itu IMEI, Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsinya. Pasalnya IMEI mempunyai sejumlah fungsi krusial dalam ekosistem perangkat mobile serta jaringan seluler. Untuk itu, berikut ini penjelasan mengenai fungsi-fungsi IMEI.

Identifikasi Perangkat

Terdapat fungsi utama dari apa itu IMEI yaitu melakukan identifikasi dengan unik pada setiap perangkat mobile yang ada di seluruh dunia. Pasalnya setiap perangkat mempunyai nomor IMEI yang tidak sama. Maka memungkinkan produsen, operator jaringan, serta lembaga yang berkaitan guna mengenali serta melacak dengan akurat.

Apabila nomor IMEI tidak tercatat dalam database Kementerian Perindustrian. Memungkinkan perangkat mempunyai peluang dalam menghadapi pembatasan akses serta konektivitas jaringan seluler yang dapat berakhir dengan pemblokiran.

Keamanan

IMEI menerapkan peranan penting dalam bagian keamanan perangkat mobile. Apabila perangkat hilang atau dicuri, maka Anda sebagai pemilik bisa melaporkan nomor IMEI terhadap penyedia layanan mereka. Hal tersebut memungkinkan penyedia layanan guna melakukan pemblokiran perangkat dari jaringan, membuatnya tidak bisa digunakan oleh pencurinya.

Registrasi di Jaringan

Sebelum perangkat bisa dipakai pada jaringan seluler, nomor IMEI perlu Anda daftarkan terlebih dahulu. Hal tersebut membantu jaringan mengolah perangkat yang terhubung ke jaringan serta mencegah pemakaian perangkat tidak sah atau ilegal.

Dukungan Teknis

Nomor IMEI juga dipakai dalam memberikan dukungan teknis serta pemeliharaan terhadap perangkat. Ketika pemilik perangkat mengalami gangguan atau perlu update perangkat lunak, maka dukungan teknis bisa memakai nomor IMEI guna melakukan identifikasi perangkat yang tepat.

Pemantauan Pasar

Global System for Mobile Communications Association atau GSMA serta lembaga yang lainnya memakai data IMEI guna memantau pasar perangkat mobile. Hal itu membantu mereka melakukan identifikasi perangkat tidak berlisensi atau ilegal yang bisa membuat rugi ekosistem perangkat mobile serta mengambil tindakan yang tepat.

Validasi Garansi

Produsen dari perangkat memakai nomor IMEI guna melakukan validasi garansi. Saat pemilik perangkat membutuhkan perbaikan atau penggantian, maka produsen bisa memakai nomor IMEI guna memastikan masa garansi sebuah perangkat.

Penegakan Hukum

Apa itu IMEI mempunyai fungsi dalam penegakan hukum. Dalam sejumlah kasus, nomor IMEI bisa digunakan oleh pihak penegak hukum guna melacak atau melakukan identifikasi perangkat yang terlibat dalam aktivitas tidak sah atau ilegal. Secara keseluruhan, IMEI mempunyai peran yang krusial dalam melakukan identifikasi, melacak, serta melindungi perangkat mobile, dan juga menjaga integritas serta keamanan ekosistem perangkat seluler.