Tekno  

Memahami Pengertian Email, Manfaat serta Bagaimana Cara Kerja

Pengertian Email
networksolutions.com

Pengertian email atau surat elektronik cukup penting untuk dipahami. Pasalnya keberadaan surat elektronik kini sangat bermanfaat dalam kegiatan berkirim surat tanpa harus menggunakan adanya kertas. Saat ini penggunaan email semakin marak.

Bahkan email saat ini menjadi salah satu media komunikasi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini lantaran email menjadi sarana yang cukup efisien dan efektif untuk melakukan interaksi dan komunikasi dengan orang lain lewat internet.

Pengertian Email adalah

Email atau electronic mail merupakan metode komunikasi dengan memanfaatkan perangkat elektronik untuk mengirim pesan melalui internet. Dalam penggunaannya secara luas, email adalah suatu hal penting bagi para pengguna.

Baik untuk kepentingan berkomunikasi dengan pihak lain atau untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan suatu bisnis atau hal penting lainnya.

Manfaat Penggunaan Email

Meskipun pengertian email cukup simpel, ternyata penggunaannya dapat memberikan beberapa manfaat bagi para penggunanya antara lain:

  1. Memberi Pengingat, Notifikasi, Hingga Follow-up

Kegunaan email yang pertama untuk memberi pengingat, notifikasi, sampai melakukan follow-up. Sebagai contoh Anda dapat mengirimkan email guna melakukan follow-up setelah melakukan interview atau rapat.

Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan email dengan tujuan untuk mengingatkan seseorang terkait dengan deadline yang harus dipenuhi.

  1. Komunikasi Individu atau Grup

Email merupakan sarana yang sering digunakan dalam komunikasi. Hal ini karena melalui email memungkinkan Anda dapat saling berbagi informasi dalam format surat dengan klien atau teman.

Sehingga, email dapat dikatakan sebagai pengganti opsi persuratan tradisional dalam berkomunikasi. Sebagai contoh, komunikasi antara Anda dengan klien atau anggota tim yang bekerja secara remote.

Email juga memiliki manfaat untuk kepentingan komunikasi karena memungkinkan Anda dapat mencantumkan teks, foto, video, hingga dokumen.

  1. Sarana Promosi

Manfaat email lainnya adalah dapat digunakan sebagai sarana promosi. Anda dapat menggunakan email untuk kepentingan promosi serta memasarkan produk Anda ke konsumen.

Selain itu, email juga dapat Anda manfaatkan untuk mendorong konsumen agar melakukan pembelian produk. Hal ini umumnya populer dengan sebutan email marketing. Melalui email marketing Anda dapat melakukan promosi yang mendorong calon konsumen untuk melakukan pembelian.

  1. Salah Satu Identitas Diri

Manfaat email berikutnya adalah untuk mengenali identitas diri kita khususnya di dunia maya. Hal ini dikarenakan dalam pembuatan email, pengguna harus memasukkan berbagai macam data yang diperlukan.

Seperti memasukkan nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, serta negara tempat tinggal. Dengan adanya informasi yang cukup detail tersebut, maka kita pun dapat menghubungi seseorang dengan mencantumkan alamat emailnya.

Cara Kerja Email

Adapun cara kerja email itu sendiri adalah :

  • Pemilik email membuka email yang dimiliki
  • Berikutnya tuliskan isi pesan yang akan dikirim.
  • Selanjutnya, pengguna dapat memberi perintah pada email guna mengirimkan pesan ke alamat email yang hendak dituju.
  • Setelah itu, email server nantinya akan melakukan identifikasi alamat email tujuan.
  • Kemudian email server akan mengirimkan pesan tersebut ke email server lain yang berlokasi dekat dengan alamat tujuan.
  • Pada saat pesan email terkirim ke alamat email penerima, maka isi pesan tersebut akan tersimpan pada email server hingga si penerima membukanya.
  • Ketika si penerima telah membuka pesan yang terdapat di kotak pos/ inbox, maka aplikasi email penerima akan meminta email baru yang terdapat pada email server, kemudian mendownloadnya ke perangkat komputer pihak penerima email.
  • Setelah itu, penerima email bisa melihat serta membaca isi pesan yang sudah diunduh tadi.

Dari pengertian email dan beberapa manfaat serta cara kerjanya, maka dapat disimpulkan bahwa electronic mail ini merupakan salah satu alat yang tidak dapat dipisahkan dari pekerjaan seseorang. Tidak hanya itu, email juga hadir sebagai penunjang dalam melakukan pekerjaan.