Tekno  

Fungsi Software yang Harus Kamu Ketahui

Fungsi Software
pixabay.com

Fungsi software penting untuk kita ketahui. Software menjadi salah satu hal yang penting dalam sistem komputer. Sebagai pengguna komputer pastinya kita harus memahami berbagai hal yang terkait dengan komputer.

Dengan begitu pastinya kita bisa memanfaatkan dengan maksimal dari sistem komputer ini. Kita memang harus memanfaatkan adanya kemajuan teknologi dengan maksimal. Mengingat, teknologi ini dibuat untuk mempermudah kita.

Sayang sekali jika kita tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Padahal, teknologi ini sudah didesain sedemikian rupa sehingga ada banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan. Nah, untuk bisa mendapatkan kemudahan itu pastinya kita harus memahami sistemnya terlebih dahulu.

Fungsi Software, Klasifikasi, dan Contohnya

Software menjadi salah satu komponen penting dari sebuah sistem komputer. Komponen penting lainnya yakni hardware dan brainware. Ketiga komponen ini tidak bisa berdiri masing-masing.

Yakni, ketiganya harus saling terkait. Nah, pastinya kamu harus memahami semua komponen dari komputer ini. Pertama, kamu bisa memahami apa itu software.

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu ketahui terkait dengan software ini. Mulai dari pengertian, contoh, klasifikasi, hingga fungsi Software. Nah, berikut ini adalah yang bisa kamu ketahui terkait dengan software.

Pengertian Software

Hal pertama yang bisa kamu ketahui terkait dengan software adalah pengertiannya. Nah, software adalah bagian atau komponen dari sistem komputer yang tidak memiliki bentuk fisik. Yakni, merupakan sekumpulan data elektronik yang terbentuk menjadi sebuah program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Software ini merupakan penghubung antara brainware (pengguna) dan hardware. Jadi, tanpa adanya software komputer tidak bisa digunakan untuk melakukan perintah tertentu. Nah, itulah pentingnya adanya tiga komponen ini, yakni software, brainware, dan hardware.

Fungsi Software

Hal selanjutnya yang bisa kamu ketahui adalah fungsi dari software. Kita pastinya sudah sedikit tahu tentang fungsi dari software ini. Yakni, bisa kita lihat dari pengertiannya di atas.

Namun, pastinya fungsinya belum terlalu detail. Untuk itu, fungsinya bisa kita jabarkan di sini. Fungsi dari software adalah untuk menyediakan fungsi dasar dari sistem komputer sehingga bisa digunakan, mengatur hardware,  sebagai penghubung, penerjemah perintah software lainnya, dan juga bisa untuk mengidentifikasi suatu program.

Dari fungsinya tersebut, software ini juga bisa dibilang sebagai nyawa dari sistem komputer. Namun, tetap membutuhkan komponen yang lain.

Klasifikasi Software

Selanjutnya kamu bisa mengetahui klasifikasi software. Software dibagi atas dua klasifikasi. Yakni, berdasarkan jenis dan berdasarkan distribusinya.

  • Software berdasarkan jenisnya terbagi menjadi tiga. Yakni sistem operasi, bahasa pemrograman, dan program aplikasi. Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengelola dan mengkoordinasikan sistem komputer. Bahasa Pemrograman adalah software yang berfungsi sebagai pemberi instruksi dasar. Program aplikasi adalah software yang memiliki fungsi tertentu.
  • Software berdasarkan distribusinya dibagi menjadi lima. Yakni, adware, freeware, spyware, shareware, dan  opensource. Masing-masing adalah perangkat lunak yang bisa kamu gunakan dengan gratis. Namun, memiliki ketentuan-ketentuan tertentu. Misalnya, gratis terbatas, gratis dengan catatan ada iklan, dan lain sebagainya. Kamu bisa memilih software sesuai dengan kebutuhanmu.

Contoh Software

Setelah mengetahui hampir semua hal tentang software pastinya kita harus mengetahui contoh software. Contoh software antara lain adalah Microsoft Windows, Microsoft Word, Photoshop, Google Chrome, dan lain sebagainya.

Nah, itulah pengertian, klasifikasi, contoh, dan fungsi software yang bisa kamu ketahui. Pastinya saat ini kamu jauh lebih memahami apa yang dimaksud dengan software.