Tekno  

Pengertian Web Lengkap dengan Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian Web
pixabay.com

Secara umum, pengertian web adalah sebuah perangkat lunak yang berperan sebagai server untuk menerima permintaan. Permintaan ini dapat berasal dari client atau browser berupa halaman website melalui protokol HTTP/HTTPS.

Kemudian, web akan merespons permintaan tersebut dengan mengirimkan halaman web dalam bentuk dokumen HTML atau PHP. Dalam konteks penggunaan internet, pengguna yang menggunakan browser seperti Chrome, Opera, dan sebagainya merupakan peran web client yang mengirim permintaan kepada web server.

Beberapa Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Dalam artian yang lebih sederhana, web server adalah perangkat lunak yang memberikan layanan data untuk menerima permintaan dalam bentuk HTTP atau HTTPS dari user atau web browser seperti Firefox, Chrome, Opera, dan lain sebagainya. Setelah itu, permintaan ini akan direspon dalam bentuk halaman web yang diminta.

Sebagai ilustrasi, ketika Anda mencari “aplikasi manajemen waktu” pada layanan Google, maka server akan memberikan beberapa daftar situs web yang sesuai dengan pencarian Anda. Kemudian, web server akan merespons permintaan Anda dengan menampilkan halaman web yang sesuai.

Beberapa ahli juga memberikan definisi web server dalam pembahasan berikut ini:

  • Solochin mendefinisikan web server merupakan perangkat lunak yang terinstall dalam komputer server dan memiliki fungsi sebagai penerima permintaan berupa halaman website melalui HTTP atau HTTPS dari client, dan kemudian mengirimkannya kembali berbentuk halaman web berupa dokumen HTML.
  • Khairil menjelaskan pengertian web server adalah perangkat lunak yang menjadi tulang belakang dari World Wide Web (WWW). Web server ini akan menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser, memproses permintaan tersebut, dan menampilkannya kembali dalam browser sebagai hasil dari pemrosesan data.

Fungsi Web Server

Web server memiliki fungsi utama untuk memproses berkas yang dari client dan memprosesnya untuk client itu sendiri. Web server juga mempunyai peranan sebagai penerima permintaan dari client, mencari dan mengirimkan data yang diminta dalam bentuk halaman web, yang terdiri dari teks, gambar, dokumen, video, dan lainnya.

Selain itu, web server juga memiliki fungsi umum lainnya yang perlu Anda ketahui. Beberapa dari fungsi web server adalah sebagai berikut:

  • Menyimpan dan melindungi data situs web dari akses yang tidak sah.
  • Mengontrol bandwidth untuk mengatur lalu lintas jaringan dan mencegah kelebihan lalu lintas.
  • Memungkinkan pengguna untuk membuat halaman web dinamis dengan bahasa pemrograman.
  • Mengaktifkan server virtual guna mengoperasikan beragam aplikasi, website, data, dan layanan lainnya.
  • Membersihkan cache file yang tidak terpakai.
  • Melakukan pemeriksaan keamanan terhadap permintaan HTTP yang masuk.
  • Menyediakan data berdasarkan permintaan untuk menjaga sistem yang berjalan dengan lancar.

Cara Kerja Web Server

Tidak berhenti pada pembahasan pengertian web dan fungsinya saja, berikut ini akan ada pembahasan tentang cara kerja web server dalam kehidupan sehari-hari.

Secara umum, web server bekerja dengan melibatkan menerima permintaan dari client dan mengirimkan data permintaan tersebut. Saat seorang pengguna mengakses halaman web, browser pengguna membuat permintaan (request) yang dikemas dalam protokol HTTP atau HTTPS. Web server kemudian mencari data yang diminta di dalam komputer server dan merespons dengan mengirimkan data tersebut kembali dalam bentuk halaman web.

Web server menggunakan dua komponen utama dalam menjalankan fungsinya:

  • Physical Storage: Web server menyimpan dan melindungi data situs web dari akses yang tidak sah. Ini memastikan keamanan semua data yang tersimpan pada situs web.
  • Web Browser: Web browser seperti Chrome, Firefox, dan lainnya digunakan oleh pengguna untuk menemukan situs web yang diinginkan. Browser ini mengirimkan permintaan data ke web server, yang kemudian memproses informasi tersebut dan mengirimkan data yang diminta kembali kepada pengguna.

Dalam kesimpulannya, pengertian web server merupakan sebuah sistem dalam perangkat elektronik, seperti komputer, yang mampu menyalurkan konten web kepada penggunanya melalui bantuan internet dalam browser web. Dengan web server berbagai kegiatan digital dalam dunia yang serba cepat ini menjadi lebih mudah dan praktis.