Tekno  

Fungsi RAM pada Gadget dan Cara Kerjanya

Fungsi RAM
istockphoto.com

Fungsi RAM sangat penting bagi suatu perangkat dalam hal penyimpanan data walaupun hanya sementara saja. RAM atau yang sering disebut dengan Random Access Memory, pastinya berbeda dengan ROM. Akan tetapi bagi orang yang belum tahu mengenai RAM akan kebingungan membedakannya. Artikel kali ini akan membahas mengenai RAM, langsung saja baca dan simak artikel berikut agar lebih memahaminya.

Fungsi RAM Beserta Cara Kerjanya

Fungsi RAM atau Random Access Memory bukan hanya satu atau dua saja, melainkan banyak. RAM sendiri adalah komponen penting yang ada di dalam komputer, laptop, atau ponsel pintar.

RAM mempunyai fungsi utama untuk membantu proses masuknya data ke memori gadget. Jadi, semakin besar kapasitas RAM yang dipasang, maka akan semakin cepat komputer atau laptop bekerja, begitu juga sebaliknya.

Pada dasarnya RAM membantu mempercepat gadget. RAM suatu hardware di dalam komputer yang berperan sebagai tempat penyimpanan data sementara dan berbagai instruksi program.

Isi RAM bisa diakses secara acak atau tidak tergantung pada pengaturan tata letaknya. Data di dalam RAM bisa hilang pada saat komputer dinonaktifkan dan ketika power supply dicabut dari perangkat.

Kapasitas Random Access Memory dalam sebuah komputer berpengaruh pada loading atau tingkat kecepatan proses data di komputer itu sendiri. Jadi proses penyimpanan data, membuka, dan menjalankan program semakin cepat sesuai dengan besarnya RAM komputer tersebut.

Fungsi Random Access Memory

Seperti yang disebutkan pada penjelasan di awal tadi, fungsi RAM secara umum untuk membaca dan menyimpan sebuah data, berikut penjelasannya.

1. Penyimpanan Sementara

Fungsi utama RAM yakni sebagai tempat data sementara ketika program di dalam komputer berjalan. Jadi, pada saat mengerjakan sesuatu, seperti makalah, maka secara otomatis komputer akan menyimpan data sementara. Akan tetapi, data tersebut harus disimpan terlebih dahulu secara permanen untuk mencegah kehilangan data.

2. Membaca Data

Semua data dan informasi yang disimpan di dalam hardisk bisa dibuka lebih cepat karena peran dari RAM komputer. Coba bandingkan saja kecepatan loading membuka file pertama kali diakses dengan saat file telah dibuka sebelumnya. Saat file dibuka, maka data akan RAM baca dan simpan sementara. Sehingga lebih cepat untuk dibuka kembali pada saat komputer belum Anda shutdown.

Cara Kerja RAM

Cara kerja Random Acces Memory adalah dengan mengolah data yang diberikan dari CPU. Setiap kali Anda membuka satu atau lebih aplikasi, maka gadget akan memuat data yang dibutuhkan CPU untuk aplikasi yang dibuka ke dalam RAM.

Nantinya, data tersebut tersimpan dalam bentuk memori yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan tugas dari yang mudah hingga rumit bahkan berat sekaligus. Hal tersebut bertujuan guna memberikan pengalaman terbaik yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Selain itu, juga sebagai alasan mengapa kapasitas RAM harus seimbang dengan kapasitas memori penyimpanan gadget. Anda harus memilih RAM yang bisa bekerja secara cepat. Sebab, RAM yang bekerja dengan cepat dan mempunyai kapasitas tinggi mampu melancarkan data yang masuk dan keluar dari processor.

Jadi singkatnya, cara kerja RAM sebagai memori jangka pendek dari gadget yang membantu untuk menyimpan data yang dibutuhkan ketika melakukan tugas dan membuka aplikasi. Untuk jenis RAM, terdapat Dynamic RAM, SD RAM, DDR RAM, RDR RAM, S RAM, dan EDO RAM.

Kini Anda sudah tahu bukan apa saja fungsi RAM beserta informasi tambahan lainnya melalui artikel singkat ini yang akan menambah pengetahuan dalam diri. Keberadaan RAM ini sangat penting, sehingga membuat kinerja gadget semakin lancar.