Tekno  

Pengertian E book Adalah Buku Digital yang Bermanfaat

E book Adalah
id.pinterest.com

Secara umum, e book adalah sebuah dokumen dalam bentuk digital yang dalamnya memuat berbagai macam jenis informasi, panduan, atau tutorial sesuai dengan topik yang diangkat. Hal tersebut dikarenakan dokumennya berbentuk digital, supaya bisa mengakses dokumen itu membutuhkan dukungan perangkat elektronik. Antara lainnya seperti komputer, tablet, serta smartphone.

Isi dari e book secara umumnya hampir sama dengan informasi yang berada dalam dokumen fisik. Yang mana e book atau buku digital juga berisikan mengenai tulisan-tulisan serta gambar dengan sejumlah tema. Contohnya saja e book teknologi, e book ilmu pengetahuan, e book motivasi, e book tutorial, dan masih banyak lagi tema yang lainnya.

Menurut Para Ahli E book Adalah Sebagai Berikut

Terdapat pendapat dari beberapa ahli mengenai pengertian e book. Antara lainnya seperti di bawah ini.

Wikipedia

Pengertian e book menurut Wikipedia yaitu publikasi buku yang tersedia berupa digital. Isinya pun terdiri dari teks, gambar, keduanya, bisa dibaca dengan layar komputer datar atau menggunakan perangkat elektronik yang lainnya. Walaupun kerap kali ada yang mendefinisikan menjadi “versi elektronik dari buku cetak”. Akan tetapi, sejumlah e book tersedia tanpa adanya versi cetak.

Whalts

Menurut Whalts.com, definisi e book adalah versi elektronik dari buku cetak tradisional yang bisa Anda baca memakai komputer pribadi atau dengan memakai e book reader.

Oxford Dictionaries

Pengertian e book menurut Oxford Dictionaries yaitu versi elektronik dari buku cetak yang bisa Anda baca dengan memanfaatkan komputer atau perangkat genggam yang secara khusus dirancang untuk tujuan tersebut.

Manfaat Penggunaan E book

Bukan hanya memudahkan bagi pembaca e book juga mempunyai sejumlah manfaat yang lainnya. Yang mana manfaat e book adalah seperti ulasan berikut ini.

Menjadi Sarana untuk Belajar

Saat ini terdapat banyak orang yang menciptakan e book yang isinya mengenai ilmu pengetahuan serta tutorial dalam bidang tertentu. Tema dari bacaan serta informasi yang kerap kali untuk dijadikan e book yaitu seputar tutorial blogging, bisnis online, tutorial komputer, dan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi.

Menjadi Media untuk Informasi

Saat ini pebisnis telah banyak yang memberikan e book secara gratis terhadap calon pelanggannya. Dengan nantinya memasukkan alamat email, maka calon pelanggan bisa mengunduh e book yang isinya tentang informasi atau tutorial yang diperlukan. Dalam proses pembuatan serta penyebaran e book tersebut cukup mudah sebab bentuknya digital. Hal itulah menjadi penyebab e book cocok untuk menjadi media informasi.

Tujuan Adanya E book

Di atas sudah disinggung mengenai tujuan e book yaitu untuk mempermudah proses penyebaran informasi serta pembelajaran terhadap penggunanya. Adapun tujuan dari e book sebagai berikut ini.

Mempermudah Dalam Pembuatan Buku

E book merupakan salah satu solusi untuk siapa saja yang mempunyai keinginan dalam mengeluarkan buku. Akan tetapi masih kesulitan dalam pembuatannya. Sama seperti yang sudah Anda Ketahui, bahwa proses pembuatan buku cetak terbilang lama serta rumit.

Hal tersebut tidak mungkin terjadi, bila Anda membuat buku digital. Akan tetapi, pastinya format e book harus Anda buat semenarik mungkin supaya pantas untuk disebarkan atau akan dijual.

Menekan Biaya Pembuatan Buku

Pembuatan buku cetak biasanya memakan biaya yang cukup besar sebab masih memakai peralatan konvensional. Lain halnya dengan pembuatan e book, untuk biayanya hampir tidak perlu bahkan bisa saja gratis.

Mempermudah Dalam Penyebaran Informasi

Tujuan selanjutnya e book adalah mempermudah proses penyebaran informasi. Anda bisa melakukan penyebaran melalui media internet serta peralatan elektronik lain, misalnya flashdisk dan hardisk.