Tekno  

Wi-fi Card Laptop, Perangkat yang Menerima & Menyalurkan Sinyal

Wi-fi Card Laptop
tokopedia.com

Wi-fi card laptop merupakan salah satu alat yang mempunyai peranan penting supaya perangkat yang kita gunakan itu bisa terhubung ke internet. Seperti yang kita ketahui pada saat ini bisa dikatakan hampir setiap orang itu memiliki perangkat yang disebut dengan laptop. Bahkan bisa dikatakan bahwa semua kalangan tidak ada yang membutuhkan alat elektronik tersebut. Pantai itu untuk kebutuhan menulis ataupun menonton video bisa juga membuat desain serta penggunaan yang lainnya.

Contohnya saja untuk penggunaan menonton film ataupun video calling kegiatan tersebut nyatanya membutuhkan kuota yang banyak. Sehingga memang tidak disarankan menggunakan kuota yang mengambil dari HP atau tethering. Alangkah lebih baiknya menggunakan wi-fi supaya tidak boros terhadap penggunaan kuota internet. Akan tetapi untuk bisa menyambungkan wi-fi ke laptop itu dibutuhkan sebuah hardware.

Tahukah Anda hardware yang dimaksud tersebut? Benar sekali adalah wi-fi card. Melalui hardware tersebut nantinya laptop bisa mendapatkan dan menyalurkan sinyal internet kemudian bisa menggunakan internet itu sendiri untuk berbagai hal. Bukan hanya menonton film ataupun video calling saja. Anda juga dapat menggunakan laptop tersebut untuk mendapatkan informasi terkini serta berseluncur di media sosial entah itu Facebook ataupun Instagram dan yang lainnya.

Dengan demikian itu hardware tersebut juga menjadi hal penting untuk kita miliki Dan ketahui Bagaimana cara penggunaannya kemudian Seperti apa cara kerjanya. Supaya nantinya ketika kita akan menggunakan tidak kebingungan lagi.

Wi-fi Card Laptop Adalah Hardware yang Penting

Perlu Anda ketahui bahwa wi-fi card merupakan sebuah hardware yang terdapat pada bagian laptop berfungsi mengkoneksikan laptop dengan jaringan wi-fi. Apakah hardware tersebut mempunyai perbedaan dengan wi-fi adapter? Memang benar karena wi-fi adapter itu umumnya terpasang pada komputer dan terlihat tanpa harus membongkar komponen CPU. Lain halnya dengan hardware yang satu ini. Untuk letaknya tepat di samping laptop tapi pada bagian dalam.

Dengan demikian itu kita tidak bisa melihat langsung jika tidak dibongkar terlebih dahulu laptopnya. Sedangkan untuk wi-fi sendiri mempunyai pengertian sebagai sebuah jaringan yang menggunakan gelombang radio serta bisa kita manfaatkan untuk bertukar data. Penggunaan wi-fi juga bisa diakses oleh siapapun yang mempunyai hardware untuk bisa menyambungkan wi-fi tersebut serta menyambungkan ke laptop.

Mungkin anda sebelumnya juga sudah pernah membaca ataupun melihat WPA serta wpa2. Keduanya merupakan salah satu keamanan yang wi-fi gunakan serta akan terus dikembangkan oleh pihaknya sampai sekarang ini. Kira-kira Apa yang akan terjadi apabila tidak ada wi-fi card laptop tersebut? Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa hardware ini merupakan bagian yang penting. Sehingga keberadaannya juga harus selalu terpasang.

Bagaimana apabila kita menggunakan laptop namun tidak bisa terkoneksi jaringan Apa yang akan kita lakukan? Apakah membuat dokumen word ataupun Excel saja sudah cukup? Mungkin bagi beberapa orang hal tersebut Sudahlah cukup. Tidak adanya hardware tersebut juga masih bisa kita manfaatkan untuk menonton video ataupun mengetik. Dengan syarat video yang akan kita tonton tersebut sudah didownload atau merupakan video offline.

Pentingnya Menggunakan Hardware

Jadi untuk kebutuhan yang berkaitan dengan internet tanpa adanya wi-fi card laptop tersebut tentu alat elektronik tersebut tidak bisa membantu apa-apa. Karena memang peranan dari hardware tersebut untuk menangkap sinyal wi-fi. Perangkat yang satu ini umumnya juga tidak hanya digunakan untuk mengkoneksikan laptop pada wi-fi. Tetapi juga berfungsi untuk mengkoneksikan bluetooth.

Terkadang ketika kita ingin menggunakan wi-fi pada laptop namun tidak ada lambang wi-fi yang muncul. Kira-kira apa yang menjadi penyebabnya? Hal tersebut terjadi karena memang wi-fi card laptop tersebut sudah rusak. Mengetahui akan hal tersebut maka langkah terbaik untuk mengatasinya adalah mengganti. Selain sudah rusak terkadang hardware tersebut error. Menyebabkan device yang diinstal pada laptop tidak sesuai dengan hardware yang dipasang. Misalnya saja hardware yang dipasang merk Asus namun yang diinstal malah driver Lenovo.

Cara Memasangnya

Karena wi-fi card laptop Itu adalah sebuah hardware yang berbentuk kotak kecil seperti halnya chip. Namun masih bisa kita lihat dengan jelas. Di mana letak dari hardware ini pada sisi bagian dalam laptop. Bagaimana cara memasangnya? Agar nantinya kita bisa menggunakan laptop untuk berbagai kebutuhan tidak hanya offline saja tetapi juga online. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka casing ataupun body laptop.

Setelah itu nantinya kita akan melihat seperti sebuah kotak kecil berukuran 5 x 6 an. Nah Hal itulah yang disebut dengan wi-fi card laptop. Atau sebelumnya Anda bisa mencari gambarnya melalui internet terlebih dahulu. Supaya nantinya tidak salah. Selanjutnya adalah melepaskan kedua baut yang terdapat pada hardware tersebut. Apabila sudah selesai tarik keluar dengan perlahan dan jangan sampai menyebabkan kedudukan dari hardware tersebut malah rusak.

Ketika terjadi kerusakan maka gantilah dengan yang baru kemudian coba kembali untuk menghidupkan laptop. Ketika pemasangan wi-fi card sudah berhasil akan muncul sinyal wi-fi. Tetapi jika pemasangan tersebut gagal maka tanda wi-fi pada laptop Akan terdapat logo silang warna merah bahkan tidak bisa mendeteksi sinyal wi-fi yang ada di sekitar. Cara untuk memasang wi-fi card laptop tidak berhenti di situ saja. Anda juga harus menginstal driver terlebih dahulu supaya nantinya laptop bisa menyambung atau terkoneksi ke wi-fi.

Bisa dikatakan install driver merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena jika tidak dilakukan kita hanya akan bisa melihat sinyal wi-fi di sekitar dan tidak bisa menggunakannya. Dengan demikian itu mengetahui bentuk dari hardware itu sendiri juga tidaklah cukup. Kita harus paham betul Seperti apa cara pemasangannya kemudian harus tahu bagaimana cara menggunakannya.

Penggunaannya

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengaktifkan wi-fi card laptop tersebut. Ketahuilah bahwa fungsi utama dari hardware tersebut adalah mengakses jaringan internet secara nirkabel. Dengan adanya hardware itu juga pengguna laptop bisa mengakses internet tanpa harus menggunakan kabel LAN lagi. Tak cukup itu saja perangkat yang satu ini memungkinkan pengguna untuk bisa berbagi file serta printer dengan perangkat lainnya melalui jaringan nirkabel.

Sedangkan untuk cara kerjanya adalah mengirimkan sinyal radio ke router wi-fi yang sudah terhubung ke internet. Berikutnya router tersebut akan mengirimkan sinyal radio kembali ke wireless Card pada laptop. Dengan demikian itu menyebabkan pengguna bisa mengakses internet secara nirkabel. Lantas Bagaimana cara mengaktifkan wi-fi card laptop tersebut? Jika sebelumnya kita sudah mengetahui cara mengganti dan memasangnya.

Tentu kita juga harus paham betul cara mengaktifkan penggunaan wireless card laptop tersebut. Pastikan laptop itu sudah terhubung ke daya listrik kemudian nyalakan dan tekan tombol power yang terdapat pada bagian keyboard. Berikutnya Silakan masuk ke menu pengaturan atau setting dan pilih jaringan serta internet. Selanjutnya adalah pilih menu wi-fi dan aktifkan wi-fi tersebut terdapat pada bagian atas halaman.

Apabila langkah tersebut sudah selesai Anda masih harus mencari sinyal wi-fi yang tersedia pada area sekitar. Silakan pilih sinyal wi-fi yang ingin Anda gunakan kemudian masukkan password-nya apabila wi-fi tersebut dikunci. Langkah terakhir dalam mengaktifkan wi-fi card laptop ini adalah Anda sudah terhubung ke jaringan wi-fi dan bisa mengakses internet melalui laptop untuk berbagai kebutuhan.

Keuntungan

Pada intinya perangkat tersebut memainkan peran yang sangat penting dalam mengakses internet secara nirkabel. Ketika kita mengetahui fungsi serta cara kerja dari wi-fi card laptop tersebut sebagai pengguna kita juga akan lebih mudah menggunakan laptop untuk mengakses internet. Namun penting juga untuk selalu memperbarui perangkat lunak wi-fi card laptop serta menjaga keamanan jaringan nirkabel dari adanya ancaman cyber crime.