Aplikasi Cuaca di Smartphone Paling Akurat

Aplikasi Cuaca
unsplash.com

Aplikasi cuaca kini menjadi widget wajib yang ada di perangkat smartphone, baik itu Android maupun iOS. Dengan weather app ini, Anda dapat dengan mudah memantau kondisi cuaca di wilayah tertentu secara spesifik. Anda pun dapat mengetahui beberapa parameter secara akurat seperti suhu, kecepatan hembusan angin, hingga prediksi cuaca pada jam-jam tertentu.

Rekomendasi Aplikasi Cuaca Paling Akurat di Smartphone

Saat ini widget prakiraan cuaca sudah menjadi aplikasi bawaan pada setiap perangkat smartphone. Meskipun demikian, kini telah banyak pengembang aplikasi pihak ketiga yang menawarkan berbagai fitur prediksi cuaca lebih akurat. Bahkan masing-masing aplikasi tersebut memiliki desain user interface yang beragam dan menarik.

Berikut ini beberapa pilihan aplikasi prediksi cuaca yang bisa Anda instal di perangkat smartphone Anda.

AccuWeather

Siapa yang tidak mengetahui aplikasi yang satu ini. Layanan prakiraan cuaca ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1962. Kala itu AccuWeather menawarkan jasa prediksi cuaca pada beberapa perusahaan swasta. Seiring perkembangan teknologi, AccuWeather berevolusi menjadi sebuah perangkat lunak mobile dengan layanan serupa.

Dengan aplikasi ini Anda dapat menemukan perkiraan cuaca secara akurat dan lengkap di seluruh dunia. Terdapat berbagai fitur yang dapat membantu mobilitas Anda. Akurasinya juga terbilang bagus karena aplikasi ini selalu memperbarui kondisi cuaca setiap menitnya secara real-time. Menariknya, aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dari Google Play Store dan App Store.

Weather Underground

Anda dapat menggunakan aplikasi cuaca ini di perangkat Android maupun iOS secara gratis. Kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilan radar yang interaktif. Selain itu, terdapat notifikasi berupa peringatan ketika ada potensi cuaca buruk akan terjadi. Sehingga dapat memberikan warning pada pengguna sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan maupun menggelar event tertentu.

Yang lebih menarik dari aplikasi ini adalah terdapat kolom laporan yang berfungsi untuk menampung laporan cuaca dari banyak pengguna aplikasi. Setidaknya kurang lebih terdapat 180 ribuan laporan dari stasiun cuaca dari berbagai negara yang masuk di data aplikasi ini. Sehingga, data yang ditampilkan untuk pengguna memiliki akurasi tinggi karena telah berdasar pada data real-time di lapangan.

The Weather Channel

Aplikasi gratis untuk prakiraan cuaca yang masuk daftar rekomendasi selanjutnya adalah The Weather Channel. Aplikasi cuaca ini memiliki keunggulan pada tampilan yang dinamis dan user-friendly. Tampilan prediksi cuaca pada aplikasi ini dapat berubah menyesuaikan wilayah dan kondisi cuaca pada lokasi tersebut.

Selain dari segi tampilan yang interaktif, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengganti interval waktu update cuaca. Mulai dari perkiraan setiap jam, harian, mingguan, hingga 15 hari. Selain cuaca, terdapat parameter lain yang ada di aplikasi ini.

Beberapa informasi lainnya meliputi kecepatan angin, kelembaban, tekanan udara, hingga index ultraviolet. Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat, usahakan untuk tetap menyalakan GPS di smartphone Anda.

Yahoo Weather

Apabila Anda adalah tipe orang yang kurang menyukai tampilan aplikasi yang rumit, maka Yahoo Weather bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, aplikasi cuaca ini memiliki desain user interface yang simpel dan sederhana. Namun, meskipun sederhana, aplikasi ini memiliki beragam parameter cuaca yang lengkap dan detail.

Di aplikasi ini terdapat radar interaktif dan peta untuk menampilkan suhu dan kecepatan angin di wilayah tertentu. Menariknya lagi, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menambahkan 10 daftar wilayah sekaligus.

Weather Forecast

Aplikasi prediksi cuaca terbaik berikutnya adalah Weather Forecast.Lain halnya dengan Yahoo Weather yang memiliki tampilan simpel. Untuk aplikasi ini justru mempunyai desain antarmuka yang modern dan detail. Cocok untuk Anda yang menyukai tampilan kompleks dan terlihat lengkap.

Berbagai menu yang bisa Anda tampilkan secara bersamaan antara lain seperti cuaca, suhu, kecepatan angin, dan banyak fitur prediksi cuaca lainnya. Seperti halnya aplikasi lainnya, Weather Forecast bisa Anda download secara gratis di Google PlayStore dan AppStore.

1Weather

Mirip dengan aplikasi cuaca pada umumnya, 1Weather juga memiliki banyak parameter yang lengkap. Mulai dari suhu, kecepatan angin, kondisi cuaca, dan indeks sinar ultraviolet. Aplikasi ini dikemas dengan tampilan desain user interface yang mengagumkan.

Yang menarik adalah transisi cuaca pada aplikasi ini hadir dengan animasi yang menyenangkan. Seperti matahari terbit dan tenggelam. Latar belakang aplikasi pun juga bisa Anda sesuaikan dengan feel cuaca pada saat itu. Tidak hanya menonjolkan tampilan saja, 1Weather juga menawarkan laporan prediksi cuaca lengkap dari seluruh dunia. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan ragu dengan data yang ditampilkan oleh aplikasi ini.

GO Weather

Apakah Anda terkendala kompatibilitas wilayah saat ingin menggunakan aplikasi prakiraan cuaca? Mungkin Anda perlu mencoba menginstal GO Weather. Alasannya karena, aplikasi cuaca ini memiliki data yang komplit sebanyak lebih dari 100 ribu lokasi di seluruh dunia. Sehingga tergolong sangat lengkap dan akurat sesuai dengan kondisi wilayah di berbagai belahan dunia.

Aplikasi ini pun mampu memberikan laporan cuaca real-time secara detail baik itu pagi, siang, maupun malam sekalipun. Beberapa parameter yang disajikan antara lain seperti curah hujan hingga ramalan angin. Dengan akurasi yang tinggi, aplikasi ini berhasil mendapat rating 4,5 di toko aplikasi Google Play Store.

Amber Weather

Mungkin tidak banyak dari Anda yang tahu dengan aplikasi ini. Namun Amber Weather adalah salah satu aplikasi cuaca yang bisa Anda coba instal di perangkat smartphone Anda. Hal yang bisa menjadi pertimbangannya adalah parameter yang disajikan oleh aplikasi ini begitu lengkap.

Kecepatan refresh dan update kondisi terkini pada aplikasi Amber Weather juga terbilang lebih cepat. Baik saat Anda gunakan di dalam negeri maupun luar negeri sekalipun. Parameter cuaca yang tersedia di aplikasi ini antara lain seperti curah hujan, kelembaban, jarak pandang, kecepatan arah angin, tekanan atmosfer, indeks UV, hingga titik embun.

Weather from NOAA Free

Apabila Anda berdomisili atau hendak mengunjungi wilayah dengan intensitas cuaca buruk yang tinggi, mungkin Anda perlu menginstall Weather from NOAA. Hal ini karena aplikasi ini dapat memberikan update terbaru dari National Oceanic and Atmospheric Administration secara lengkap. NOAA adalah lembaga yang tugasnya melaporkan kondisi badai di daratan, tornado, siklon, dan berbagai cuaca buruk lain di dunia.

Yang lebih menarik dari aplikasi cuaca ini adalah terdapat tampilan pemandangan satelit secara real-time. Anda pun juga dapat mengeksplorasi Severe Weather Outlook untuk memantau kondisi cuaca buruk. Untuk Anda yang sedang berada di wilayah dengan cuaca ekstrim, NOAA Free ini akan membantu sekali. Sehingga pastikan untuk mencoba mengunduhnya dari Google Play Store atau App Store secara gratis.

Demikianlah beberapa rekomendasi aplikasi cuaca terbaik dan paling up to date untuk layanan prakiraan cuaca secara real-time. Dengan menggunakan pilihan aplikasi di atas, Anda akan mendapatkan prakiraan secara akurat. Aplikasi ini tentunya akan sangat membantu Anda terutama saat Anda hendak melakukan perjalanan jauh. Sehingga pastikan untuk selalu mengecek update terbaru dari aplikasi prakiraan cuaca di smartphone Anda.