Contoh Jaringan Komputer yang Bisa Kamu Ketahui

Contoh Jaringan Komputer
pixabay.com

Contoh jaringan komputer penting untuk kamu ketahui. Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer  yang saling terhubung atau terkoneksi. Hal ini digunakan untuk berbagi data antara satu komputer dengan yang lainnya.

Jaringan ini biasanya memiliki akses privat maupun publik. Untuk jaringan private pastinya harus menggunakan user dan password untuk bisa ikut mengakses. Sebaliknya, untuk jaringan publik pastinya siapapun bisa mengakses dengan mudah.

Jaringan komputer ini pastinya dibuat dengan tujuannya masing-masing. Untuk itu, jaringan ini juga memiliki banyak macam. Pastinya, akan lebih baik jika kamu mengetahui macam-macam dari jaringan komputer ini.

Ini Dia Contoh Jaringan Komputer

Jaringan komputer menjadi salah satu hal yang cukup berguna di era sekarang ini.  Komputer menjadi salah satu alat yang bisa mempermudah pekerjaan. Apalagi dengan adanya jaringan komputer ini. Yakni, kita bisa melakukan tukar atau sharing data dengan komputer atau pengguna lain. Hal ini pastinya, akan sangat memudahkan pekerjaan kita. Nah, ada banyak sekali jenis jaringan komputer yang bisa kamu ketahui. Berikut ini adalah contoh jaringan komputer yang bisa kamu ketahui.

LAN

LAN atau Local Area Network adalah jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer dalam skala kecil. Namun, jaringan yang satu ini memang menjadi salah satu jaringan yang cukup mudah untuk ditemui. Ada banyak sekali contoh jaringan LAN ini.

Kamu biasanya akan mudah menemui contoh jaringan komputer ini di sekolah, kantor, maupun di rumah. Dalam penggunaannya banyak sekali pengguna yang menggunakan konektivitas tertentu. Konektivitas itu biasanya adalah Ethernet.

Selain itu, jaringan LAN ini biasanya juga bisa menggunakan jaringan WiFi. Nah, itulah yang bisa kamu ketahui terkait jaringan yang satu ini.

CAN

Contoh jaringan yang pertama adalah CAN atau Campus Area Network. Sama seperti namanya jaringan ini biasa digunakan di kampus atau universitas. Dengan menggunakan jaringan jenis ini pastinya aktivitas akademisi menjadi lebih mudah. Yakni, bisa melakukan transfer data dengan lebih mudah.

Jaringan ini juga bisa digunakan di berbagai tempat yang ada di kampus. Bisa digunakan di kelas, laboratorium, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah kampus biasanya memiliki gedung yang sangat banyak. Gedung-gedung tersebut biasanya terpisah satu sama lain. Nah, dengan menggunakan jaringan komputer CAN ini pastinya aktivitas transfer data bisa dilakukan dengan mudah.

Jadi, meskipun jarak antar gedung yang satu dengan gedung yang lain cukup jauh tidak akan menjadi masalah yang berarti. Semua komputer yang ada dan yang terkoneksi jaringan pastinya akan bisa digunakan untuk akses dan berbagi data.

VPN

contoh jaringan komputer yang kedua adalah VPN. VPN ini adalah singkatan dari Virtual Private Network. Jaringan ini memiliki sifat private atau pribadi. Yakni, hanya bisa digunakan oleh seseorang yang akan mengakses website dengan menggunakan jaringan pribadi.

VPN ini biasa digunakan untuk mengakses konten-konten yang sensitif. Dengan menggunakan VPN ini website yang diakses akan terlihat samar dari internet yang kamu gunakan. Jadi, pastinya penjelajahan dalam konten-konten sensitif bisa berjalan lancar dan tetap terjaga kerahasiaannya.

WAN

Contoh jaringan komputer selanjutnya adalah WAN. WAN adalah kependekan dari Wide Area Network. Jaringan komputer yang satu ini juga bisa dibilang gabungan dari jaringan LAN yang tersebar secara geografis.

Jaringan yang satu ini biasanya menggunakan teknologi ATM, X.25. Serta menggunakan frame relay untuk jarak yang lebih jauh lagi.

PAN

Contoh jaringan komputer selanjutnya adalah PAN atau Personal Area Network. Jaringan yang satu ini menjadi jaringan yang luasnya paling sempit di antara yang lain. Jaringan yang satu ini adalah jaringan antara satu perangkat ke perangkat lain dengan jarak yang sangat dekat, yakni mungkin hanya beberapa meter saja.

Jaringan ini bisa digunakan antar perangkat personal. Misalnya, antara HP dengan Laptop, Laptop dengan printer, dan lain sebagainya. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan jaringan jenis ini.

Keuntungan yang akan kamu dapat adalah mudah untuk diaplikasikan, jika terjadi error bisa langsung diperbaiki, dan juga tidak membutuhkan jaringan khusus seperti router dan lain sebagainya. Namun, pastinya juga ada kekurangan yang dimiliki dari jaringan yang satu ini.

Kekurangan yang dimiliki oleh jaringan yang satu ini adalah penggunaan perangkatnya cukup terbatas, hanya bisa menghubungkan beberapa perangkat saja, jangkauannya pastinya juga terbatas. Dengan kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jaringan ini pastinya kamu bisa menggunakannya dengan tepat.

Internet

Contoh jaringan komputer selanjutnya adalah jaringan Internet. Nah, jaringan yang satu ini menjadi jaringan terbesar yang diciptakan oleh manusia. Jaringan ini memiliki jangkauan yang sangat luas.

Bahkan, bisa diakses hingga seluruh dunia. Perangkat untuk bisa mengakses jaringan yang satu ini pun sangat banyak. Yakni ada HP, komputer, tab, dan lain sebagainya.

MAN

Jaringan selanjutnya yang bisa kamu ketahui adalah jaringan MAN. MAN merupakan kependekan dari Metropolitan Area Network. Seperti namanya, jaringan yang satu ini biasanya digunakan dalam area kota.

Jaringan yang satu ini mirip dengan LAN namun memiliki jangkauan yang lebih besar. Yakni, ruang lingkupnya adalah kota. Namun, jaringan ini hanya bisa diakses dalam satu kota saja.

Contoh jaringan komputer di atas pastinya menjadi salah satu hal yang penting untuk kita ketahui. Dengan mengetahui contoh-contohnya kita bisa memilih atau memahami jaringan seperti apa yang akan kita gunakan atau jaringan seperti apa yang digunakan oleh orang, sekolah, perusahaan dan lain sebagainya.

Jaringan-jaringan ini memiliki tujuannya masing-masing. Pastinya juga memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, pastinya ada beberapa hal yang memang menjadi kelebihan untuk tujuan tertentu sehingga jaringan tersebut dipilih dibanding dengan menggunakan jaringan lain.

Nah, untuk kamu yang akan membuat sebuah jaringan pastikan kamu mengetahui kebutuhan kamu. Setelah itu, kamu bisa melihat tujuan dari berbagai jaringan di atas. Carilah kelebihan yang memang bermanfaat untuk tujuan penggunaannya.

Pilihlah jaringan yang memiliki kekurangan seminimal mungkin. Dengan begitu kamu akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari Contoh jaringan komputer yang akan kamu pilih. Manfaat yang maksimal ini pastinya akan menguntungkan kamu.

Misalnya, tidak membutuhkan biaya besar, kinerja menjadi lebih maksimal, dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu asal memilih jenis jaringan. Mengingat, kamu sendiri yang akan merasakan kerugiannya jika sampai salah pilih.

Jika dibutuhkan, kamu juga bisa menggunakan kombinasi jaringan. Jadi, memang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dengan begitu, semua kebutuhan kamu akan terpenuhi.

Nah, itulah Contoh jaringan komputer yang bisa kamu ketahui. Jaringan komputer ini menjadi salah satu bentuk inovasi teknologi yang bisa memberikan kemudahan untuk kita. Untuk itu, pastikan kamu bisa memanfaatkannya dengan baik sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan atau manfaat yang maksimal.