Gadget  

8 Jenis Pelindung Layar HP, Aman dari Benturan dan Goresan

8 Jenis Pelindung Layar HP, Aman dari Benturan dan Goresan
Foto: Pexels.com

Pelindung layar HP merupakan salah satu aksesoris yang sangat penting. Selain memperindah dan mempercantik tampilan HP, juga berfungsi untuk melindungi layar dari benturan dan goresan.

Layar HP menjadi bagian yang rentan mengalami kerusakan. Ketika kita menggunakan HP, layar adalah bagian pertama kali yang akan menerima sentuhan.

Kecerobohan pengguna juga dapat membuat layar HP cepat rusak. Seperti meletakkannya secara sembarangan, tidak sengaja terlempar hingga jatuh. Guna melindungi layar dari hal-hal yang tidak kita inginkan, penggunaan lapisan pelindung menjadi opsi terbaik.

8 Jenis Pelindung Layar HP

Saat ini ada banyak jenis pelindung layar yang bisa kita gunakan. Berikut ini beberapa jenis pelindung layar yang direkomendasikan.

1. Tempered Glass

Tempered glass merupakan pelindung layar HP yang paling sering digunakan dan mudah ditemukan di pasaran. Pelindung layar ini memiliki beberapa lapisan, seperti lapisan dasar silicon, lapisan film PET, hingga lapisan kaca pada bagian atasnya.

Karena lapisan-lapisan inilah, tempered glass memiliki karakteristik yang lebih tebal jika kita bandingkan dengan pelindung layar lainnya. Namun, tempered glass memberikan perlindungan goresan yang sangat baik.

Selain itu, tempered glass juga memiliki kejernihan serta transmitansi yang luar biasa. Akan tetapi sangat reflektif dan mencolok.

Meskipun memiliki ketahanan terhadap goresan yang cukup baik, tempered glass kurang fleksibel dan mudah pecah. Soal pengaplikasiannya pada HP, cukup dengan membersihkan layar menggunakan beberapa tetesan cairan pemantik Zippo.

Setelah itu, tempelkan saja pada kacanya. Hal ini bisa langsung menempel dengan sendirinya.

2. Antiglare

Antiglare adalah pelindung layar yang juga disebut sebagai anti silau. Sesuai dengan namanya, lapisan pelindung layar ini tidak hanya berfungsi untuk mencegah goresan atau baret pada layar.

Akan tetapi, juga mampu membuat cahaya tidak memantul ke layar HP. Berkat fungsinya inilah, antiglare sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang suka beraktivitas di luar ruangan, terutama saat cuaca sedang terik-teriknya.

Di balik kelebihannya ini, ada beberapa kekurangan antiglare yang harus kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Pelindung layar ini dapat membuat tampilan layar menjadi kurang jelas.

Karena kekurangannya inilah, antiglare lebih tepat digunakan dalam jangka waktu pendek. Jika ingin menggunakan pelindung kaca untuk jangka panjang, bisa memilih jenis lainnya.

3. Pelindung Layar Kaca Termoplastik Poliuretan (TPU)

Di urutan berikutnya ada pelindung layar kaca termoplastik poliuretan atau TPU. TPU merupakan pelindung layar yang sudah disempurnakan secara kimia.

Karena proses pembuatannya itulah, TPU memiliki ketahanan yang baik terhadap goresan. Ketika digunakan lebih fleksibel dan elastis. Lapisan pelindung ini juga tahan terhadap noda minyak dan lemak.

TPU memiliki karakteristik yang lembut dan halus, sehingga dapat menyerap benturan sembari mempertahankan bentuk aslinya. Sebagai contoh, layar mengalami goresan ringan yang kemudian meninggalkan sedikit penyok.

Namun, setelah itu secara perlahan akan kembali normal atau kembali ke bentuk semula. Hal ini dapat memberikan perlindungan yang lebih baik pada layar HP.

Jika kita bandingkan dengan pelindung layar HP lainnya, TPU tahan terhadap goresan, minyak dan resistensi, dan lebih baik saat disentuh. Sedangkan kekurangannya, memiliki harga yang lebih mahal dari PET dan sedikit kekuatan untuk mengembalikan bentuknya seperti semula ketika terkena goresan.

4. Matte Glass

Matte glass merupakan pelindung layar kaca yang menawarkan ketahanan goresan cukup baik. Sayangnya, memiliki permukaan dengan kualitas yang buram.

Spesifikasinya ini mungkin akan berdampak pada kejernihannya. Akan tetapi, sangat membantu dalam mengurangi jumlah pantulan dan juga silau.

Matte glass tidak memiliki sidik jari dan ringan terhadap noda. Selain itu, tidak terlalu reflektif.

Jika kita berbicara mengenai fleksibilitas dan kekerasannya, matte glass masih berupa kaca, tidak fleksibel dan pecah. Soal penerapan atau pengaplikasiannya, cukup mudah dengan beberapa cairan yang ringan. Setelah itu, kita bisa langsung memasangnya.

5. Antispy

Pelindung layar tidak hanya berfungsi untuk memastikan layar aman dari goresan dan benturan. Akan tetapi, juga dapat berperan untuk menjaga privasi kita sebagai pengguna HP.

Salah satu pelindung layar dengan kemampuan semacam ini adalah antispy. Kelebihan antispy adalah membuat orang yang ada di depan maupun samping kita tidak bisa melihat layar HP saat sedang menggunakannya.

Semakin miring posisi mata dari layar, maka layar HP akan terlihat semakin gelap. Hal ini sangat membantu kita untuk menjaga privasi agar tidak diketahui oleh orang lain. Misalnya saja ketika mengirim pesan penting, mengirim dokumen yang bersifat rahasia, dan lain sebagainya.

6. Pelindung Layar Kaca PET (Polyethylene Terephthalate)

PET atau Polyethylene Terephthalate merupakan pelindung layar kaca yang umum digunakan. Materialnya sama seperti botol yang dapat digunakan kembali.

Karena material dan bahan yang digunakannya inilah, memiliki sifat yang relatif fleksibel, tidak pecah, dan mampu memberikan perlindungan pada layar dari goresan. Selain itu, memiliki ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Umumnya, PET berbentuk potongan plastik yang kemudian dipotong agar sesuai dengan ukuran layar. Tidak hanya tersedia dalam berbagai macam ukuran saja, tetapi juga dibanderol dengan harga terjangkau.

Dibalik kelebihannya, terdapat beberapa kekurangan yang harus kita cermati. PET tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang. Sebab, tidak dapat mencegah retak jika HP tidak sengaja jatuh ke lantai.

7. Hydrogel

Hydrogel merupakan pelindung layar yang tidak memiliki sidik jari. Namun, beberapa noda masih bisa terlihat.

Jenis pelindung layar ini memiliki kualitas optik yang sangat baik. Tidak hanya jernih dan transmitansi yang luas biasa saja, tetapi juga sangat reflektif.

Karena memiliki tekstur karet sangat fleksibel dan tidak mudah pecah. Memiliki kemampuan untuk mengatasi goresan kecil.

Secara sederhana, hydrogel merupakan plastik olahan karet. Akan tetapi, tidak setingkat dengan PET. Jika kita bandingkan kedua jenis pelindung layar tersebut, tentu memiliki beberapa hal yang dapat membedakannya.

Hydrogel memiliki ketahanan goresan yang lebih baik daripada PET. Selain itu, elastis dan tidak akan retak.

Hydrogel juga memiliki kemampuan untuk penyembuhan diri dan dapat memperbaiki goresan kecil dengan sendirinya. Sedangkan kekurangannya, memiliki pengaplikasian yang cukup sulit karena membutuhkan banyak waktu, terutama untuk menghilangkan gelembung udaranya.

8. Nano Liquid Glass Screen Protector

Jenis pelindung layar kaca ini terbuat dari nano liquid. Bertujuan untuk melindungi HP kita dari kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan luar.

Mengandung silikon dioksida yang memiliki karakteristik antimikroba serta mencegah terjadinya kerusakan pada layar HP. Kemudian, pelindung layar kaca ini dapat menghasilkan pelindung transparan serta menjaga ketahanan HP.

Karena memiliki konstruksi pelindung layar yang tipis dan menjaga penampilannya tetap fungsional. Nano liquid glass screen protector memiliki kualitas optic yang sangat baik, ramping dan efektif. Salah satu kekurangannya memiliki harga yang mahal.

Demikianlah beberapa rekomendasi pelindung layar HP yang bisa kita pertimbangkan. Biasanya, jenis-jenis pelindung layar ini sudah terjual di pasaran, baik toko offline maupun online.