Gadget  

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Tanpa Perlu ke Tempat Servis

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris
unsplash.com

Cara mengatasi layar HP bergaris sebenarnya cukup mudah sehingga tidak perlu membawa ponsel ke tempat servis. Layar HP yang tiba-tiba bergaris, baik vertikal maupun horizontal tentunya sangat mengganggu. Sebab, pemilik HP menjadi tidak nyaman selama menggunakan ponsel bahkan tidak bisa menggunakannya dengan maksimal.

Pemilik HP yang sedang mengalami masalah ini mungkin juga merasa khawatir karena takut HP mengalami masalah lain yang lebih merugikan. Layar ponsel bergaris sendiri bisa terjadi karena berbagai penyebab. Baik itu karena adanya kerusakan fisik pada layar maupun karena ada masalah pada perangkat lunak ponsel itu sendiri.

Karena sangat mengganggu tentu masalah HP satu ini harus segera diselesaikan agar garis pada layar menghilang. Dengan begitu maka pemilik bisa menggunakan ponsel dengan nyaman. Cara mengatasi masalah HP ini sebenarnya juga cukup beragam. Berikut akan kita bahas beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dengan Mudah

Cara mengatasi masalah HP ini bisa dilakukan sendiri dengan mudah tanpa harus membawanya ke tempat service. Nah, berikut adalah beberapa caranya:

Matikan HP dan Hidupkan Kembali

Cara pertama yang paling mudah yaitu dengan mematikan HP terlebih dahulu. Caranya yaitu cukup dengan menekan tombol power selama beberapa saat hingga muncul beberapa opsi. Kemudian pilih menu “Daya Mati” untuk mematikan ponsel. Setelah ponsel mati maka tunggu selama beberapa saat sebelum menghidupkannya kembali.

Lepas Baterai dan Kartu SIM

Cara mengatasi layar HP bergaris yaitu dengan melepas baterai jika memang HP tidak menggunakan baterai tanam. Selain itu juga dengan melepas kartu SIM pada ponsel selama beberapa saat. Setelah itu cobalah meletakkan ponsel pada permukaan yang dingin. Setelahnya pasang kembali baterai dan Kartu SIM lalu hidupkan ponsel seperti semula.

Update Sistem Operasi HP

Sistem Operasi HP yang sudah jadul juga bisa menyebabkan berbagai masalah atau bug termasuk bisa menyebabkan munculnya garis pada layar. Karena itu untuk memperbaruinya bisa dengan melakukan pembaruan sistem atau menginstal sistem operasi HP dengan versi terbaru untuk menghilangkan bug pada ponsel.

Cara memperbarui OS ponsel sendiri juga cukup mudah. Langkah pertamanya yaitu dengan membuka menu Pengaturan pada ponsel, Kemudian pilih menu “Pembaruan Sistem” dan klik Periksa Pembaruan. Setelah itu tunggulah ponsel mengunduh sistem OS versi yang terbaru sehingga bisa membantu menghilangkan berbagai masalah yang ada.

Menghabiskan Baterai HP dan Cas Hingga Penuh

Cara mengatasi layar HP bergaris lainnya yang tidak kalah mudah yaitu dengan menghabiskan daya baterai HP hingga 0% atau sampai ponsel mati. Setelah itu maka cas ponsel dalam keadaan mati hingga daya baterainya penuh 100%. Metode yang simpel ini bisa mengatasi layar HP bergaris jika penyebabnya karena masalah listrik pada ponsel.

Factory Reset

Cara memperbaiki layar ponsel bergaris selanjutnya yaitu dengan melakukan factory reset atau reset HP ke setelan pabrik. Namun cara ini akan menghilangkan semua data pada ponsel karena itu harus melakukan back up data terlebih dahulu. Untuk melakukan factory reset bukalah pengaturan pada HP dan pilih opsi Factory Reset.

Cara mengatasi layar HP bergaris ini tentunya bisa memberikan hasil yang bagus dan efektif. Baik dengan mematikan ponsel, melepas baterai dan SIM, update sistem OS, menghabiskan baterai HP, hingga factory reset tentu sangat mudah untuk dicoba. Namun jika ternyata garis pada layar HP tidak hilang maka bisa membawa HP ke tempat servis.