5 Penyedia Jaringan WiFi Terbaik untuk Rumah dan Fasilitas Publik

Jaringan Wifi Terbaik
Istock

Memilih jaringan WiFi terbaik sangatlah penting. Apalagi ini dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dalam mengakses internet, termasuk kecepatan, ketersediaan, stabilitas, dan keamanan koneksi. Di samping itu, jaringan WiFi yang berkualitas akan meningkatkan produktivitas serta efisiensi di berbagai aktivitas online.

Rekomendasi Penyedia Jaringan WiFi Terbaik untuk Beragam Kebutuhan

Seperti kita ketahui, di era digital saat ini membuat kebutuhan jaringan internet semakin tinggi. Baik untuk rumah pribadi maupun sejumlah fasilitas publik. WiFi sebagai salah satu jenis jaringan internet tercepat berbasis nirkabel semakin banyak konsumen pertimbangkan.

Mereka memiliki peranan penting dalam memfasilitasi konektivitas untuk produktivitas kerja, komunikasi sehari-hari, hingga hiburan. Di kantor misalnya, WiFi memungkinkan kolaborasi tim, akses ke data dan aplikasi penting, serta mempercepat proses kerja.

Di tempat umum seperti kafe, restoran, atau pusat perbelanjaan, WiFi menjadi fasilitas yang meningkatkan pengalaman pelanggan. Sementara di rumah, WiFi menghubungkan berbagai perangkat pintar seperti smart TV, smartphone, hingga laptop.

Mengingat jaringan WiFi menjadi infrastruktur krusial dalam kehidupan modern, maka penting sekali memilih provider terbaik. Berikut ini adalah sejumlah rekomendasi provider jaringan WiFi terbaik untuk hunian maupun fasilitas publik.

1. Indihome

Rekomendasi yang pertama adalah Indihome besutan PT Telekomunikasi Indonesia. Memiliki nama asli Indonesia Digital HOME, Indihome menawarkan 3 paket layanan pokok. Termasuk di dalamnya ada telepon rumah, internet fiber, dan TV interaktif.

Hingga saat ini, Indihome masih menduduki posisi provider internet tercepat dengan jaringan paling luas di seluruh Indonesia. Tersedia beberapa varian kecepatan internet yang bisa pelanggan pilih sesuai kebutuhan.

Misalnya 10 Mbps untuk rumah tangga hingga yang paling besar 300 Mbps khusus ruang publik. Untuk tarifnya pun juga beragam tergantung kecepatan yang masing-masing pengguna pilih. Mulai dari Rp 275 ribu sampai Rp 1.7 juta per bulan.

2. Oxygen

Selanjutnya ada jaringan WiFi terbaik Oxygen Home yang memiliki empat paket menarik. Sebut saja Zoom, Stream, Squad, serta A la Carte. Namun, salah satu yang paling recommended adalah Squad.

Bagaimana tidak, di paket ini pelanggan bebas memilih kecepatan sesuai kebutuhan. Tak hanya itu saja, tersedia saluran TV premium hingga layanan telepon. Dengan sejumlah fitur tersebut, pengguna rumah tangga hanya perlu membayar Rp 378 ribu per bulan. Sementara untuk fasilitas publik biasanya menghabiskan biaya Rp 648 ribu per bulan.

3. MyRepublic

Bagi para penggemar gamer atau penyedia layanan warnet gaming, pastinya perlu mencoba internet dari MyRepublic. Pasalnya, MyRepublic hadir sebagai provider yang secara khusus melayani kebutuhan gamer-gamer tanah air.

Di samping fasilitas internet berkualitas untuk bermain game, MyRepublic juga menyediakan layanan TV kabel dengan puluhan channel. Harga paketnya berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 800 ribuan per bulannya.

4. Biznet

Di posisi keempat ada Biznet, yang pernah menempati posisi provider jaringan WiFi terbaik dan tercepat di Indonesia pada 2021 lalu. Dalam hal ini, Biznet menawarkan kecepatan internet mulai dari 30 Mbps sampai 250 Mbps. Harganya pun sangat terjangkau yakni Rp 250 ribu untuk paket terendah, sementara Rp 775 ribu khusus paket tertinggi.

5. CBN

Terakhir ada CBN Fiber yang menawarkan layanan internet untuk kota-kota besar di Indonesia. Biasanya, CBN populer sebagai langganan kantor-kantor swasta. Provider internet ini menyediakan kapasitas mulai dari 20 Mbps sampai 100 Mbps.

Nah, itulah beberapa penyedia jaringan WiFi terbaik yang bisa Anda pilih untuk rumah maupun fasilitas publik. Dengan menggunakannya, Anda akan memperoleh akses ke internet lebih cepat dan optimal. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi menemui kendala internet lambat.