Jaringan Seluler Tidak Tersedia Ketahui Penyebab dan Cara Atasi

Jaringan Seluler Tidak Tersedia
phonecorridor.com

Jaringan seluler tidak tersedia seringkali terjadi tanpa kita ketahui penyebabnya. Bagi Anda yang pernah mengalami kehilangan jaringan, tentu hal ini sangat merepotkan. Anda merasa kesulitan saat akan menghubungi atau menelpon seseorang dalam keadaan darurat.

Namun perlu Anda tahu bahwa gangguan pada sambungan sinyal atau jaringan dapat menghilang karena beberapa faktor. Oleh karena, bagi Anda pengguna gadget, penting untuk memahami penyebab serta bagaimana cara untuk mengatasi masalah hilang sinyal atau jaringan seluler yang tidak muncul tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia

Pernahkah Anda mengalami perangkat HP Anda menunjukkan adanya sinyal yang lemah atau tidak ada sinyal sama sekali? Sehingga pada layanan akan muncul pesan “Cari Jaringan” atau “Tidak Ada Layanan”.

Pada kondisi ini, pengguna ponsel tidak dapat melakukan atau menerima panggilan telepon bahkan menggunakan data seluler seperti mengakses internet, mengirim atau menerima pesan teks, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya bagi Anda mengetahui faktor apa yang dapat menyebabkan jaringan yang tidak muncul pada perangkat HP yang Anda gunakan.

Faktor Penyebab Jaringan Seluler Tidak Muncul

Berikut ini beberapa faktor yang jadi penyebab jaringan seluler tidak tersedia antara lain:

  1. Gangguan pada Provider

Terkadang terjadinya gangguan jaringan yang disebabkan oleh perbaikan atau pemeliharaan yang dilakukan oleh operator seluler dapat menyebabkan jaringan seluler tidak muncul dalam sementara waktu.

  1. Sinyal Lemah

Kehilangan jaringan seluler juga dapat terjadi ketika Anda berada di daerah sinyal lemah atau bahkan tidak ada. Dengan demikian, ponsel Anda tidak dapat terhubung ke jaringan seluler. Hal ini dapat terjadi saat berada di daerah pegunungan, gedung yang terisolasi, atau di pelosok desa.

  1. Masalah pada Kartu SIM

Hilang sinyal atau jaringan seluler juga dapat terjadi karena adanya masalah pada kartu SIM. Seperti kartu SIM yang rusak, tidak terpasang dengan benar, atau bahkan SIM yang kadaluarsa. Hal ini menyebabkan perangkat tidak dapat membaca kartu SIM, sehingga ponsel tidak terhubung ke jaringan seluler.

  1. Komponen HP Rusak

Adanya masalah pada perangkat keras atau perangkat lunak pada ponsel juga dapat menyebabkan hilangnya jaringan seluler. Mulai dari gangguan sistem, kerusakan antena, atau masalah firmware.

Cara Mengatasi Jaringan Seluler yang Hilang

Dengan banyaknya faktor yang dapat menyebabkan jaringan seluler tidak tersedia pada perangkat HP, maka Anda juga perlu menyesuaikan bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Periksa Kartu SIM

Saat jaringan seluler tidak muncul di ponsel Anda, coba periksa kartu SIM yang Anda gunakan. Lepaskan kartu SIM dari slotnya, masukkan kembali dan hidupkan lagi ponsel Anda. Apabila cara ini tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba mengganti slot SIM dari slot 1 ke 2.

  1. Restart Ponsel

Anda juga dapat memperbaiki masalah jaringan dengan melakukan restart pada HP. Ketika proses restart berlangsung, Hp akan mencoba memuat ulang koneksi dengan penyedia jaringan sekaligus melakukan pencarian baru untuk kartu SIM Anda.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Ketika jaringan seluler tidak muncul, Anda dapat mengatasinya dengan menyalakan mode pesawat atau airplane. Tunggu dalam beberapa menit, kemudian matikan mode pesawat dan periksa apakah jaringan seluler sudah kembali normal.

Setelah mode pesawat dinyalakan, maka sejumlah fitur pada ponsel akan di-refresh secara otomatis termasuk jaringan seluler.

Namun jika Anda sudah melakukan semua cara di atas, dan jaringan seluler tidak tersedia juga, mak kemungkinan besar terjadi masalah pada perangkat keras pada ponsel Anda. Sebaiknya segera kunjungi service center terdekat untuk memperbaiki ponsel yang Anda gunakan.